Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Manfaat Probiotik

4 Manfaat Probiotik Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Apakah Mums sering mendengar istilah probiotik? Manfaat probiotik dianggap baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Biasanya probiotik tertera sebagai salah satu kandungan dalam beberapa produk yang dijual di pasaran, mulai dari susu pertumbuhan, yogurt, hingga suplemen. Menurut National Health Interview Survey, probiotik merupakan produk alami nomor tiga yang paling banyak dikonsumsi oleh anak-anak. Supaya Mums lebih paham, di artikel ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai penjelasan tentang definisi dan manfaat probiotik bagi si Kecil. 

Apa itu Probiotik?

Terdapat banyak sekali bakteri di dalam saluran pencernaan manusia. Probiotik merupakan bakteri baik dalam usus yang dapat mendukung kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bakteri baik ini dipercaya dapat melawan bakteri jahat. Ada dua jenis bakteri probiotik yang paling umum, yaitu lactobacillus dan bifidobacterium. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil. Sebagai contoh, saat si Kecil sakit dan diberikan antibiotik, nantinya antibiotik ini akan membunuh bakteri baik maupun jahat. Nah, saat itu probiotik berperan dalam mengembalikan jumlah bakteri baik yang hilang tadi. Menurut ulasan American Family Physician, probiotik dapat membantu mengobati penyakit radang usus dan diare yang disebabkan oleh gastroenteritis. 

Adanya probiotik yang hidup di dalam saluran pencernaan, maka penting bagi Mums untuk selalu menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Sebab, pencernaan yang sehat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh si Kecil secara keseluruhan. Lantas, apa saja manfaat probiotik bagi tumbuh kembang si Kecil? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

Manfaat Probiotik Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Berikut ini beberapa manfaat probiotik yang perlu Mums ketahui, antara lain:

Manfaat probiotik: Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat probiotik yang pertama yaitu meningkatkan sistem imun tubuh. Pemberian makanan yang mengandung probiotik merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah si Kecil mengalami gangguan kesehatan. Semakin banyak jumlah probiotik yang ada dalam tubuh si Kecil, maka semakin efektif pula probiotik dalam menyeimbangkan limfosit B dan T dalam tubuhnya. Limfosit adalah bagian dari sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang. 

Limfosit beserta sel darah putih lainnya berperan dalam menjaga sistem imun tubuh dengan cara memerangi bakteri, virus, dan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh agar si Kecil terhindar dari sakit. Dengan begitu, manfaat probiotik dapat menyeimbangkan kadar limfosit dalam tubuh. Sebab, pada kondisi tertentu, limfosit tinggi bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan serius yang diderita oleh si Kecil.

Manfaat probiotik: Melancarkan saluran pencernaan

Masalah pencernaan selalu dikeluhkan oleh banyak orang, tak terkecuali anak-anak. Kondisi seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan probiotik. Sebab, manfaat probiotik dapat membuat proses pemecahan makanan dan penyerapan nutrisi bisa berlangsung lebih optimal. Selain itu, manfaat probiotik juga muncul karena banyaknya jumlah bakteri baik dalam usus akan menutupi dinding usus. Dengan begitu, si Kecil akan terhindar dari risiko kekurangan gizi. 

Manfaat probiotik: Membantu menjaga kesehatan otak dan mental

Selain baik bagi saluran pencernaan si Kecil, manfaat probiotik juga penting bagi kesehatan otak dan mentalnya. Sebab, bakteri baik ini mampu membuat neurotransmitter bekerja secara efektif dalam proses komunikasi antara otak dan usus. Selain itu, asupan probiotik yang cukup juga bisa memicu produksi hormon bahagia (serotonin) dan hormon relaksasi (melatonin). Hormon tersebut berperan dalam menjaga suasana hati, membantu meningkatkan kualitas tidur, dan dapat mencegah si Kecil mengalami kelelahan.

Baca juga: 10 Jenis Nutrisi Terbaik di Dunia Beserta Manfaatnya untuk Anak

Manfaat probiotik: Baik untuk terapi pengobatan

Melansir laman resmi healthline.com, manfaat probiotik juga baik untuk terapi pengobatan. Meskipun bukan sebagai pengobatan utama, probiotik bisa dikonsumsi untuk membantu terapi pengobatan dan proses penyembuhan. Ada berbagai macam gangguan kesehatan yang bisa Mums atasi dengan probiotik, di antaranya diare akibat virus, diare akibat konsumsi antibiotik, meredakan gejala kolik, dan mencegah terjadinya peradangan usus. 

Selain itu, manfaat probiotik juga dapat mengurangi risiko munculnya alergi dan eksim, memperbaiki gejala akibat intoleransi laktosa, dan mengurangi infeksi saluran pernapasan atas. Seluruh manfaat probiotik ini bisa Mums dapatkan dari makanan sehari-hari yang mengandung bakteri baik tersebut, seperti tempe, yogurt, keju, susu pertumbuhan, sup miso, dan kimchi. Meskipun manfaat probiotik baik bagi tumbuh kembang si Kecil, namun probiotik tidak boleh diberikan kepada anak yang menderita sakit berat, seperti imunitas lemah (immunocompromised) dan anak-anak dengan masalah kesehatan serius yang tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Oleh karena itu, pastikan Mums berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika si Kecil mengalami kondisi tersebut. 

Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

Dalam beberapa kemasan produk, Mums pasti sering melihat istilah probiotik dan prebiotik di dalam komposisinya, kan? Kedua istilah ini sering kali dianggap sama, padahal keduanya memiliki arti yang berbeda lho, Mums. Prebiotik adalah makanan (biasanya makanan tinggi serat) yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh, agar jumlahnya tetap terjaga. Sederhananya, probiotik adalah bakteri baik, sementara prebiotik adalah makanan untuk bakteri baik tersebut. Berikut ini beberapa manfaat prebiotik yang perlu Mums ketahui, di antaranya:

  • Membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare dan sembelit
  • Mengurangi gejala radang usus
  • Membantu mengatasi penyakit kulit, seperti eksim
  • Menjaga kesehatan saluran kemih
  • Mencegah alergi, pilek, dan infeksi saluran pernapasan
  • Menjaga kesehatan mulut

Pastikan asupan probiotik dan prebiotik si Kecil tercukupi dengan baik agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Selain itu, Mums juga perlu melengkapi pola makan makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Mums juga perlu menghindari asupan makanan tinggi gula dan tinggi lemak pada si Kecil, karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri merugikan dalam tubuh yang berpotensi menimbulkan penyakit.

Supaya tumbuh kembang si Kecil lebih optimal, Mums perlu lebih cermat memilih produk apa saja yang mengandung nutrisi alami. Salah satu solusinya adalah Susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu FRISO Gold 3 tetap bernutrisi tinggi, diperkaya pula dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang