Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Opsi Menu MPASI 6 Bulan untuk si Kecil, Mana yang Mums Pilih?

4 Opsi Menu MPASI 6 Bulan untuk si Kecil, Mana yang Mums Pilih?

Menginjak usia si Kecil 6 bulan, sudah waktunya Mums mulai mengenalkannya pada berbagai jenis makanan lain selain ASI. Bukan untuk menggantikan ASI, namun menopang kebutuhan nutrisi harian agar ia dapat tumbuh dengan optimal. Tentu saja, menu MPASI 6 bulan tidak bisa langsung diberikan berupa makanan keras, namun secara bertahap dan harus mulai dari makanan bertekstur lunak.

MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu mulai dapat diberikan pada usia 6 bulan karena wajarnya pada usia ini si Kecil telah memiliki reflek yang baik pada bagian mulut dan lidahnya, organ pencernaan yang mulai kuat serta kebutuhan nutrisi yang tidak ada pada ASI seperti misalnya Zat Besi. Nah, tantangan terletak pada pemilihan MPASI untuk si Kecil agar ia tidak ‘menolak’ dan tidak memberatkan kerja organ pencernaannya.

Lalu adalah opsi makanan yang bisa diberikan? Untuk memberikan Mums ide dalam mengenalkan makanan selain ASI, berikut pilihan menu MPASI 6 bulan yang dapat Mums jadikan referensi.

Olahan Apel dengan Campuran Bubuk Kayu Manis

Apel? Bukankah buah ini memiliki tekstur yang cukup keras dan sulit untuk dimakan oleh anak-anak? Eits tunggu dulu Mums, apel yang dimaksud adalah apel yang sudah diolah. Jadi pertama-tama Mums dapat memasak apel selama dua hingga tiga menit dalam panci bertekanan tinggi agar apel lebih lunak. Selanjutnya, haluskan apel yang sudah dimasak dengan blender atau alat lainnya.

Langkah ketiga, saring apel tersebut dengan alat penyaring berlubang kecil sehingga hasil saringan akan memiliki tekstur halus. Untuk menambah cita rasa agar si Kecil lahap, tambahkan bubuk kayu manis sebagai pelengkap. Tekstur apel yang sudah dihaluskan dapat menjadi latihan yang baik untuk organ pencernaan si Kecil mulai dari mulut hingga organ dalamnya.

Menu MPASI 6 Bulan, Puree Jagung dan Bayam

Untuk orang dewasa mungkin jagung dan bayam akan sangat cocok jika dimasak menjadi sayur bayam yang segar dan kaya nutrisi. Namun sebagai menu MPASI 6 bulan, Mums dapat mengolahnya menjadi puree sehingga nutrisi dan manfaat baiknya dapat diperoleh pula oleh si Kecil. Bahan yang diperlukan cukup sederhana, satu buah jagung manis, beberapa belas lembar daun bayam dan air secukupnya/

Cara pengolahannya adalah dengan mencuci kedua bahan terlebih dahulu, kemudian direbus hingga matang. Serut jagung dan haluskan bersama dengan bayam yang sudah direbus matang. Haluskan hingga tidak ada serat atau tekstur kasar yang tersisa kemudian sajian ini sudah dapat dinikmati oleh si Kecil. Pastikan makanannya tidak terlalu panas ya Mums!

Nasi Tim Ikan Tuna yang Nikmat

Ingin mengenalkan si Kecil pada rasa ikan atau sejenisnya? Menu makanan yang satu ini bisa Mums coba. Mums hanya memerlukan satu ruas jari ikan tuna, segenggam beras putih, tiga iris bawang bombay, jahe, seledri dan air secukupnya. Cara membuatnya pun cukup sederhana.

Pertama, rebus air dan masak beras putih sambil diaduk hingga setengah lembek. Masukkan ikan tuna, bawang bombay yang sudah dicincang dan jahe secukupnya untuk mengurangi bau tajam pada ikan yang mungkin muncul. Setelah cukup tercampur, masukkan sedikit seledri untuk menambah cita rasa dan aroma dan aduk lagi hingga dirasa cukup kental. Nasi tim ikan tuna yang nikmat siap disantap oleh si Kecil.

Sup Krim Kentang, Menu MPASI 6 Bulan yang Mudah Dibuat

Terdengar rumit dan sulit dibuat? Tentu tidak. Mums hanya memerlukan lima kentang yang dihaluskan, sebonggol kecil jagung manis yang dihaluskan, setengah buah labu siam kecil dan 50 gram daging ayam beku yang dihaluskan. Lengkapi juga dengan kembang kol, daun bawang, seledri, setengah bawang bombay, satu siung bawah putih, satu sendok makan terigu. Setiap bahan yang disebutkan belakangan dicincang halus.

Kemudian siapkan juga satu sendok makan tepung terigu, 150 ml susu UHT plain, 100 ml kaldu dan satu sendok makan keju parut. Cara memasaknya sederhana, tumis bawang bombay dan bawah putih dengan unsalted butter hingga tercium aroma wangi. Kemudian masukkan daging ayam yang sudah dihaluskan hingga daging berubah warna. Selanjutnya tambahkan tepung terigu dan aduk cepat kemudian masukkan susu UHT dan aduk hingga tepung sedikit menggumpal. Masukkan kaldu, kentang dan labu siam dan aduk hingga susu dan kaldu menyusut. Selanjutnya masukkan jagung manis, daun bayam dan seledri dan masak hingga semua bahan matang.masukkan keju sesaat sebelum diangkat agar rasa keju dapat tetap terasa dan selesai. Sup krim kentang bisa dinikmati oleh si Kecil.

Memberikan menu MPASI 6 bulan untuk si Kecil memang sedikit tricky karena harus memilih bahan dan memasaknya dengan tepat. Nah untuk mendampingi MPASI yang diberikan, Mums juga dapat memberikan produk susu berkualitas. Salah satu pilihannya adalah produk dari Friso. Friso dengan teknologi Locknutri dapat menjaga kualitas alami susu, nutrisi yang dikandung susu sapi sebagai bahan dasar tetap dapat dipertahankan sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Berikan produk Friso sesuai dengan fase tumbuh kembangnya, dan optimalkan setiap fase tumbuh kembang si Kecil!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang