Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Manfaat Tidur Siang untuk si Kecil, Simak Baik-Baik ya Mums!

4 Manfaat Tidur Siang untuk si Kecil, Simak Baik-Baik ya Mums!

Sudahkah Mums mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil setiap hari? Lalu bagaimana dengan rangsangan yang diberikan? Apakah sudah cukup juga? Jika kedua hal ini sudah dicukupi, jangan lupakan hal terakhir, yakni tidur atau waktu istirahat. Tidak hanya tidur ketika malam hari, ternyata manfaat tidur siang juga tidak kalah banyak lho Mums. Belum banyak yang menyadari memang, tapi itu gunanya Mums membaca artikel ini.

Tumbuh kembang si Kecil tidak hanya memerlukan stimulus dan nutrisi tapi juga istirahat yang cukup. Pada anak-anak, waktu tidur tidak hanya diperlukan guna mengistirahatkan tubuh tapi juga untuk memaksimalkan apapun yang sudah diterima si Kecil, baik itu nutrisi dari makanan atau rangsangan dalam berbagai bentuk.

Nah, untuk mempersingkat pembahasan, Mums bisa lihat beberapa manfaat tidur siang di bawah ini.

Mengurangi Resiko si Kecil Sulit Tidur Malam

4 Manfaat Tidur Siang untuk si Kecil, Simak Baik-Baik ya Mums!

Aktivitas yang dilakukan si Kecil seharian penuh tentu akan membuat badannya lelah, karena gerakan fisik yang intens. Ketika tubuh terlalu lelah, si Kecil cenderung sulit tidur di malam hari. Hal ini mengingat beban istirahat yang dimiliki akan menumpuk, dan justru membuatnya tidak nyaman.

Manfaat tidur siang sendiri yang pertama adalah untuk membantu si Kecil tidur lebih nyenyak di malam hari. Dengan istirahat yang cukup (tentu tidak terlalu lama) di siang hari, si Kecil bisa tidur malam lebih berkualitas dan lebih tenang. Poin pentingnya adalah tidur siang yang dilakukan tidak terlalu lama, dan secukupnya saja.

Penyerapan Rangsangan yang Diterima

Istirahat sejenak di siang hari juga dapat membantu penyerapan rangsangan yang diterima si Kecil. Pada satu penelitian yang dilakukan di Cina, anak sekolah yang diberikan waktu tidur siang setelah jam makan siang memberikan hasil tes ingatan yang lebih baik. Tentu ini menjadi hal yang positif untuk si Kecil.

Setelah ia menerima rangsangan, baik berupa rangsangan fisik atau rangsangan lain, berikan kesempatan si Kecil tidur sejenak agar yang diterimanya bisa mengendap dan terserap sempurna. Ketika bangun nanti, si Kecil akan memiliki mood yang segar dan ingatan jangka panjang yang lebih baik, sekaligus fokus yang meningkat.

Pola Tidur Teratur Menjauhkan si Kecil dari Obesitas

4 Manfaat Tidur Siang untuk si Kecil, Simak Baik-Baik ya Mums!

Memiliki pola hidup, pola makan, serta pola tidur yang teratur akan membuat metabolisme tubuh si Kecil lebih baik. Jam biologis akan menjadi lebih tertata, sehingga pencernaan, penyerapan nutrisi, serta pembelahan sel yang terjadi juga bisa berjalan dengan ideal. Manfaat tidur siang yang ketiga adalah membantu menjauhkan si Kecil dari resiko obesitas.

Ketika si Kecil merasa lelah setelah beraktivitas, ia cenderung akan makan lebih banyak makanan dan memilih makanan yang kurang sehat. Namun ketika tidur siang, si Kecil akan bangun dengan suasana hati yang lebih baik, dan perut yang tidak pada kondisi yang sangat lapar. Pemilihan makanan bisa dilakukan lebih sehat, dan konsumsi makanan juga tidak dalam porsi yang berlebihan.

Mencukupi Kebutuhan Tidur Harian

Pada masa anak-anak, aktivitas yang intens serta rangsangan yang cukup diperlukan untuk optimalnya tumbuh kembang si Kecil. Namun demikian yang sering tidak disadari adalah si Kecil juga memerlukan waktu tidur dan istirahat yang cukup banyak, dan harus dicukupi setiap harinya.

Dengan durasi tidur siang yang cukup, kira-kira 90 menit, maka si Kecil bisa tidur malam dengan durasi yang tidak terlalu lama. Waktu tidur siang ini juga akan semakin berkurang seiring pertambahan usia, jadi Mums harus terus memantau kecukupan tidur harian si Kecil. Untuk mendapatkan angka pasti, Mums bisa berkonsultasi pada dokter kepercayaan Mums, sehingga jadwal tidur si Kecil bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuhnya.

Trik Sederhana Membiasakan Tidur Siang

4 Manfaat Tidur Siang untuk si Kecil, Simak Baik-Baik ya Mums!

Setelah mengetahui beberapa manfaat tidur siang di atas, kami juga akan memberikan trik sederhana agar tidur siang bisa menjadi satu rutinitas yang dilakukan si Kecil. Tak jarang anak-anak lebih memilih bermain daripada beristirahat ketika siang hari. Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, lakukanlah banyak aktivitas di pagi hari hingga siang. Jadi kondisikan agar tubuh si Kecil banyak bergerak, tentu dengan catatan pemenuhan asupan nutrisi di pagi hari harus dipastikan.

Kedua, waktu transisi dari bermain ke tidur siang. Manfaat tidur siang akan terasa maksimal jika si Kecil bisa tidur dalam keadaan tenang. Jadi setelah bermain, biarkan si Kecil mendinginkan tubuh setelah mencuci bersih kaki dan tangannya.

Terakhir, buatlah ruang istirahat yang nyaman. Kamar yang nyaman bisa mendukung waktu istirahat atau tidur siang yang berkualitas. Untuk itu, sebisa mungkin buat kamar si Kecil menjadi tempat paling nyaman untuk beristirahat.

Baca Juga : Cerita Dongeng Anak, Cara Sederhana Merangsang Tumbuh Kembangnya

Melihat penjelasan manfaat tidur siang di atas, semoga Mums bisa mendapatkan suatu yang bermanfaat ya. Pemenuhan segala kebutuhan si Kecil, mulai dari rangsangan, asupan nutrisi, hingga waktu istirahat yang ideal, diperlukan agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Nah, untuk membantu pemenuhan nutrisi harian si Kecil, Mums wajib memberikan makanan bernutrisi, dan bila perlu bisa menambahkan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga, sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk setiap fase tumbuh kembangnya, dan lihat ia tumbuh optimal!