Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Peran Orang Tua terhadap Anak, Pertumbuhan Fisik dan Mental

4 Peran Orang Tua terhadap Anak, Pertumbuhan Fisik dan Mental

Menilik peran orang tua terhadap anak, memang tidak bisa dipisahkan dari berbagai hal lain. Pola asuh, cara interaksi, kondisi lingkungan serta pola hidup yang diterapkan, semua memiliki kontribusi besar dalam optimalnya tumbuh kembang anak. Tumbuh kembang anak sendiri tidak dapat dilihat hanya sebatas pada fisik, namun juga dari faktor psikis serta mental si Kecil.

Kedekatan yang dimiliki oleh Mums dan si Kecil memang sudah secara alami terjalin sejak masa awal kehidupan si Kecil. Seiring berjalannya waktu, kedekatan ini akan memberikan pengaruh besar pada bagaimana si Kecil berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan sosial si Kecil bisa diasah sejak masa awal tumbuh kembangnya sehingga ketika tumbuh dewasa ia menjadi pribadi yang berkarakter dan lebih percaya diri.

Untuk menjelaskan empat poin yang disebutkan pada bagian awal tadi, akan diberikan sedikit uraian. Uraian ini nantinya dapat Mums gunakan sebagai acuan dalam melihat seberapa besar peran orang tua terhadap anak untuk berbagai sisi tumbuh kembangnya, baik secara fisik dan mental si Kecil.

Pola Asuh

Terdapat beberapa pola asuh yang banyak digunakan di Indonesia, mulai dari yang bersifat keras dan kaku hingga yang lebih luwes dan fleksibel. Tentu saja jika diterapkan secara tepat, setiap pola asuh akan memberikan manfaat yang maksimal. Namun demikian, pola asuh ini akan membentuk karakter si Kecil berbeda satu dengan yang lainnya.

Dengan pola asuh yang keras dan kaku misalnya, si Kecil cenderung memiliki kedisiplinan yang tinggi dan sifat patuh pada apa yang Mums katakan. Di lain sisi, dengan pola asuh fleksibel si Kecil akan menjadi pribadi yang mudah mengekspresikan apa yang dipikirkan dan dirasakannya. Ia juga akan menjadi seseorang dengan kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bergaul dengan mudah.

Pola asuh juga secara langsung akan mempengaruhi kedekatan yang terjalin. Dengan pola asuh ketat dan disiplin, Mums dan si Kecil akan memiliki hubungan cenderung satu arah yang sangat baik. Di sisi lain pola asuh fleksibel dapat memberikan interaksi yang lebih intens sehingga hubungan yang terjalin lebih bersifat hangat.

Cara Interaksi

Interaksi antara si kecil dan anggota keluarga yang ada di lingkungan pertamanya akan turut berpengaruh pada tumbuh kembang fisik dan mentalnya. Misalnya, si Kecil memiliki interaksi yang cukup baik dengan orang yang ada di sekitarnya. Sering bermain bersama, banyak berkomunikasi dan berinteraksi, hubungan dua arah yang terjadi secara berkelanjutan dapat merangsang kemampuan sosialnya sejak dini.

Lain halnya jika interaksi yang terjalin lebih bersifat satu arah. Dalam artian, si Kecil mendapatkan setiap hal yang diinginkannya hanya agar ia tidak rewel. Interaksi seperti ini akan memberikan si Kecil banyak waktu dengan dirinya sendiri dan dapat melatih imajinasinya. Namun demikian, yang lebih direkomendasikan adalah dengan memadukan keduanya sehingga si Kecil mendapat porsi yang tepat untuk setiap kebutuhannya. Waktu berinteraksi dengan orang lain serta waktu berimajinasi dengan dirinya sendiri.

Kondisi Lingkungan

Pada usia 1 hingga 3 tahun, lingkungan si Kecil cenderung hanya terbatas pada area dalam rumah dan sekitarnya saja. Kondisi lingkungan akan berpengaruh besar pada pembentukan karakter serta ikatan si Kecil dengan anggota keluarga lain. Sebisa mungkin, Mums sebaiknya bisa mengatur waktu untuk keluarga berinteraksi dan bermain bersama agar ikatan antar anggota keluarga dapat terjalin lebih baik.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak-anak dengan lingkungan keluarga yang memiliki interaksi intens dan hangat dapat lebih mudah tumbuh dan berkembang. Rasa nyaman yang ditimbulkan dari interaksi yang hangat dan penuh dukungan dari anggota keluarga lain memicu tubuh si Kecil memproduksi hormon yang membuatnya merasa tenang. Ketika secara mental si Kecil merasa nyaman, maka tubuhnya juga akan dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Pada saat yang bersamaan, kondisi psikis dan mentalnya akan sangat baik karena interaksi yang terjalin bersifat positif.

Pola Hidup Sehat

Yang tidak kalah penting pada peran orang tua terhadap anak adalah penerapan pola hidup sehat. Pola asuh yang baik, cara interaksi yang positif serta kondisi lingkungan yang hangat, sangat lebih baik jika dilengkapi dengan pola hidup sehat yang Mums terapkan untuk anggota keluarga, tidak hanya si Kecil. Pola hidup sehat dapat membantu setiap anggota keluarga menjaga kesehatan dan terhindar dari resiko terjangkit penyakit atau virus.

Pola hidup sehat sendiri beragam, mulai dari olahraga rutin, makanan yang sehat dan higienis dan lingkungan yang bersih. Setiap poin tersebut bisa menjadi media yang baik untuk meningkatkan kedekatan Mums dan si Kecil dengan anggota keluarga lain. Pola hidup sehat yang dilaksanakan secara kolektif dan bersama-sama dapat menjadi media interaksi yang sangat baik untuk tumbuh kembang dan menjalin kedekatan antar anggota keluarga.

Untuk membantu peran orang tua terhadap anak dari sisi pemenuhan nutrisi, Mums bisa memberikan Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan memiliki tubuh sehat. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resmi Friso dengan fitur live chat terkait nutrisi si Kecil.