Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Poin Penting dalam Pemberian MPASI Pertama

4 Poin Penting dalam Pemberian MPASI Pertama

Secara bertahap si Kecil mengalami tumbuh kembang yang sangat signifikan pada beberapa bulan pertama kehidupannya. Hal ini paling nampak dari perkembangan organ cerna, yang hanya dalam tempo 6 bulan sudah mampu mengkonsumsi MPASI pertama. Namun demikian, yang harus Mums perhatikan adalah pemilihan memberikan MPASI ini, agar organ pencernaan yang baru dalam masa pertumbuhan tidak menanggung beban terlalu berat.

ASI eksklusif memang tetap jadi prioritas untuk memberikan asupan nutrisi dan tenaga untuk si Kecil. Namun setelah usianya 6 bulan, si Kecil sudah bisa dikenalkan pada makanan pendamping ASI atau MPASI, dengan tekstur yang lembut. Lambat laun MPASI pertama akan berlanjut pada tahapan berikutnya.

Dalam memberikan MPASI pertama Mums juga wajib mempertimbangkan beberapa hal berikut ini, agar pemberian makanan pendamping ASI bisa berjalan lancar.

Pertama, Apakah si Kecil Sudah Siap?

Pertama, Apakah si Kecil Sudah Siap?

Kesiapan si Kecil dalam menerima MPASI pertama jadi hal krusial, sebab ini akan berdampak langsung pada proses pencernaannya. Idealnya, usia pengenalan MPASI tahap awal adalah 6 bulan, atau ketika Mums sudah melihat beberapa tanda kesiapan dari si Kecil.

Misalnya, si Kecil suka memasukkan tangan, jari, atau mainan ke dalam mulut ketika sedang beraktivitas. Ini menandakan bahwa otot rahang si Kecil mulai dapat bekerja dengan baik. Selanjutnya, ketika Mums melihat ia sudah bisa duduk dengan tegak (tentu dengan penyangga atau sandaran). Ketiga, ketika si Kecil menunjukkan ketertarikan pada makanan dengan mencoba meraih sendok ketika ada orang di sekitarnya sedang makan.

Tanda-tanda tersebut mungkin terdengar cukup sederhana, namun ketika Mums sudah dapat melihat hal tersebut pada si Kecil, maka Mums bisa mencoba memberikan MPASI pertama pada si Kecil.

Kedua, Pemilihan Jenis MPASI Pertama

Kedua, Pemilihan Jenis MPASI Pertama

Memberikan MPASI idealnya memiliki dua tujuan, yakni merangsang kemampuan pencernaan si Kecil dan memberikan asupan nutrisi tambahan di luar nutrisi yang terkandung di dalam ASI. Dalam kedua hal tersebut, pemilihan jenis makanan yang diberikan juga tak boleh disepelekan.

Syarat utama MPASI adalah tekstur yang lembut, tidak keras, dan mudah dicerna oleh si Kecil. Misalnya saja, bubur khusus bayi, rebusan sayur atau buah yang sudah benar-benar lunak, kemudian makanan dengan tekstur agak keras yang mudah digenggam si Kecil, dan terakhir makanan-makanan yang lebih padat ketika usianya sudah bertambah beberapa bulan.

Makanan yang diberikan tak hanya harus lembut namun juga wajib memiliki kandungan nutrisi seimbang. Jadi, selain dapat melatih kerja organ pencernaan Mums juga dapat memberikan asupan nutrisi tambahan di luar ASI, agar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi.

Lalu Berapa Kali dalam Sehari MPASI Diberikan?

Lalu Berapa Kali dalam Sehari MPASI Diberikan?

Untuk intensitasnya sendiri, bisa menyesuaikan nafsu makan dan kapasitas si Kecil. Idealnya, Mums dapat memberikan MPASI tahap awal sebanyak 1 kali dalam sehari sebagai selingan asupan ASI yang Mums berikan. Intensitasnya akan meningkat seiring bertambahnya usia si Kecil.

Pada usia 9 bulan, si Kecil sudah bisa diberikan sebanyak 3 porsi MPASI setiap harinya, dan pada usia 12 bulan ia sudah bisa mengkonsumsi MPASI sebanyak 4 kali dalam satu hari. Hal ini, sekali lagi ditekankan, juga mempertimbangkan nafsu makan dan antusiasme si Kecil ketika mengkonsumsi MPASI. Jika si Kecil memang terlihat menikmati, Mums bisa memberikannya pada porsi yang disarankan.

Pada tahap awal porsi yang direkomendasikan adalah 2 sampai 3 sendok makan. Hal ini mepertimbangkan ukuran lambung si Kecil dan kemampuan organ pencernaannya yang belum benar-benar bisa bekerja optimal. Porsinya sendiri juga akan meningkat seiring pertambahan usia si Kecil secara bertahap.

Tetap Jaga Kualitas ASI

Tetap Jaga Kualitas ASI

Meski ketika si Kecil berusia 6 bulan ke atas ia sudah dapat dikenalkan pada MPASI pertama, namun ini tidak berarti Mums bisa mengabaikan kualitas ASI yang Mums berikan. Bagaimanapun juga, ASI adalah asupan terbaik untuk si Kecil, baik dari segi kalori ataupun nutrisi.

Cara menjaga kualitas ASI sebenarnya bukan hal yang sulit, Mums cukup menjaga pola hidup sehat yang sudah dilakukan, konsumsi makanan bernutrisi, istirahat yang cukup, dan jauhkan diri dari sumber stres. Ketika tubuh dan mental Mums sehat, maka ASI yang diproduksi juga idealnya akan berkualitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Baca Juga : 5 Cara Alami Memperbanyak ASI, Apa Saja ya Mums?

Memberikan MPASI pertama pada si Kecil direkomendasikan agar si Kecil mampu berlatih menggunakan organ pencernaannya dengan baik. Kekuatan otot rahang, kemampuan usus dan lambung dalam mencerna dan menyerap nutrisi, dan lain sebagainya. Untuk Mums sendiri, sebenarnya menjaga kualitas ASI bisa didukung dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Selain konsumsi makanan bergizi dan higienis, Mums juga dapat menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ pada menu harian. Nutrisi yang terkandung di dalamnya lengkap, dan baik untuk menunjang pemenuhan nutrisi yang Mums perlukan. Semoga poin dalam artikel ini bermanfaat, dan selalu berikan yang terbaik di setiap fase tumbuh kembang si Kecil!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang