Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Posisi Yoga untuk Ringankan Masalah Kehamilan

4 Posisi Yoga untuk Ringankan Masalah Kehamilan

Tidak bisa dipungkiri, trimester pertama kehamilan selalu penuhdengan tantangan. Ya, perubahan hormonal Mum di trimester pertama ini kerapkali menyebabkanperubahan fisik dan psikis. 

Hal itulah yang membuat Mum jadi mudah lelah dancenderung moody. Untukmengatasinya, berlibur sembari melakukan prenatal yoga di alam terbuka bisamenjadi solusi untuk mengembalikan goodmood serta memperkuat fisik Mum di awalkehamilan ini. Yuk, kita lihat caranya!

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Sebelum merencanakan aktivitas yoga, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Mum.Selain itu, lakukanlah kegiatan ini dengan instruktur prenatal yoga yang tentu paham tentang usia kehamilan.

  2. Posisi Kupu-Kupu

    Posisi Kupu-Kupu

    Pertama-tama, duduk dengan kedua telapak kaki yang bersentuhan satu sama lain. Genggam jari-jari kaki dengan kedua tangan Mum. Setelah itu,gerakkan kedua lutut ke atas dan ke bawah seperti kupu-kupu yang sedang terbang. Tekuk tubuh Mum ke arah depan, lalu kembali duduk. Posisi menyerupai kupu-kupu ini bermanfaat untuk melatih sendi panggul agar memudahkan pembukaan saat proses persalinan nanti.

  3. Poisisi Pohon

    Posisi Pohon

    Posisi yang satu ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh, mengencangkan otot, serta meringankan persendian. Pertama-tama, berdirilah dengan kedua kaki rapat dan tubuh yang tegak sembari merapatkan kedua telapak tangan di depan dada. Geser telapak kaki kanan Mum ke atas secara perlahan hingga menyentuh kaki kiri. Kemudian, angkat dan luruskan kedua tangan ke atas kepala. Tahan posisi ini jika Mum sudah merasa fokus dan seimbang.

  4. Posisi Teratai Dan Setengah Teratai

    Posisi Teratai dan Setengah Teratai

    Jika sudah duduk bersila pada posisi yang nyaman, tekuk salah satu kaki dan letakkan telapak kaki di bawah paha. Kemudian, tekuk salah satu kaki dan letakkan kaki tersebut di atas kaki lainnya. Itulah yang disebut sebagai posisi Setengah Teratai. Sedangkan, posisi Teratai Penuh terjadi ketika kedua kaki berada di atas paha kaki lainnya. Kedua posisi tersebut berguna untuk melatih saraf yang melewati daerah panggul dan saraf tulang ekor.

  5. Posisi Anak

    Posisi Anak

    Posisi ini dilakukan dengan cara berlutut dan duduk di atas tumit, serta kedua tangan berada di sisi tubuh. Kemudian, membungkuklah ke depan sambil mengeluarkan napas dan letakkan dada pada kedua lutut Mum. Sesudahnya, posisikan kedua lengan sejajar dengan tubuh sambil menempelkan dahi Mum ke matras. Posisi ini bermanfaat untuk melatih pernapasan Mum saat kontraksi.

Info Pendukung Aktivitas

Lakukan yoga prenatal 1 jam setelah makan ringan atau 2 jam setelah makan berat. Jika tiba-tiba merasa mual, hentikan aktivitas yoga ini sejenak. Atur pernapasan dengan baik dan minum air putih secukupnya. Tunggu sekitar 5 menit, coba lanjutkannya lagi. Jika masih merasa pusing, sebaiknya hentikan olahraga ini.

Saat yoga nanti, ajak juga Dad atau kerabat lainnya untuk menemani Mum. Minta mereka mengabadkan momen menarik ini, ya. Setelah itu, share foto dan videonya ke FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments sebagai inspirasi untuk Mums lainnya.

Manfaat Bagi Mum

Melakukan prenatal yoga secara teratur selama kehamilan terbukti dapat meningkatkan stamina dan keseimbangan. Prenatal yoga juga terbukti bisa mengurangi berbagai keluhan di masa kehamilan, serta memperlancar pencernaan dan sistem sirkulasi tubuh Mum. Baiknya lagi, udara segar yang dihirup Mum di alam terbuka dapat menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres.

Manfaat Bagi Si Kecil

Udara segar yang dihirup di alam terbuka tidak hanya berpengaruh bagi Mum, tapi juga si Kecil yang otak dan sarafnya sedang dalam proses pembentukan. Pasalnya ,berolahraga di alam terbuka bisa membuat Mum memperoleh oksigen dan Vitamin D yang baik bagi janin. Asupan Vitamin D yang cukup dapat meminimalisir kemungkinan si Kecil terkena alergi dan asma ketika lahir nanti.

Info Kesehatan

Morningsickness sangat umum terjadi di masa awal kehamilan.Untuk menguranginya, Mum perlu asupan yang tidak hanya bisa mencukupi nutrisi untuk Mum dan si Kecil tapi juga sesuai dengan selera lidah Mum. Beberapa jenis camilan seperti pisang dan kacang almond bisa dijadikan pilihan. Tidak hanya enak di lidah, makanan tersebut juga dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh Mum.

Pastikan pula Mum tetap rutin meminum susu khusus ibu hamil setiap harinya. Frisomum Gold difromulasikan secara khusus dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Asam Folat, Kalsium, dan Zat Besi untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi Mum serta memberikan pondasi yang baik untuk perkembangan si Kecil di dalam kandungan. Kualitas nutrisinya tetap terjaga serta mudah diserap tubuh karena diproses dengan sistem Single Process yang memastikan susu tidak melalui proses berlebih sehingga manfaat nutrisinya pun dirasakan secara optimal.