Lompat ke isi utama
4-manfaat-tes-urin-bagi-ibu-hamil_G6iZSaHtDa

Keton Urin Positif? Simak Manfaat Tes Urin Bagi Ibu Hamil

Simak beberapa manfaat melakukan tes urin untuk memastikan kadar keton urin dan gula darah tetap stabil pada ibu hamil.

Mengukur Kadar gula

Setiap melakukan konsultasi kehamilan, dokter biasanya akan meminta Mum melakukan tes urin untuk memastikan kadar gula dalam urin. Hal yang wajar memang terdapat kandungan gula dalam urin. Namun, jika tingkatnya sangat tinggi, bisa jadi Mum sedang mengalami diabetes gestasional. Jika kondisi ini lebih cepat diketahui, penanganan pun akan lebih cepat dilakukan, sehingga tak terjadi kondisi yang dapat membahayakan Mum dan janin. Konsumsi nutrisi yang tepat dan susu ibu hamil terbaik untuk menjaga kondisi gula dalam tubuh.

Baca juga: Cara Mudah Menurunkan Panas Anak

Mencegah Protein Berlebih

Kandungan protein berlebih dalam urin selama masa kehamilan bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih (ISK), kerusakan ginjal, dan gangguan kesehatan lainnya. Jika disertai darah tinggi, hal ini bisa menjadi tanda bahwa Mum mengalami preeklampsia. Oleh karena itu, tes sangat perlu dilakukan untuk mencegah risiko kehamilan.

Baca juga: Usia Kehamilan 2 Bulan

Mengenal Produksi Keton

Keton akan diproduksi ketika tubuh mulai mogok lemak yang disimpan karena Mum kekurangan karbohidrat. Gejala awal yang muncul dapat berupa mual dan muntah, serta kehilangan berat bedan selama masa kehamilan. Jika kadar keton tinggi, Mum mungkin harus mengonsumsi beberapa obat-obatan untuk menjaga kesehatan kehamilan. Oleh karena itu, selama masa kehamilan Mum sebaiknya mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil terbaik.

Baca juga: 4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Menguji Sensitivitas Antibiotik Terhadap Bakteri

Saat kunjungan pertama untuk memeriksakan kehamilan, tes urin akan dilakukan untuk menguji sensitivitas antibiotik dalam tubuh. Jadi, tes urin bermanfaat untuk antibiotik mengetahui ketahanan tubuh Mum dalam mengobati infeksi akibat bakteri. Tes urin juga bermanfaat untuk membantu mencegah infeksi saluran kemih.

Setiap dokter kandungan umumnya memiliki caranya masing-masing untuk melakukan tes urin. Beberapa dokter mungkin dapat meminta Mum melakukan pemeriksaan urin pada setiap kunjungan. Namun, ada juga yang hanya meminta sampel urin di awal kunjugan atau trimester pertama, kemudian meminta Mum melakukannya lagi, jika ditemukan gangguan kehamilan.

Seperti halnya tes darah, tes urin sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan Mum dalam kondisi yang baik sehingga tak menganggu tumbuh kembang janin.

Baca juga: Ketahui Cara Mengajari Anak Membaca, Menulis dan Berhitung

Selain melakukan tes urin, mengonsumsi susu ibu hamil dan makanan bergizi juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan Mum dan janin. Frisomum Gold yang diperkaya ALA, LA, Nukleotida, Asam Folat, Kalsium dan Zat Besi untuk membantu melindungi Mum dan janin dari dalam. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak dipanaskan berlebih, sehingga nutrisinya tetap terjaga dan dapat diserap tubuh dengan baik. Susu ibu hamil  dengan kandungan nutrisi seimbang ini juga memiliki rasa vanila yang lezat lho, Mum! Selamat menikmati masa kehamilan yang menyenangkan!

Baca juga: Ruam Popok: Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya