Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Poin Penting Penggunaan Teether Bayi, Jangan Kelewatan!

4 Poin Penting Penggunaan Teether Bayi, Jangan Kelewatan!

Pernahkah Mums mendengar istilah teether bayi? Secara lebih umum, mungkin barang ini dikenal dengan sebutan empeng atau kempeng, yang biasa digunakan sebagai alat latihan menggigit untuk bayi. Meski terlihat seperti alat sederhana, Mums tetap harus memahami bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan lho. Tapi memangnya kenapa hal-hal ini perlu diperhatikan? Apa saja hal-hal tersebut?

Memasuki usia 6 bulan, biasanya gusi si Kecil akan mulai terasa gatal. Ini sebabnya ia mulai sering memasukkan berbagai benda ke dalam mulut untuk sekedar ‘dikunyah’. Hal ini dikarenakan otot bagian mulut mulai berkembang, bersamaan dengan munculnya gigi susu pertama pada bayi. Ini mengapa kemudian memberikan teether atau empeng bisa jadi benda yang berguna untuk si Kecil.

Nah, beberapa hal yang perlu Mums perhatikan ketika memberikan teether bayi adalah sebagai berikut.

Sebelum Membeli, Pastikan 3 Hal Berikut

4 Poin Penting Penggunaan Teether Bayi, Jangan Kelewatan!

Ketika si Kecil mulai aktif menggigit, disarankan agar Mums segera membeli teether sebagai media gigit yang ideal. Daripada ia menggigit dan memasukan berbagai jenis benda, akan lebih aman jika ia hanya menggigit teether yang memang diperuntukkan untuk hal tersebut.

Ada 3 hal sederhana yang harus diperhatikan.

Pertama, pastikan Mums membeli beberapa teether bayi untuk menghindari efek bosan. Beberapa teether memiliki fungsi spesifiknya masing-masing, dan disarankan untuk merangsang otot yang berbeda.

Kedua, pastikan teether yang dibeli adalah BPA free. BPA atau Bisphenol-A merupakan bahan kimia yang terkandung dalam plastik dan berbahaya bagi hormon tubuh si Kecil. Produk yang BPA free akan memiliki label jelas pada kemasannya.

Ketiga, isi dan empengan yang dibeli. Biasanya teether akan diisi dengan dua jenis bahan berbeda, ada yang berisi gel atau berisi air. Empeng yang berisi gel akan memberikan efek dingin yang nyaman ketika digigit, dan lebih direkomendasikan. Pastikan juga plastik atau bahan dari teether kuat dan tidak mudah rusak.

Selalu dalam Pengawasan Mums

4 Poin Penting Penggunaan Teether Bayi, Jangan Kelewatan!

Ketika memberikan si Kecil teether, ada baiknya untuk selalu mengawasi si Kecil. Bukan apa-apa, hanya saja karena si Kecil juga belum memiliki kontrol penuh pada gerakan tangan, jari, dan kekuatannya, maka mungkin saja si Kecil menjatuhkan benda tersebut. Tentu akan sangat berbahaya jika teether kotor dan kembali dimasukkan ke dalam mulut untuk digigit bukan?

Nah, pengawasan yang dimaksud ditujukan agar Mums bisa selalu memastikan higienitas dari teether bayi yang diberikan. Jadi ketika jatuh, Mums bisa menggantinya dengan teether lain dan segera mencuci bersih yang terjatuh tadi. Pastikan juga si Kecil menggigit dengan benar ya, agar saraf dan otot bagian mulutnya benar-benar bisa mendapatkan rangsangan yang optimal.

Rekomendasi Durasi Pemakaian Teether Bayi

4 Poin Penting Penggunaan Teether Bayi, Jangan Kelewatan!

Ketika gusi si Kecil terasa gatal dan ia mulai menggigit teether, maka si Kecil akan merasa lebih baik. Sensasi kurang nyaman ini muncul karena berbagai hal, salah satunya karena tumbuh gigi susu. Namun meski memberikan sensasi nyaman, teether tidak direkomendasikan untuk digunakan terlalu lama dalam sekali pemakaian.

Untuk menjaga higienitas dan kebersihan dari teether, maka durasi yang direkomendasikan untuk sekali pemakaian adalah antara 10 sampai 15 menit. Setelah itu bersihkan teether dan biarkan si Kecil beristirahat sejenak. Setelah beristirahat beberapa saat, Mums bisa memberikan teether kembali untuk latihan otot rahang si Kecil.

Penyimpanan Teether

Karena secara langsung akan digigit dan masuk ke dalam mulut si Kecil, maka selain kebersihan dan higienitas dari teether bayi Mums juga wajib memperhatikan penyimpanannya.

Ketika tidak digunakan, teether wajib disimpan di tempat yang kering dan tertutup, serta pastikan tempat penyimpanannya tertutup rapat. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir menempelnya bakteri atau kuman yang bisa mengganggu kesehatan si Kecil. Mums bisa menyimpannya di dalam container atau memasukkannya ke lemari pendingin.

Satu hal lagi, upayakan membersihkan teether menggunakan deterjen dengan food grade atau sejenisnya agar kuman yang menempel benar-benar mati dan hilang. Hindari pencucian menggunakan sabun karena dapat meninggalkan aroma yang kurang sedap dan mengganggu si Kecil.

Baca Juga : Latih Koordinasi Tangan & Mata Anak 1 Tahun dengan Cara Ini

Memberikan teether pada si Kecil bisa membawa banyak manfaat untuk perkembangan otot rahang dan mulutnya. Gerakan menggigit dan mengunyah yang dilakukan si Kecil secara rutin bisa memperkuat otot bagian mulut serta membuat koordinasi gerakan rahang dan lidah menjadi semakin baik. Tumbuh kembang tak sekedar mengenai gerakan anggota tubuh besar bukan Mums?

Nah, teether bayi yang diberikan serta sedikit penjelasan di atas semoga bisa membawa manfaat optimal untuk si Kecil. Tentu agar bisa menyerap rangsangan dengan baik, si Kecil memerlukan suplai nutrisi yang cukup setiap harinya. Untuk usia 0 sampai 1 tahun, ASI adalah asupan terbaik, di samping pemberian MPASI jika ia sudah mampu mencerna makanan lunak. Untuk Mums, jangan lupa makan makanan bernutrisi dan tambahkan Frisomum Gold Dualcare+ guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian ya!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang