Lompat ke isi utama
4 Manfaat Telur untuk Kesehatan Si Kecil

4 Manfaat Telur untuk Kesehatan Si Kecil

Telur termasuk makanan yang serbaguna, mudah ditemukan dan diolah, serta harganya relatif terjangkau. Di balik rasanya yang lezat, ternyata manfaat telur cukup beragam untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Sebab, telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang memiliki kandungan nutrisi lengkap. Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Berkat banyaknya kandungan nutrisi tersebut, telur juga dianggap sebagai makanan bernutrisi tinggi yang menyehatkan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Umumnya, ada tiga jenis telur yang biasa diolah oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, yaitu telur ayam, telur bebek, dan telur puyuh. Mums bisa mendapatkan manfaat telur dari masing-masing jenis tersebut. 

Manfaat Telur

Mums pasti terbiasa mengolah telur menjadi beragam olahan yang lezat dan gurih, bukan? Ternyata manfaat telur cukup penting lho untuk kesehatan si Kecil. Berikut ini beberapa manfaat telur yang perlu Mums ketahui, antara lain:

  • Manfaat telur: Mendukung pertumbuhan dan perkembangan

    Manfaat telur yang satu ini muncul berkat adanya kandungan protein sebagai salah satu zat gizi makro yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, protein memiliki fungsi untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Selain itu, nutrisi ini pun berperan dalam mengoptimalkan fungsi organ, mengangkut zat gizi, dan sebagai sumber energi. Dengan mengonsumsi telur sesuai batas normal, maka pertumbuhan dan perkembangan si Kecil pun akan lebih optimal. Dengan catatan, Mums tetap harus menyeimbangkan asupan nutrisi dari makanan sehat jenis lainnya. Ini karena mengonsumsi telur secara berlebihan pun tidak baik bagi kesehatan. 

  • Manfaat telur: Meningkatkan kesehatan jantung

    Meskipun kuning telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi, namun manfaat telur tetap aman bagi anak-anak hingga orang dewasa jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu, bahkan manfaat telur pun baik untuk penderita penyakit jantung. Selain itu, kuning telur juga mengandung lutein yang dianggap mampu menurunkan risiko mengalami penyakit jantung. Mums juga dapat memilih telur yang diperkaya oleh asam lemak omega 3 karena nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mendukung perkembangan otak si Kecil. 

  • Manfaat telur: Tidak meningkatkan kolesterol dalam darah

    Seperti yang telah disebutkan, kuning telur memang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, namun kolesterol pada kuning telur tidak selalu meningkatkan kolesterol dalam darah. Ini karena kolesterol yang terkandung dalam telur hanya sebagian kecil yang akan mencapai peredaran darah. Selain itu, kolesterol pada telur juga dianggap tidak berbahaya sebagai lemak jenuh dalam meningkatkan kadar kolesterol darah seseorang. 

    Penting untuk Mums ketahui bahwa organ hati sebenarnya menghasilkan sejumlah besar kolesterol setiap hari. Ketika si Kecil mengonsumsi sejumlah asupan kolesterol dalam makanan, organ hati hanya menghasilkan lebih sedikit kolesterol untuk menyeimbangkannya. Meskipun demikian, respons terhadap makan telur akan bervariasi pada masing-masing individu. Pada 70 persen orang, telur tidak meningkatkan kolesterol sama sekali, tetapi pada 30 persen lainnya, telur dapat sedikit meningkatkan kolesterol total dan LDL.

  • Manfaat telur: Menyuplai nutrisi bagi tubuh 

    Manfaat telur yang sayang dilewatkan yaitu dapat menyuplai nutrisi bagi tubuh. Ada banyak nutrisi yang bisa si Kecil dapatkan dalam sebutir telur, di antaranya protein, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral. Dengan banyaknya nutrisi tersebut, manfaat telur untuk memenuhi asupan nutrisi pun akan terasa bagi tubuh si Kecil, terutama dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. 

Kandungan Nutrisi dalam Telur Ayam

Dari banyaknya manfaat telur yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil, Mums juga perlu mengetahui beragam jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sebab, nutrisi inilah yang membuat telur termasuk makanan yang sehat dan bergizi. Telur ayam termasuk jenis telur yang cukup mudah ditemukan dan disukai oleh banyak orang. Satu telur ayam mengandung sekitar 70 kalori dan beragam nutrisi sebagai berikut: 

Protein

Manfaat telur bisa si Kecil dapatkan berkat adanya kandungan protein yang cukup tinggi. Zat gizi makro ini berperan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan, menghasilkan enzim dan hormon, hingga mengangkut zat gizi ke seluruh tubuh. 

Lemak

Nutrisi selanjutnya yang terdapat di dalam telur adalah lemak jenuh dan tak jenuh. Kedua jenis lemak ini sama-sama baik dikonsumsi dalam jumlah yang cukup karena memiliki fungsi sebagai cadangan energi, melindungi organ tubuh, dan menjalankan fungsi tubuh.

Vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi yang tak kalah penting yang terdapat dalam telur. Vitamin A berperan untuk menjaga kesehatan kulit, mendukung kesehatan tulang, dan membantu tumbuh kembang sel dan jaringan tubuh. 

Vitamin B2

Telur juga diperkaya oleh vitamin B2 yang penting untuk tubuh. Sebab, tubuh tidak bisa memproduksi jenis vitamin ini sehingga harus Mums dapatkan dari makanan. Vitamin B2 berperan untuk menjaga kesehatan mata, metabolisme energi, dan mendukung pertumbuhan. 

Vitamin B9 (Asam folat)

Vitamin B9 atau asam folat ternyata tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil saja lho, Mums. Akan tetapi, anak-anak juga sangat membutuhkannya. Ini karena vitamin B9 (asam folat) berperan penting untuk membentuk sel-sel tubuh, mencegah kekurangan darah, mencegah risiko penyakit jantung, dan mampu meningkatkan daya ingat. 

Baca juga: 10 Jenis Nutrisi Terbaik di Dunia Beserta Manfaatnya untuk Anak

Vitamin B12

Kandungan nutrisi telur juga diperkaya oleh vitamin B12 yang kehadirannya cukup penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga membutuhkan asupan dari makanan yang kaya akan vitamin B12. Vitamin ini berperan untuk membentuk sel darah merah, mengubah makanan menjadi energi, meningkatkan sistem imun dan saraf.

Vitamin D

Manfaat telur juga akan terasa pada pertumbuhan dan perkembangan si Kecil berkat adanya kandungan vitamin D. Vitamin ini berperan untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. 

Vitamin E

Vitamin E juga berperan untuk menghadirkan manfaat telur sebagai makanan kaya akan nutrisi yang dapat membantu melawan radikal bebas, memelihara kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Zat Besi

Zat besi termasuk mineral yang penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Di balik manfaat telur yang beragam, zat besi bertanggung jawab dalam pembentukan sel darah merah dan hemoglobin yang sangat dibutuhkan untuk memasok oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. 

Selenium

Selain zat besi, selenium juga termasuk mineral yang tak kalah penting karena berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Yodium

Yodium yang terkandung dalam telur diperlukan untuk memproduksi hormon tiroid karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan yodium dari makanan, salah satunya adalah telur. Hormon tiroid berperan untuk mengendalikan metabolisme tubuh, menstabilkan detak jantung, dan tekanan darah.

Itulah beragam nutrisi dan manfaat telur yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Perlu Mums ingat bahwa asupan telur untuk si Kecil harus sesuai batas normal agar tumbuh kembangnya ideal. Lantas, seberapa sering si Kecil boleh mengonsumsi makanan ini agar manfaat telur lebih optimal? 

Seberapa Sering Anak Boleh Makan Telur?

Telur memang termasuk sumber protein yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika si Kecil terlalu sering mengonsumsi telur pun tidak baik lho, Mums. Oleh karena itu, banyak ahli yang menyarankan untuk anak yang berusia di bawah 3 tahun sebaiknya mengonsumsi telur sebanyak 1-2 butir per hari. Namun, hindari memberikan telur setiap hari ya, Mums. Sebaiknya seimbangkan dengan makanan bergizi lainnya agar nutrisi yang dicerna oleh tubuh si Kecil lebih beragam. Mums bisa mengolah telur dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng, sesuaikan dengan menu kesukaan si Kecil. Akan tetapi, hindari memanaskan telur lebih dari satu kali agar nutrisi alaminya tidak rusak. 

Selain telur, tumbuh kembang si Kecil bisa dioptimalkan dengan meminum Susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu FRISO Gold 3 tetap bernutrisi tinggi, diperkaya pula dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang