Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Makanan yang Kurang Baik untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

4 Makanan yang Kurang Baik untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Masa tumbuh kembang si Kecil, harus dioptimalkan dengan pemenuhan asupan nutrisi yang diperlukan. Tentu Mums setuju dengan argumen ini bukan? Tubuh si Kecil yang tengah mengalami masa tumbuh kembang memerlukan nutrisi ini untuk menambah volume tubuh serta volume otak, sehingga dapat menghasilkan output yang maksimal. Satu kunci utama yang harus selalu diperhatikan dalam proses ini, adalah kondisi kesehatan pencernaan si Kecil.
Jika kemudian pemenuhan nutrisi dari makanan dan minuman dapat dilakukan, lalu apa pentingnya untuk memikirkan kesehatan pencernaannya? Hal ini menjadi penting, karena setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si Kecil harus dapat diserap dengan baik. Penyerapan ini hanya bisa terjadi jika pencernaan si Kecill dalam keadaan prima dan sehat.
Upaya menjaga kesehatan pencernaan si Kecil bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan konsumsi makanan yang mendukung kesehatan organ pencernaan si Kecil. Sudah menjadi pengetahuan umum rasanya, jenis makanan yang baik untuk kesehatan organ pencernaan adalah jenis makanan yang mengandung banyak serat.
Di sisi lain, terdapat pula jenis makanan yang harus Mums hindari untuk si Kecil, dalam rangka menjaga kesehatan pencernaannya. Makanan yang harus dihindari ini, memiliki kecenderungan dapat menimbulkan gangguan pada bagian pencernaan yang akan berakibat pada kurang optimalnya penyerapan nutrisi. Lalu jenis makanan apa saja yang memiliki potensi tersebut? Selengkapnya Mums bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Makanan Berlemak Jenuh

Lemak memang merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. Namun tentu saja, dalam jumlah dan takaran yang tepat. Jika si Kecil mengkonsumsi makanan berlemak dengan jumlah berlebih, si Kecil bisa mengalami refluks dan perut mulas. Gangguan ini akan sangat mengganggu optimalnya penyerapan nutrisi oleh tubuh si Kecil.
Selain masalah pencernaan, konsumsi lemak yang terlalu banyak akan membuat si Kecil mengalami peningkatan berat badan yang berlebih. Jika dibiarkan si Kecil akan memiliki resiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Jenis makanan yang memiliki jumlah lemak terlalu banyak misalnya saja gorengan dan sejenisnya.

Makanan Pedas

Makanan dengan rasa pedas memang tidak menjadi favorit banyak anak-anak. Ini merupakan satu kewajaran. Bagi beberapa anak yang menyukai makanan dengan rasa pedas, Mums perlu memberikan perhatian khusus. Seperti yang Mums pahami, makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan, bahkan oleh orang dewasa, akan menimbulkan rasa mulas dan tidak nyaman pada bagian perut.
Ini yang juga terjadi pada anak-anak. Ketika konsumsi makanan pedas dilakukan secara berlebihan oleh si Kecil, maka si Kecil akan beresiko mengalami gangguan pencernaan. Mulai dari rasa mual, gangguan asam lambung, hingga bahkan mungkin mencret dan BAB tidak normal. Oleh sebab inilah Mums perlu senantiasa memperhatikan makanan yang diberikan, agar tidak berlebihan dari sisi jumlahnya.

Produk Susu

Merupakan pengetahuan umum, jika produk susu merupakan salah satu produk sehat yang sangat cocok untuk tumbuh kembang si Kecil. Normalnya, produk susu akan memberikan asupan nutrisi berupa Kalsium, yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Namun demikian, pada kondisi tertentu, produk susu juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan pencernaannya.
Kondisi khusus ini terjadi ketika si Kecil memiliki kelainan dimana tubuhnya tidak toleran terhadap laktosa. Ketika si Kecil mengalami kondisi ini, jumlah enzim Laktase tidak cukup banyak sehingga tidak dapat memecah Laktosa yang ada di dalam susu. Kondisi ini memang bukan kondisi yang umum dialami oleh setiap anak, namun Mums perlu memahami benar ketika si Kecil memiliki kondisi ini, sehingga Mums bisa menghindarkan pemberian susu dengan kandungan Laktosa.

Cokelat

Tidak asing dengan makanan ini? Tentu saja, cokelat merupakan salah satu makanan favorit dari banyak anak, hampir di setiap belahan dunia. Cokelat dapat berefek baik, jika kandungan yang dimiliki setidaknya dengan kadar 80% coklat hitam. Namun demikian, pada banyak produk cokelat banyak yang mengandung pemanis buatan dan zat kurang bermanfaat lain. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari konsumsi cokelat, selalu pastikan kandungan yang ada dalam cokelat merupakan nutrisi yang baik.

Keempat jenis makanan di atas, dapat memberikan efek buruk pada kesehatan pencernaan si Kecil. Tentu saja, pada kasus khusus seperti intoleransi Laktosa, tidak dapat dibuat menjadi kondisi umum. Ini mengapa Mums perlu secara rutin memeriksakan kondisi kesehatan si Kecil. Di sisi lain, untuk memastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang diperlukannya setiap hari, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Kandungan nutrisi akan terjaga dalam kondisi alami, dengan teknologi Locknutri, sehingga nutrisi lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Jika Mums ingin mendapatkan berbagai informasi lebih lanjut terkait tumbuh kembang si Kecil, Mums bisa berkonsultasi pada Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs Friso secara langsung melalui fitur live chat. Selamat mencoba!

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang