Lompat ke isi utama
4 Permainan Jaman Dulu untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Si Kecil

4 Permainan Jaman Dulu untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Si Kecil

Jika melihat anak-anak jaman sekarang, tentu identik dengan gadget yang ada digenggamannya. Padahal jika dilihat dari segi manfaat, permainan jaman dulu juga tidak kalah jika dibandingkan dengan permainan yang ada di gadget. Jika permainan di gadget dapat merangsang kecerdasan dan ketangkasannya dalam merespon satu hal, permainan tradisional juga memiliki manfaat yang sama.

Tidak dapat dipungkiri memang ketika si Kecil bermain dengan gadget ia akan cenderung diam dan tenang. Tapi untuk jangka panjang hal ini dirasa kurang baik karena akan mengurangi interaksinya dengan orang lain dan teman sebaya. Padahal interaksi sosial semacam itu diperlukan untuk menyeimbangkan tumbuh kembang kecerdasan intelegensi, kecerdasan emosional serta perkembangan fisik.

Sebenarnya sangat banyak permainan tradisional yang mungkin Mums juga pernah mainkan, yang bisa diajarkan pada si Kecil. Malahan dengan mengajarkan permainan ini Mums juga akan mendapatkan quality time bersama si Kecil. Waktu intim berdua akan mendekatkan hubungan emosional Mums dan si Kecil, yang akan berdampak baik pada sisi psikologis si Kecil.

Berikut beberapa permainan jaman dulu yang bisa Mums mainkan bersama si Kecil. Sembari mengajarkan dan memberi stimulus pada si Kecil, Mums juga bisa bernostalgia lho!

Petak Umpet

Permainan ini sangat seru jika dimainkan beramai-ramai, baik bersama keluarga kecil Mums atau teman-teman si Kecil. Permainan cukup sederhana, satu orang bertugas mencari teman-temannya, sementara orang lain bersembunyi dan berupaya agar tidak ditemukan dalam durasi waktu tertentu. Ada beberapa hal yang dapat terlatih dengan bermain permainan ini.

Pertama yang akan terlatih adalah kepekaan si Kecil, baik ketika menjadi pencari atau menjadi pihak yang bersembunyi. Kemudian, pengenalan pada ruang yang ada di sekitarnya, artinya kemampuan spasial akan terlatih. Selain itu juga si Kecil akan dapat belajar mengenali karakter temannya, untuk memperkirakan dimana temannya bersembunyi.

Kelereng

Bermain kelereng, jika Mums merupakan generasi jaman old pasti mengetahui permainan ini. Ya, dengan menggunakan satu bola kaca, seorang ditugaskan untuk membidik bola milik lawannya. Ketika mengenai bola milik lawan, maka akan diberikan skor atau kemenangan. Jika si Kecil dapat melakukan permainan ini, terdapat beberapa aspek yang terlatih.

Pertama tentu koordinasi mata dan gerakan tangan. Ketika fokus untuk membidik sasaran, si Kecil juga akan berlatih untuk berkonsentrasi untuk mencapai tujuannya. Selain itu si Kecil juga akan terlatih kecerdasan spasial dengan memperkirakan seberapa luas ruang atau arena yang digunakan sehingga kelereng miliknya tidak keluar dari arena.

Layang-Layang

Bermain layang-layang selain menyenangkan juga dapat melatih keterampilan si Kecil dalam menaikkan layangan miliknya. Meski terlihat sederhana, untuk menaikkan layangan tidak sesederhana itu. Selain menaikkan layanan si Kecil juga dapat memberikan hiasan pada layangannya agar tampak indah dan menarik.

Hal yang dilatih dari permainan ini antara lain adalah koordinasi gerak fisik, baik tangan, kaki serta anggota tubuh lain, kemudian kepekaan terhadap seni ketika menghiasnya, serta sifat kompetitif ketika ia berlomba menaikkan dengan Mums atau teman sebayanya. Perlu latihan beberapa saat agar dapat menguasai permainan ini, sehingga si Kecil juga harus tekun dalam berlatih.

Congklak

Salah satu permainan yang melatih kesabaran, kemampuan memperkirakan serta sportifitas, congklak jadi salah satu permainan jaman dulu yang sangat bermanfaat untuk si Kecil. Tujuan utama adalah memindahkan biji yang ada pada setiap lubang di setiap sisi untuk masuk ke dalam ‘lumbung’ milik si Kecil secara bertahap dan bergantian.

Ketika bermain permainan ini, si Kecil akan belajar kesabaran, fokus, konsentrasi, melatih kemampuan estimasi jumlah dan kemampuan berhitung. Memang terlihat sederhana dan tidak sulit, namun segudang manfaat bisa si Kecil dapatkan ketika memainkan permainan ini. Pada waktu yang sama, Mums juga akan mendapatkan waktu berkualitas bersama si Kecil karena permainan ini melibatkan Mums dan si Kecil secara langsung.

See? Sekian banyak permainan jaman old yang ternyata masih relevan jika dimainkan bersama si Kecil pada era sekarang. Memang mungkin tampilannya akan kalah jauh dibandingkan dengan permainan yang ada di gadget. Namun dilihat dari sisi manfaat dan nilai yang terkandung di dalamnya, permainan jaman old masih memegang beberapa skor di depan permainan kekinian.

Permainan jaman dulu yang sangat banyak jenisnya tanpa disadari memiliki banyak manfaat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Mungkin ini mengapa Mums sebagai generasi pendahulu memiliki pola pikir yang baik serta memegang nilai positif yang ada pada permainan tersebut. Nah untuk si Kecil agar dapat menyerap nilai positif yang terkandung di dalam permainan jaman dulu, diperlukan juga asupan nutrisi yang baik. Untuk membantu memenuhi asupan nutrisinya, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan mempu menyerap nilai positif dari setiap permainan tradisional tersebut.