Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Manfaat Bersepeda untuk si Kecil, Mums Sudah Tahu?

4 Manfaat Bersepeda untuk si Kecil, Mums Sudah Tahu?

Bersepeda yang belakangan menjadi satu kegiatan yang populer, ternyata tak hanya baik untuk orang dewasa, namun juga anak-anak. Ya, olahraga sederhana ini juga bisa dilakukan oleh si Kecil, baik dengan sepeda roda tiga atau sepeda biasa. Tentu saja, kemudian manfaat bersepeda akan secara langsung terasa pada optimalisasi tumbuh kembangnya, sehingga si Kecil bisa benar-benar tumbuh sesuai dengan milestone yang dimiliki.

Tapi sepertinya bersepeda hanya bergerak demikian saja bukan? Well, untuk orang dewasa seperti Mums mungkin kegiatan ini hanya kegiatan mengisi waktu luang saja. Namun untuk anak-anak seperti si Kecil, banyak manfaat bersepeda yang bisa dirasakan. Tidak hanya manfaat secara fisik, namun juga secara mental, yang notabene keduanya penting untuk dioptimalkan dalam setiap fase tumbuh kembang.

Melatih Otot dan Meningkatkan Massa Otot

Melatih Otot dan Meningkatkan Massa Otot

Gerakan mengayuh, berbelok, serta mengendalikan sepeda memungkinkan si Kecil untuk terus melatih otot dan meningkatkan massanya. Semakin sering otot digunakan, maka massa dan kekuatannya akan semakin baik. Ini mengapa anak-anak yang gemar berolahraga memiliki fisik dan tenaga yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak.

Memang tidak hanya bersepeda yang dapat memberikan manfaat ini. Namun dengan cara yang menyenangkan dan mudah dinikmati si Kecil, olahraga ini adalah cara yang tepat. Selain itu bermain sepeda juga dapat membantu si Kecil membakar kalori sehingga ia bisa menjaga berat badannya tetap dalam titik ideal dan terhindar dari obesitas.

Menjaga Suasana Hati

Seperti gerakan fisik intens pada umumnya, salah satu manfaat bersepeda adalah menjaga suasana hati si Kecil tetap dalam keadaan baik. Mood yang baik akan jadi booster pada rangsangan yang diterimanya. Semakin baik mood si Kecil maka semakin mudah pula ia menyerap segala bentuk rangsangan yang diterima. Tentu saja, bersepeda sendiri adalah rangsangan untuk tumbuh kembang fisiknya.

Pernahkah Mums melihat anak-anak berangkat bersepeda dengan raut muka yang murung? Tentu tidak bukan? Kegiatan bersepeda, terlebih bersama orang terdekatnya, adalah kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Rutin bersepeda bersama si Kecil, atau membiarkannya bermain bersama teman sebaya bisa jadi kegiatan yang baik untuk tetap membuat si Kecil bahagia dan terhindar dari stres.

Quality Time Bersama Mums

Quality Time Bersama Mums

Menemani si Kecil bersepeda di pagi atau sore hari juga bisa berdampak baik untuk hubungan emosional Mums dan si Kecil. Ya, waktu bersama yang dihabiskan akan jadi quality time yang sangat baik, karena Mums bisa banyak berinteraksi dengannya. Mengajarkannya menaiki sepeda, mengajarkan si Kecil menjaga keseimbangan, serta bercanda dan tertawa bersama.

Semakin dekat hubungan Mums dengan si Kecil maka rasa percaya yang dimiliki si Kecil terhadap Mums juga akan semakin tinggi. Memang tidak bisa dikatakan efek langsung dan manfaat bersepeda, namun secara berantai, hal ini juga akan sangat terasa. Semakin sering Mums beraktivitas bersama si Kecil, seperti bersepeda, maka semakin baik pula hubungan dna komunikasi yang Mums miliki dengan si Kecil.

Meningkatkan Keterampilan Motorik si Kecil

Menjaga keseimbangan, mengayuh sepeda, mengarahkan kemudi ke arah yang dituju, melihat ke kiri dan ke kanan, berkomunikasi selagi melakukan semua hal tersebut, sekaligus tertawa gembira, semua akan jadi latihan yang baik untuk kemampuan motoriknya.

Dengan memiliki kemampuan koordinasi tubuh yang baik, maka si Kecil akan tumbuh jadi seorang yang menguasai gerakan tubuh dan memiliki refleks yang baik pula. Hal ini sebenarnya menjadi hal ideal, namun pada konteks kekinian, semakin banyak anak-anak yang kurang memiliki koordinasi yang baik. Mengapa? Karena banyak sekali anak-anak yang kurang bergerak dan terpaku pada satu kegiatan tertentu yang tidak melibatkan gerakan fisik yang intens, dalam tempo yang cukup lama.

Mendapatkan Manfaat Bersepeda dengan Ruang yang Terbatas

Mengingat satu dan lain hal, si Kecil dan Mums mungkin hanya bisa bersepeda pada area yang terbatas. Demi meminimalisir resiko kesehatan, hal ini perlu dilakukan. Tapi tenang, manfaat bersepeda tetap bisa didapatkan dengan menyiasatinya. Bukan berarti melanggar aturan yang ada, namun lebih kepada beradaptasi dengan keadaan terkini.

Mums tetap bisa bersepeda bersama si Kecil di area sekitar rumah. Misalnya di halaman belakang, atau halaman depan, atau mengitari rumah. Memang bukan area yang luas, namun gerakan dan interaksi yang terjadi akan berdampak sama untuk si Kecil. Tubuhnya akan tetap mendapat rangsangan yang sama, serupa dengan psikisnya. Jadi Mums tak perlu bersepeda terlalu jauh bersama si Kecil, cukup dengan menjadikannya rutinitas, hal ini sudah memberi dampak positif.

Baca Juga : Aktivitas Fisik Di Masa Pandemi? Mums Perlu Lihat Di Sini!

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai manfaat bersepeda untuk tumbuh kembang si Kecil. Cukup besar ya Mums ternyata manfaatnya? Meski hanya kegiatan sederhana, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan. Tentu, hal ini perlu diimbangi dengan asupan nutrisi harian berupa makanan bergizi. Tambahkan pula Friso Gold 4 untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, agar tubuhnya bisa tumbuh dengan optimal. Friso yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Dampingi setiap fase tumbuh kembangnya, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang