Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Manfaat Belajar Mewarnai untuk Kecerdasan si Kecil, Ini Penjelasannya!

4 Manfaat Belajar Mewarnai untuk Kecerdasan si Kecil, Ini Penjelasannya!

Mewarnai mungkin jadi salah satu hal paling disukai oleh setiap anak-anak di seluruh dunia. Proses yang menyenangkan, hasil yang indah serta rangsangan yang diterima otak serta gerakan tangan dapat memberikan banyak manfaat untuk si Kecil. Belajar mewarnai sendiri sebenarnya hal yang cukup mudah, karena secara spontan si Kecil akan melakukan hal ini ketika sudah bisa memegang alat tulis dan alat mewarnai.

Lalu apa yang harus diajarkan pada si Kecil ketika mewarnai pada tahap awal? Sebenarnya pelajaran yang diberikan sesederhana mengajarinya memegang pewarna dengan benar. Pada tahap anak-anak pewarna yang lazim digunakan adalah pensil warna, atau krayon, cara memegangnya tidak jauh berbeda dengan alat tulis sehingga lebih mudah diajarkan.

Selanjutnya Mums harus memberikan ruang pada si Kecil untuk berekspresi. Karena kegiatan yang akan dilakukan adalah mewarnai, si Kecil perlu mengetahui banyak objek di sekitarnya, melihat apa saja warna dari objek tersebut, bagaimana bentuknya dan dimana letaknya. Ketika hal ini sudah terekam dalam memori si Kecil, Mums tinggal menunggu karya indah dari gambar yang diberikan untuk diwarnai.

Belajar mewarnai juga dapat mengasah kecerdasan si Kecil lho Mums. Ya, ketika ia berekspresi, imajinasi dan kreativitasnya akan terasah secara alami. Untuk mengetahui manfaat belajar mewarnai untuk kecerdasannya, yuk cek poin-poin di bawah ini Mums!

Imajinasi dan Kreativitas

Ketika mewarnai, jelas imajinasi dan kreativitas si Kecil akan terasah. Kedua hal ini berkaitan langsung dengan kecerdasannya lho Mums. Semakin baik daya imajinasi dan kreativitas si Kecil, maka ia akan dapat menemukan pemecahan masalah dengan semakin cepat. Kecerdasan yang timbul nantinya lebih mudah beradaptasi, karena sudah tertanam dalam bentuk abstrak di otak si Kecil.

Dalam mengajari mewarnai, ada baiknya Mums memberikan kebebasan pada si Kecil untuk  pewarnaan berbagai objek. Biarkan dia berekspresi sebebas-bebasnya, kemudian Mums dapat melihat bagaimana si Kecil menginterpretasikan dunia di sekelilingnya. Dengan begini Mums dapat lebih memahami si Kecil sehingga hubungan emosional lebih mudah terjalin.

Keamanan Diutamakan

Nah tugas Mums selanjutnya setelah menyediakan alat dan bahan adalah mengawasi kegiatan si Kecil dalam mewarnai. Alat dan bahan yang digunakan dalam proses mewarnai biasanya tidak disarankan untuk dikonsumsi atau dimasukkan ke dalam mulut. Di sinilah peran Mums untuk memastikan tidak ada peralatan yang dimasukkan ke dalam mulut.

Pastikan juga alat yang digunakan dalam keadaan bersih untuk meminimalisir resiko infeksi bakteri yang terjadi. Memang tidak sering, namun upaya meminimalisir ini dapat dilakukan sebagai pencegahan agar  aktivitas belajar mewarnai si Kecil dapat berjalan dan bermanfaat dengan semaksimal mungkin.

Menepati Garis Batas

Dengan arahan perlahan, berikan pemahaman si Kecil untuk mewarnai tanpa melewati garis batas gambar objek. Misalnya ketika mewarnai daun, setidaknya arahkan si Kecil untuk tetap menjaga bentuk daun yang sudah digambarkan agar hasil pewarnaan yang dilakukan tetap memiliki bentuk yang jelas. Namun demikian hal ini tidak perlu terlalu ditekankan dengan keras, cukup dengan nuansa santai dan rileks saja.

Mewarnai sesuai garis ini juga akan memberikan latihan pada si Kecil, terutama ketenangan dan kemampuannya mengkoordinasikan gerakan tangan. Dengan latihan yang rutin dan terus menerus, kemampuan si Kecil dalam mengkoordinasikan gerakan tangannya akan lebih baik, bersamaan dengan meningkatnya ketenangan dan fokusnya dalam melakukan suatu hal.

Mewarnai Juga Melatih Daya Ingat

Ketika si Kecil terbiasa beraktivitas   di luar ruangan dan melihat banyak hal, hal-hal tersebut akan secara otomatis terekam di dalam ingatannya. Bentuk, warna, nama, gerakan dan hal identic lainnya, akan terekam dan diingat. Mewarnai dalam hal ini, juga akan meningkatkan kemampuan mengingatnya dengan recall hal yang pernah dilihatnya dan membubuhkan warna sesuai dengan apa yang diingat si Kecil.

Memang belajar mewarnai terkesan hal mudah dan sepele, namun demikian ternyata cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan. Mengasah ingatan tidak melulu harus dengan huruf dan angka, namun juga bisa melalui gambar dan warna. Dengan begini proses belajar si Kecil akan lebih menyenangkan dan mudah diserap bukan Mums?

Belajar mewarnai memang hal menyenangkan dan kaya manfaat. Tentu, semua manfaat ini semata ditujukan agar proses tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal. Mums juga tidak boleh lupa untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi hariannya agar perkembangan dan pertumbuhan si Kecil dapat ditopang dengan asupan nutrisi yang diperlukan.

Ketika belajar mewarnai Mums bisa memberikan makanan ringan kaya nutrisi seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Untuk melengkapi dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian, berikan juga  Friso Gold 4. Dengan teknologi  Locknutri yang canggih, kualitas alami nutrisi dalam susu tetap terjaga sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Si Kecil tumbuh sehat dan pintar serta selalu bahagia dengan asupan yang tepat dan stimulus yang baik.