Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Mitos dan Fakta Makanan yang Mengandung Nutrisi Untuk Anak

4 Mitos dan Fakta Makanan yang Mengandung Nutrisi Untuk Anak

Makanan yang mengandung nutrisi sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Mums pasti ingin melihat si kecil tumbuh lebih sehat, pintar, dan tinggi, bukan? Nah, jika Mums memberikan makanan yang mengandung nutrisi sejak dini, bisa dipastikan pertumbuhan dan perkembangan si kecil bisa lebih optimal, serta tubuhnya pun akan lebih kuat. 

Dengan memberikan makanan yang mengandung nutrisi secara seimbang, si kecil akan merasakan banyak manfaatnya, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan dan fungsi organ tubuh, sebagai sumber energi untuk beraktivitas, membentuk dan memelihara jaringan sel tubuh, serta bisa mengontrol berat badan anak lebih ideal. Sementara, jika Mums tidak membiasakan si kecil mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, risiko si kecil terserang penyakit pun akan lebih tinggi. 

Selain itu, Mums juga perlu mengetahui mitos dan fakta tentang makanan yang mengandung nutrisi agar tidak salah kaprah saat memberikannya kepada si kecil ya! Sebelum itu, simak dulu informasi mengenai makanan yang jadi sumber nutrisi tinggi untuk anak di bawah ini yuk!

Memilih Makanan yang Mengandung Nutrisi 

Melansir laman resmi parents.com, ada banyak sumber makanan yang mengandung nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil, di antaranya:

Makanan yang Mengandung Nutrisi Protein

Protein menjadi nutrisi penting yang berfungsi untuk membentuk dan memelihara jaringan sel tubuh, sebagai sumber energi, melawan radikal bebas, dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ada beberapa makanan yang mengandung protein tinggi, di antaranya susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, kacang-kacangan, dan hasil olahan lainnya. 

Makanan yang Mengandung Nutrisi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting untuk tubuh. Dengan mengonsumsi karbohidrat yang seimbang, si kecil memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas hariannya. Makanan yang mengandung nutrisi karbohidrat antara lain beras merah, roti gandum, kentang, pasta, dan sereal gandum.

Makanan yang Mengandung Nutrisi Lemak

Saat masa pertumbuhan, si kecil memerlukan lemak untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya lho, Mums. Lemak merupakan sumber energi yang baik bagi anak dan mudah disimpan dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang mengandung lemak sehat, seperti produk olahan susu, minyak nabati, daging, lemak ikan, dan kacang-kacangan.

Makanan yang Mengandung Nutrisi Kalsium

Makanan yang mengandung nutrisi kalsium juga penting dipenuhi oleh si kecil karena dapat membentuk dan memperkuat tulang dan gigi. Kalsium juga berfungsi untuk menjaga fungsi sistem saraf, otot, dan jantung. Mums bisa memilih makanan yang mengandung nutrisi kalsium berikut ini: susu, yogurt, keju, es krim, brokoli, tahu, dan sayuran hijau lain. 

Makanan yang Mengandung Nutrisi Zat Besi

Zat besi termasuk nutrisi yang penting untuk kesehatan anak. Ini karena zat besi berperan dalam memproduksi hemoglobin dalam tubuh. Jika kekurangan zat besi, sel-sel di dalam tubuh akan kekurangan oksigen. Untuk itu, kebutuhan ini bisa didukung dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi zat besi, seperti daging merah, hati, daging unggas, bayam, oats, dan kacang-kacangan. 

Baca juga: Jaga Gizi Seimbang Anak Dengan 5 Pola Makan Ini

Makanan yang Mengandung Nutrisi Serat

Selain melancarkan sistem pencernaan, serat juga bermanfaat untuk membantu metabolisme dalam tubuh. Asupan serat yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit pencernaan kronis dan penyakit jantung di masa mendatang lho, Mums. Beberapa makanan yang mengandung serat, antara lain buah, sayuran, sereal gandum, jagung, dan kacang-kacangan. 

Makanan yang Mengandung Nutrisi Vitamin C

Vitamin C termasuk nutrisi yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang dan gigi, serta membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Makanan yang mengandung nutrisi vitamin C di antaranya jeruk, stroberi, tomat, brokoli, mangga, pepaya, bunga kol, melon, jenis buah dan sayuran lainnya. 

Makanan yang Mengandung Nutrisi Vitamin A

Vitamin A berperan untuk menjaga kesehatan mata dan kulit anak. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini yang bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan, seperti wortel, brokoli, bayam, ubi jalar, labu, dan lainnya. 

Selain mengetahui dari jenis-jenis makanan di atas, ada baiknya Mums juga mengetahui lebih dalam tentang mitos dan fakta makanan yang mengandung nutrisi supaya tidak salah kaprah. Pasalnya, banyak lho mitos-mitos yang masih dilakukan kebanyakan Mums hingga saat ini.

Mitos dan Fakta Makanan yang Mengandung Nutrisi

Mungkin Mums masih sering mendengar mitos-mitos di bawah ini, ketahui faktanya supaya tidak salah dalam memberikan makanan bernutrisi untuk si kecil yuk!

Mitos: Hindari Telur Karena Mengandung Kolesterol Tinggi

Faktanya: Telur memiliki kandungan gizi yang baik untuk membantu tumbuh kembang anak lebih optimal lho, Mums. Telur memang mengandung kolesterol tinggi, namun kolesterol tersebut tidak selalu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, telur juga termasuk sumber protein hewani yang penting untuk tubuh sehingga anak-anak pun membutuhkan telur dalam masa pertumbuhannya. Menghindari telur sepenuhnya justru akan mengurangi nutrisi yang diperlukan si Kecil.

Mitos: Lemak Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Anak-anak

Faktanya: Lemak termasuk nutrisi penting dalam makanan anak. Adanya lemak dalam tubuh dapat memberikan energi serta membantu menyerap, mengangkut, dan menyimpan vitamin dalam tubuh. Namun, Mums juga perlu ingat bahwa mengonsumsi lemak secara berlebihan pun tidak baik ya, terutama lemak jenuh yang dapat meningkatkan berat badan hingga menyebabkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Untuk itu, Mums harus menyesuaikan asupan lemak dengan kebutuhan nutrisi harian si Kecil. 

Mitos: Buah Adalah Makanan Pengganti Sayuran

Faktanya: Buah dan sayuran merupakan makanan yang sama-sama penting untuk kesehatan tubuh anak. Di antara keduanya tidak bisa dijadikan pengganti, sebab masing-masing buah dan sayur mengandung nutrisi yang berbeda pula. Akan lebih baik jika Mums memberikan keseimbangan antara buah dan sayur dalam setiap menu makanan si kecil. Aturan ini juga sudah disebutkan dalam pedoman gizi seimbang dari Kementerian Kesehatan RI. Dengan mengonsumsi buah dan sayur yang seimbang, si kecil akan mendapatkan manfaat dari berbagai nutrisi penting dan fitonutrien.

Mitos: Makan Karbohidrat Menyebabkan Tubuh Tidak Sehat

Faktanya: Karbohidrat berperan sebagai sumber energi agar tubuh bisa beraktivitas sehari-hari. Dengan catatan, Mums perlu memberikan karbohidrat dalam porsi yang tepat, tidak kurang dan tidak lebih agar tubuh si kecil tetap sehat. Selain itu, tidak semua makanan yang mengandung karbohidrat menyebabkan efek buruk terhadap tubuh lho, Mums. Ada pula makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan, seperti beras merah, gandum, ubi, kentang, jagung, dan lainnya. 

Supaya si kecil mendapat asupan nutrisi seimbang, Mums juga bisa memberikan susu Friso Gold 3 sebagai pelengkap nutrisi untuk si kecil yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri untuk menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.