Lompat ke isi utama
4 Permainan outbound Anak sebagai Latihan untuk Fisiknya

4 Permainan Outbound Anak sebagai Latihan Fisiknya

Apa saja kegiatan outbound yang bermanfaat untuk si kecil? Mums bisa menemukan jawabannya berikut ini.

Tumbuh kembang si Kecil pada usia 3 hingga 6 tahun harus dioptimalkan. Selain karena menjadi masa yang tepat untuk memberi stimulus dan dorongan penuh, fase ini juga akan menjadi dasar untuk si Kecil dalam mengembangkan koordinasi fisiknya. Kegiatan halang rintang seperti permainan outbound anak bisa jadi pilihan yang tepat untuk sarana berlatih, Mums.
Kegiatan outbound sendiri biasanya adalah satu rangkaian kegiatan yang dimaksudkan untuk dilalui dengan mengandalkan kekuatan fisik dan ketangkasan. Berbagai halang rintang disusun sedemikian rupa, sehingga memberikan tantangan untuk si Kecil dalam melewatinya. Selain menguji kekuatan fisik si Kecil, halang rintang ini juga akan melatih koordinasi dan kemampuan motoriknya.
Secara langsung, latihan atau stimulus yang diberikan berfokus pada bagian fisik si Kecil. Mendaki tanjakan, melewati jembatan dengan seutas tali, flying fox, dan berbagai macam permainan lainnya bisa dicoba dan menjadi sarana berlatih yang baik untuk si Kecil. Mums tidak perlu khawatir pada keselamatannya, sebab idealnya outbound memiliki standar ketat untuk bagian keamanan.
Lalu apa saja kegiatan outbound yang bermanfaat untuk si Kecil? Jika Mums bertanya-tanya, Mums bisa menemukan jawabannya pada bagian berikut ini.

Baca Juga : Cookies sampai Selai Kacang, Ini 5 Jajanan Sehat untuk si Kecil!

Meniti Jembatan Tali

Kegiatan outbound yang satu ini menjadi latihan yang sangat baik untuk keseimbangan dan kekuatan genggaman tangannya. Selain itu, koordinasi gerak tubuh juga akan diuji untuk melewati rintangan yang satu ini. Akan terdapat satu jembatan yang membentang dari satu titik ke titik lain dan terbuat dari rangkaian tali. Si Kecil kemudian harus melewati jembatan tersebut untuk melangkah ke tahap selanjutnya.
Mums bisa memastikan setiap peralatan penunjang keselamatan terpasang dengan baik pada si Kecil. Sisanya, berikan dukungan dan support penuh pada si Kecil dari kejauhan. Selain fisik si Kecil juga akan terasah kekuatan mentalnya ketika menghadapi tantangan ini.

Flying Fox

Meluncur pada seutas tali baja yang dibentangkan dari ketinggian, terdengar cukup ekstrim ya Mums? Tapi jangan cemas, halang rintang yang satu ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan sudah pasti diawasi oleh profesional di bidangnya. Berbagai peralatan dipasangkan pada si Kecil sehingga keselamatannya terjamin.
Yang dilatih dari permainan ini adalah keberanian si Kecil dan kemampuannya melawan rasa panik. Aliran adrenalin yang deras ketika si Kecil melalui halangan ini akan menguji sejauh mana si Kecil mampu mengatasi rasa takut dan menjadi seorang yang pemberani. Jangan lupa berikan semangat agar si Kecil tidak takut. Hal penting dalam permainan ini adalah untuk memberikan si Kecil pengertian bahwa permainan flying fox tidak berbahaya dan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Baca Juga : 4 Poin Membangun Komunikasi Efektif dengan Anak | Friso

Mendaki Tanjakan

Halang rintang yang satu ini akan bermanfaat untuk melatih kekuatan tubuh bagian bawah si Kecil. Melewati tanjakan yang cenderung curam untuk ukuran anak-anak dapat mendorong si Kecil mengeluarkan kekuatan tubuh bagian bawahnya. Selain itu, diperlukan keseimbangan yang baik agar si Kecil tidak jatuh ke belakang ketika menaiki tanjakan tersebut.
Halang rintang yang satu ini cukup aman dan tidak terlalu ekstrim. Hanya saja, berikan arahan pada si Kecil untuk mencondongkan tubuhnya sedikit ke depan sehingga resiko jatuh ke belakang bisa dikurangi dan ia dapat menyelesaikan tantangan tersebut dengan baik.

Baca Juga : Makanan Berserat Tinggi untuk si Kecil, Ini 6 Rekomendasinya

Melalui Tembok Tali

Permainan yang satu ini bisa dilakukan untuk merangsang gerak tubuh si Kecil dan koordinasi tubuhnya. Tembok tali yang tersedia nantinya harus dipanjat dan dilalui. Tenang Mums, ukuran tembok yang diberikan tentu sudah disesuaikan dengan ukurang si Kecil sehingga resiko terjadinya cedera akibat terjatuh dapat diminimalisir.
Untuk melewati permainan ini, diperlukan kekuatan dan koordinasi tubuh bagian atas dan bawah. Secara bersamaan, si Kecil perlu menggunakan kekuatan tangan, punggung serta kakinya agar dapat memanjat tembok tali yang ada di hadapannya.

Berbagai permainan tersebut hanya sedikit contoh dari permainan dan halang rintang yang ada. Permainan outbound anak sendiri memiliki standar ukuran yang berbeda dengan permainan outbound normal. Jika pada ukuran orang dewasa tujuannya biasanya adalah melatih kekompakan, pada anak-anak outbound digunakan untuk merangsang pertumbuhan fisik.
Sebagai bekal, berikan si Kecil makanan yang banyak mengandung Protein, Karbohidrat, Kalsium serta Lemak. Nutrisi ini akan memberikannya cukup tenaga untuk menyelesaikan halang rintang yang akan dihadapinya sehingga si Kecil tidak mudah lelah.

Baca Juga : Mengatasi Diare Pada Si Kecil

Selain itu, untuk nutrisi penting lain seperti vitamin dan Zat Besi, Mums bisa berikan Friso Gold 4. Kualitas protein di dalam susu Friso Gold 4 selalu terjaga kealamiannya karena teknologi Locknutri yang ada, sehingga mudah diserap oleh tubuh dan membantu si Kecil kuat dari dalam. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) terkait nutrisi si Kecil, melalui fitur live chat pada situs resmi Friso yang berada di pojok kanan bawah.