Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Manfaat Pendidikan Anak Usia DIni, Mums Harus Tahu!

4 Manfaat Pendidikan Anak Usia DIni, Mums Harus Tahu!

Pendidikan anak usia dini, pentingkah? Dengan banyaknya lembaga PAUD yang menawarkan berbagai metode pendidikan untuk anak usia dini, tentu Mums mulai mempertimbangkan untuk memasukan si Kecil ke sekolah sedini mungkin. Namun apakah benar pendidikan anak usia dini dapat menjadi stimulus dan cara mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang tepat? Dan apakah pendidikan anak usia dini hanya bisa didapatkan di sekolah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Mums bisa melihat penjelasan mengenai pentingnya pendidikan anak usia dini di bawah ini. Mungkin satu dan lain hal tidak akan sama persis, namun secara umum, ini yang bisa si Kecil dapatkan dari PAUD yang Mums berikan.

Pengenalan pada Konsep Sekolah

Pendidikan formal yang akan ditempuh si Kecil ketika ia beranjak dewasa nantinya memiliki pola tertentu yang harus dipahami agar dapat belajar dengan efektif. Ini mengapa, pengenalan konsep sekolah sejak dini perlu diberikan. Memang tidak kemudian harus dikenalkan benar-benar sejak usianya 1 tahun. Namun katakanlah pada usia 4, 5, atau 6 tahun ada baiknya si Kecil mulai mengenali konsep belajar yang ada.

Pengenalan ini penting agar si Kecil bisa lebih siap menghadapi dunia barunya di luar rumah. Dengan cara pengenalan yang perlahan namun terus menerus, si Kecil akan memahami pola yang ada sehingga ia bisa lebih siap menghadapi tantangan barunya. Mums bisa memasukkan si Kecil pada pendidikan dini yang formal atau non-formal. Intinya ada pada pengenalan konsep sekolah agar si Kecil lebih siap.

Pola yang Disertai Aturan Main

Tidak dapat dipungkiri, dimanapun Mums berada, Mums memiliki semacam ‘aturan main’ di rumah Mums. Aturan main ini tentu menyesuaikan dengan porsi dan pribadi yang ada di rumah. Misalnya, untuk si Kakak, setelah selesai makan wajib meletakkan piring kotor di tempat cuci piring. Tapi aturan ini tidak bisa diterapkan untuk si Kecil, bukan begitu?

Memasukkan si Kecil ke pendidikan usia dini dapat menjadi media pengenalan aturan yang lebih baik demi membentuk sikap disiplin si Kecil. Jika di dalam rumah si Kecil memiliki keistimewaan pada peraturan, maka ketika ia memasuki lembaga pendidikan ia akan belajar kesetaraan pemberlakuan aturan. Karena setiap anak berada pada rentang usia yang sama, maka peraturan dapat diterapkan lebih umum dan mengikat semua anak.

Kepribadian Si Kecil

Nilai-nilai yang Mums tanamkan sejak saat si Kecil hadir ke dunia, idealnya adalah nilai terbaik yang bisa Mums berikan. Nilai ini akan menjadi bagian dari diri si Kecil, dan akan berpengaruh besar pada karakternya. Apapun yang si Kecil alami, si Kecil lihat, si Kecil rasakan, akan membentuk karakter si Kecil sedemikian rupa hingga ia memiliki karakter uniknya sendiri.

Pendidikan anak usia dini tidak sekedar pengenalan pelajaran, namun juga pada pembentukan karakter. Dengan bertemu orang baru, berinteraksi, melakukan kegiatan bersama, akan memberikan stimulus pada perkembangan kepribadiannya. Idealnya berinteraksi dengan banyak orang akan menumbuhkan empati dan sikap si Kecil, sehingga ia dapat membuat keputusan yang tepat di kehidupannya kelak.

‘Panggung’ yang Lebih Besar

Saat si Kecil berada di rumah, si Kecil memiliki ‘panggung’ untuknya menampilkan dan mengekspresikan imajinasinya. ‘Panggung ‘ ini kemudian akan ditonton oleh setiap anggota keluarga, kemudian diberikan apresiasi dan dukungan agar si Kecil dapat menjadi orang yang percaya diri dan memiliki mental yang kuat. Namun seiring bertambahnya usia, si Kecil akan membutuhkan ruang tampil yang lebih luas.

Dengan hadir di lingkungan baru, dengan aturan main baru, dengan crowd baru, maka apa yang ia dapatkan di rumah dari Mums dan anggota keluarga lain bisa mendapatkan apresiasi lebih luas. Sembari si Kecil berekspresi, ia juga akan menerima banyak respon baru dan ia akan belajar menyikapi hal tersebut. Tentu saja di sini peran Mums sangat krusial untuk terus mendampinginya dan mendengarkan bagaimana hari si Kecil yang baru ia lalui agar ia tetap merasa memiliki dukungan dan kasih sayang penuh dari Mums dan keluarga.

Pentingnya pendidikan anak usia dini memang tidak main-main. Baik pendidikan formal atau non-formal yang Mums pilih, keduanya sama-sama memberikan hal tersebut di atas. Yang jangan sampai dilupakan adalah dukungan Mums melalui asupan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya tetap optimal dan siap menghadapi tantangan baru. Mums bisa memberikan Friso Gold 4 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Mums juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resminya.