Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Manfaat Permainan Anak Perempuan yang Jarang Disadari

4 Manfaat Permainan Anak Perempuan yang Jarang Disadari

Apa yang Mums pikirkan ketika mendengar frasa permainan anak perempuan? Mungkin salah satu yang terpikir pertama kali adalah bermain masak-masakan, benar bukan? Selanjutnya mungkin permainan dengan boneka, atau jika Mums cukup aktif bermain ketika kecil lompat tali bisa saja terpikirkan.  Permainan yang dilakukan si Kecil ini, secara langsung memiliki dampak pada tumbuh kembangnya lho Mums.

Proses bermain menjadi proses yang sangat efektif untuk merangsang perkembangan kecerdasan serta fisik si Kecil. Pada permainan masak-masakan, banyak hal dapat dirangsang. Meski mungkin terlihat hanya seolah-olah melakukan sesuatu seperti mengiris bahan, menyalakan kompot, mengangkat masakan dan menyajikannya, semua kegiatan tersebut berdampak sangat baik untuk tumbuh kembang fisik dan kecerdasannya.

Permainan anak perempuan seperti masak-masakan seperti ini memiliki beberapa manfaat. Simak penjelasannya di bawah ini, dan pastikan si Kecil mendapatkan manfaatnya secara optimal ya Mums!

Logika dalam Memahami Proses

Terdengar mengesankan ya Mums? Faktanya, dengan melakukan permainan masak-masakan si Kecil benar-benar dapat berlatih memahami proses terjadinya sesuatu. Logika yang digunakan ini melatih rasa ingin tahu si Kecil pada setiap hal yang ditemuinya kelak. Akan selalu muncul pertanyaan ‘Bagaimana ini bisa terjadi?’ dan ia akan berusaha menemukan jawabannya, artinya si Kecil akan menjadi seorang yang kritis.

Dalam jangka panjang, sikap kritis ini akan sangat bermanfaat. Tentu pada masa pertumbuhan hal ini akan mendorong si Kecil untuk terus penasaran dan belajar banyak hal yang baru ditemuinya. Tumbuh kembang tak sekedar fisik saja, namun juga soal kecerdasan serta kemampuan berpikir, bukankah demikian Mums? Dengan sikap kritis dan logika yang baik, idealnya ia akan tumbuh jadi anak yang cerdas.

Koordinasi Bagian Tubuh

Seperti halnya memasak yang menggunakan banyak gerakan dan berbagai alat, permainan anak perempuan masak-masakan juga melibatkan berbagai gerakan dan alat yang beragam. Karena memang pada dasarnya permainan ini adalah menirukan gerakan dan kegiatan memasak Mums, jadi tentunya tidak akan jauh berbeda.

Gerakan seperti memegang pisau, atau mengangkat panci, membalik makanan, menyajikan hingga memakan makanan yang dimasak, semua  melatih koordinasi dan kemampuan penggunaan bagian tubuh. Ketika dilakukan secara berulang dan terus menerus, hal ini dapat membantu si Kecil menjadi semakin ahli dan memiliki koordinasi gerakan anggota tubuh yang lebih sempurna.

Kemampuan Emosional

Tumbuh dan berkembang, tidak hanya seputar fisik dan hal yang nampak. Mental dan kemampuan emosional si Kecil juga akan tumbuh seiring dengan bertambahnya usia si Kecil dan interaksi yang terjadi dengan orang di sekitarnya. Ketika bermain masak-masakan bersama teman atau keluarga terdekat, si Kecil akan berperan menjadi seorang Mums yang membuatkan masakan. Sandiwara kecil ini dapat mengasah kemampuan emosional si Kecil.

Interaksi yang terjalin antara teman bermainnya ini yang akan jadi latihan dan momen mengasah kemampuan emosional yang baik. Mums dapat melihat bagaimana si Kecil berusaha menirukan gerakan dan cara bicara Mums, bagaimana si Kecil berbicara dengan kakaknya, atau dengan teman bermainnya. Sambal melihat, Mums dapat mendampingi si Kecil dan menanamkan sifat baik secara perlahan juga lho.

Belajar dengan Melihat dan Praktek secara Langsung

Proses belajar paling efektif adalah dengan mempraktekannya secara langsung setelah diajari atau melihat. Hal ini yang terjadi pada permainan masak-masakan. Seketika setelah si Kecil selesai menyantap makanan yang Mums sajikan, si Kecil bisa langsung bermain dan melakukan apa yang dia lihat. Dengan begini apa yang dilihat si Kecil bisa langsung dicobanya dan memberikan manfaat belajar yang optimal.

Nah di sini Mums perlu mendampinginya dan mengontrol agar si Kecil tetap aman ketika bermain. Dalam artian si Kecil tidak menggunakan barang yang tajam atau berbahaya, sehingga proses belajar yang dilakukannya dapat terjadi dengan aman. Ada baiknya juga Mums membelikan si Kecil peralatan masak mainan, sehingga ia tak perlu beresiko bermain dengan benda berbahaya atau terlalu berat.

Tapi ingat Mums, berikan juga kebebasan berimajinasi pada si Kecil agar kreativitasnya tetap terasah dalam bermain. Anak yang kreatif dan memiliki daya imajinasi tinggi berpotensi besar menjadi anak yang sukses.

Permainan anak perempuan memang tak sebatas pada masak-masakan saja, masih banyak permainan lain yang juga dapat merangsang tumbuh kembang si Kecil. Selama si Kecil bermain, dianjurkan untuk mendampinginya. Selain memastikan keamanan, kehadiran Mums juga merupakan stimulus yang baik untuk proses belajar si Kecil.

Manfaat memainkan permainan anak perempuan tentu akan sangat maksimal jika didukung dengan kebutuhan nutrisi harian yang terpenuhi. Untuk hal ini, Mums dapat mempercayakan pada  Friso Gold 4. Dengan kandungan nutrisi alami yang terjaga karena melewati Single Process, dimana susu tidak melalui proses pemanasan berlebih sehingga nutrisinya tetap terjaga dengan baik. Dilengkapi pula dengan  Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang