Lompat ke isi utama
4 Penyebab Paling Sering Sakit Perut Sekitar Pusar pada Anak

4 Penyebab Sakit Perut Sekitar Pusar pada Anak

Sakit perut sekitar pusar pada anak dapat diatasi dengan tepat jika Mums mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Yuk, kenali faktor pemicunya di sini

Sakit perut sekitar pusar menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak. Ada banyak faktor pemicu munculnya sakit perut sekitar pusar, salah satunya yaitu gangguan pencernaan. Meskipun kondisi ini umum terjadi, sebaiknya Mums tidak menyepelekan kondisi tersebut.

Sebab, sakit perut sekitar pusar tidak hanya mengganggu kenyamanan anak, tetapi juga bisa meningkatkan risiko komplikasi lain. Namun, Mums tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi sakit perut sekitar pusar pada anak.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, alangkah lebih baik jika Mums mengetahui dulu penyebab yang memicu munculnya sakit perut sekitar pusar pada anak. Dengan begitu, Mums bisa mengatasi kondisi tersebut sesuai dengan penyebab yang melatarbelakanginya. Mengidentifikasi penyebab secara mandiri di rumah memang bukan hal yang mudah. Yang bisa Mums lakukan adalah memberikan pertolongan pertama, dan tentu juga mengandalkan insting yang Mums miliki. 

Untuk itu, kita simak beberapa penyebab sakit perut sekitar pusar pada anak serta cara mengatasinya di rumah, yuk! 

Apa Penyebab Sakit Perut di Bagian Pusar?

Berikut ini beberapa penyebab sakit perut sekitar pusar pada anak yang umum terjadi, antara lain: 

  • Flu Perut

    Sakit perut sekitar pusar pada anak salah satu penyebabnya adalah bakteri, parasit atau virus yang dapat menyebabkan infeksi pada organ pencernaannya. Selain sakit perut sekitar pusar yang anak alami, flu perut juga bisa menunjukkan gejala lain seperti diare atau disentri. Untuk menanganinya sendiri Mums bisa membawanya ke dokter agar mendapat obat yang tepat sesuai diagnosa dokter.

    Flu perut sendiri akan berangsur membaik jika bakteri atau variabel pengganggu pada bagian perut si Kecil berkurang jumlahnya. Pengurangan jumlah bakteri ini akan membuat sakit yang dirasakan berkurang. 

    Cara mengatasi sakit perut sekitar pusar akibat flu perut:

    Untuk penanganan pertama, Mums bisa memberikan handuk hangat pada bagian perut si Kecil agar si Kecil merasa cukup nyaman dan bisa beristirahat.

  • Udara yang Terjebak

    Udara atau gas yang terjebak pada bagian perut si Kecil juga dapat menjadi penyebab si Kecil merasakan sakit pada bagian tersebut. Memang mungkin terdengar konyol, namun hal ini benar-benar menjadi penyebab yang paling sering muncul. Baik disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gas, atau karena pengeluaran gas yang terhambat ketika makan.

    Cara sederhana untuk mendeteksi keberadaan gas pada bagian perut si Kecil adalah dengan memencet pusarnya. Jika terdengar suara berongga, maka perut si Kecil benar memiliki kandungan gas yang cukup banyak. 

    Cara mengatasi sakit perut sekitar pusar akibat udara yang terjebak:

    Untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman, Mums bisa memberikan minyak kayu putih pada bagian perutnya agar gas tersebut bisa keluar. Atau mendorong si Kecil agar buang air besar sehingga gas bisa keluar melalui kentut.

    Baca Juga : Jenis, Gejala, dan Cara Pencegahan Diare pada Anak

  • Gangguan Pencernaan

    Tidak semua tubuh anak-anak bisa menerima segala jenis makanan. Ada kalanya si Kecil memiliki alergi tertentu karena kondisi organ pencernaannya tidak normal. Bukan dalam artian cacat, namun lebih kepada sensitif pada jenis makanan tertentu. Biasanya makanan bersifat asam menjadi makanan paling sering menyebabkan masalah pada sensitifitas organ pencernaan si Kecil.

    Cara mengatasi sakit perut sekitar pusar akibat gangguan pencernaan:

    Penanganan untuk hal ini paling tepat adalah dengan memeriksakan si Kecil ke dokter. Kelainan pencernaan juga bisa menyebabkan sakit perut sekitar pusar pada anak, oleh karenanya Mums perlu sangat cermat untuk menghadapi hal ini. Hal sederhana yang bisa Mums lakukan adalah dengan memberikan makanan dengan porsi yang tidak terlalu banyak, agar jika si Kecil sensitif pada makanan tertentu bisa lekas dideteksi dan tidak menyebabkan masalah lebih serius.

    Baca Juga : Kenalkan Keluarga Besar kepada si Kecil lewat Nyanyian

  • Usus Buntu

    Salah satu penyebab sakit perut sekitar pusar pada anak adalah usus buntu. Well, tidak benar benar di sekitar pusar, namun masih pada area tersebut. Ini merupakan salah satu gangguan yang cukup serius dan perlu penanganan serius dan profesional. Indikasi paling jelas adalah rasa sakit yang teramat pada bagian perut dan menyebabkan si Kecil rewel dan terus menangis.

    Cara mengatasi sakit perut sekitar pusar akibat usus buntu:

    Segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik. Jika ditangani secara cepat, Mums tidak perlu terlalu khawatir karena dokter bisa saja menyarankan untuk pengobatan tanpa operasi. Namun pada kasus tertentu, usus buntu biasanya diketahui setelah cukup parah dan perlu dilakukan operasi dengan segera. Untuk mencegahnya, Mums bisa menerapkan pola hidup sehat dan membiasakan si Kecil beraktivitas dengan intens secara fisik.

Keempat penyebab sakit perut sekitar pusar di atas hanya sebagian kecil saja yang paling umum dialami si Kecil. Ada pula penyebab sakit perut sekitar pusar lainnya yang perlu Mums ketahui, di antaranya diare, alergi, sembelit atau konstipasi, hernia, radang pankreas, dan lain sebagainya. 

Setiap penyebab tentu membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Oleh karena itu, pastikan Mums mengetahui penyebab sakit perut sekitar pusar secara teliti sehingga bisa melakukan pertolongan pertama dengan tepat. 

Selain yang telah disebutkan, ada beberapa cara lain yang bisa Mums lakukan sebagai langkah pertolongan pertama sakit perut sekitar pusar pada anak, salah satunya dengan memperbanyak minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya. Hal ini penting sebagai pertolongan pertama sakit perut sekitar pusar untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 

Untuk mencegah keluhan sakit perut sekitar pusar yang semakin parah, sebaiknya hindari memberikan anak jenis makanan dan minuman berikut ini:

  • Makanan yang digoreng dan berminyak
  • Makanan pedas
  • Minuman bersoda dan berkafein, seperti teh dan kopi
  • Buah yang memiliki rasa asam, seperti jeruk

Namun, jika Mums sudah melakukan cara di atas, tetapi sakit perut sekitar pusar anak tak kunjung membaik, atau bahkan muncul gejala lain, seperti demam tinggi, muncul benjolan di perut, dan perut sebelah kanan bawah terasa nyeri, maka segeralah bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apabila Mums tidak mengatasi kondisi tersebut, dikhawatirkan kesehatan anak akan terganggu dan meningkatkan risiko komplikasi lain.

Hal tersebut dikarenakan kesehatan sistem pencernaan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk selalu menjaga kesehatan pencernaan anak dengan tepat.

Salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan anak yaitu dengan memberikan ia asupan nutrisi berkualitas, seperti susu Friso Gold 4. Susu bubuk pertumbuhan ini mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan memiliki rasa yang enak.

Di dalam susu Friso Gold 4 diperkaya oleh probiotik dan prebiotik GOS yang perannya sama seperti serat untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Selain itu, susu Friso Gold 4 juga diproses dengan cara pengolahan satu kali (single process) sehingga nutrisi alami di dalamnya tidak rusak dan lebih mudah dicerna oleh anak.

Tak hanya itu lho Mums, susu Friso Gold 4 juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, seperti protein, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu agar membantu anak kuat dari dalam.