Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Penyebab Paling Sering Sakit Perut Sekitar Pusar pada Anak

4 Penyebab Paling Sering Sakit Perut Sekitar Pusar pada Anak

Setiap anak, sebelum menginjak usia 15 tahun, pasti pernah setidaknya satu kali ke dokter akibat masalah pada bagian perutnya. Meski mungkin tidak berbahaya, namun sakit perut pada anak memang merupakan masalah paling awam. Apalagi sakit perut sekitar pusar pada anak, merupakan salah satu gejala yang paling sering dialami. Menjadi penting untuk Mums, memahami penyebab dan pertolongan pertama yang bisa diberikan.

Meski tidak dapat secara pasti, sakit perut sekitar pusar pada anak merupakan salah satu indikasi yang bisa muncul akibat beberapa hal. Ada penyebab yang mungkin cenderung ringan dan tidak perlu terlalu Mums khawatirkan. Namun tentu ada pula penyebab yang serius sehingga perlu mendapatkan penanganan segera agar si Kecil terhindar dari masalah yang lebih besar.

Mengidentifikasi penyebab secara mandiri di rumah bukan hal yang mudah. Yang bisa Mums lakukan adalah memberikan pertolongan pertama, dan tentu juga mengandalkan insting yang Mums miliki. Beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan sakit perut sekitar pusar pada anak adalah sebagai berikut.

Flu Perut

Sakit perut pada si Kecil salah satu penyebabnya adalah bakteri, parasit atau virus yang dapat menyebabkan infeksi pada organ pencernaannya. Selain sakit perut yang si Kecil alami, flu perut juga bisa menunjukkan gejala lain seperti diare atau disentri. Untuk menanganinya sendiri Mums bisa membawanya ke dokter agar mendapat obat yang tepat sesuai diagnosa dokter.

Flu perut sendiri akan berangsur membaik jika bakteri atau variabel pengganggu pada bagian perut si Kecil berkurang jumlahnya. Pengurangan jumlah bakteri ini akan membuat sakit yang dirasakan berkurang. Untuk penanganan pertama, Mums bisa memberikan handuk hangat pada bagian perut si Kecil agar si Kecil merasa cukup nyaman dan bisa beristirahat.

Udara yang Terjebak

Udara atau gas yang terjebak pada bagian perut si Kecil juga dapat menjadi penyebab si Kecil merasakan sakit pada bagian tersebut. Memang mungkin terdengar konyol, namun hal ini benar-benar menjadi penyebab yang paling sering muncul. Baik disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gas, atau karena pengeluaran gas yang terhambat ketika makan.

Cara sederhana untuk mendeteksi keberadaan gas pada bagian perut si Kecil adalah dengan memencet pusarnya. Jika terdengar suara berongga, maka perut si Kecil benar memiliki kandungan gas yang cukup banyak. Untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman, Mums bisa memberikan minyak kayu putih pada bagian perutnya agar gas tersebut bisa keluar. Atau mendorong si Kecil agar buang air besar sehingga gas bisa keluar melalui kentut.

Kelainan Pencernaan

Tidak semua tubuh anak-anak bisa menerima segala jenis makanan. Ada kalanya si Kecil memiliki alergi tertentu karena kondisi organ pencernaannya tidak normal. Bukan dalam artian cacat, namun lebih kepada sensitif pada jenis makanan tertentu. Biasanya makanan bersifat asam menjadi makanan paling sering menyebabkan masalah pada sensitifitas organ pencernaan si Kecil.

Penanganan untuk hal ini paling tepat adalah dengan memeriksakan si Kecil ke dokter. Kelainan pencernaan juga bisa menyebabkan sakit perut sekitar pusar pada anak, oleh karenanya Mums perlu sangat cermat untuk menghadapi hal ini. Hal sederhana yang bisa Mums lakukan adalah dengan memberikan makanan dengan porsi yang tidak terlalu banyak, agar jika si Kecil sensitif pada makanan tertentu bisa lekas dideteksi dan tidak menyebabkan masalah lebih serius.

Usus Buntu

Salah satu penyebab sakit perut sekitar pusar pada anak adalah usus buntu. Well, tidak benar benar di sekitar pusar, namun masih pada area tersebut. Ini merupakan salah satu gangguan yang cukup serius dan perlu penanganan serius dan profesional. Indikasi paling jelas adalah rasa sakit yang teramat pada bagian perut dan menyebabkan si Kecil rewel dan terus menangis.

Jika ditangani secara cepat, Mums tidak perlu terlalu khawatir karena dokter bisa saja menyarankan untuk pengobatan tanpa operasi. Namun pada kasus tertentu, usus buntu biasanya diketahui setelah cukup parah dan perlu dilakukan operasi dengan segera. Untuk mencegahnya, Mums bisa menerapkan pola hidup sehat dan membiasakan si Kecil beraktivitas dengan intens secara fisik.

Keempat penyebab di atas hanya sebagian kecil saja yang paling umum dialami si Kecil. Pencegahannya sebenarnya tidak sulit, menerapkan pola hidup sehat dan memenuhi nutrisi harian sehingga tubuh si Kecil dapat membangun daya tahan tubuh kuat dan terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Untuk si Kecil dengan usia 3 hingga 6 tahun, Mums bisa memberikan nutrisi lengkap pada Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan terhindar dari gangguan pencernaan dan kesehatan. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso secara langsung yang berada di pojok kanan bawah.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang