Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Rekomendasi Bekal Anak Sekolah Ekonomis

4 Rekomendasi Bekal Anak Sekolah Ekonomis

Memberikan makanan bernutrisi untuk si Kecil adalah hal yang mutlak. Nutrisi tersebut akan diperlukan dalam masa tumbuh kembang, jadi secara rutin harus diberikan setiap hari. Tentu saja, ketika si Kecil berangkat sekolah di era new normal, sangat disarankan memberikan bekal anak sekolah agar asupan nutrisinya dapat dipastikan. Lagipula, daripada si Kecil mengkonsumsi makanan di luar yang tak jelas higienitasnya, lebih baik membawa sendiri dari rumah bukan?

Sebenarnya mungkin banyak sekali ide bekal anak sekolah yang bisa diberikan pada si Kecil. Namun hal yang paling penting adalah bekal tersebut harus tetap bernutrisi, higienis, dan rasanya enak. Tidak harus selalu mahal dan fancy, beberapa bekal anak sekolah dengan harga terjangkau juga bisa memenuhi asupan nutrisi hariannya.

Nah untuk memberikan ide dan referensi bekal anak sekolah dengan harga terjangkau gun menyambut new normal, Mums bisa lihat daftar di bawah ini.

Nasi Goreng Keju + Scramble Eggs

4 Rekomendasi Bekal Anak Sekolah Ekonomis

Menu pertama yang disarankan untuk bekal anak sekolah adalah nasi goreng keju dengan tambahan scramble eggs. Mengapa menu ini disarankan? Pertama tentu cara pembuatan yang mudah serta tidak memakan banyak waktu. Mums dapat memberikan menu ini meski si Kecil sebentar lagi sudah masuk sekolah.

Rasa nasi goreng buatan Mums tentu sudah spesial untuk si Kecil. Dibuat dengan penuh kasih dan rasa sayang, setiap bumbu yang dimasukkan dijamin akan membuat si Kecil ketagihan. Nasi goreng juga mengandung cukup Karbohidrat untuk mengisi tenaganya di siang hari nanti. Tambahkan parutan keju untuk menambah kadar protein, serta scramble egg untuk nutrisi lain yang diperlukan si Kecil.

Nugget Isi Bayam, Nikmat dan Bernutrisi

4 Rekomendasi Bekal Anak Sekolah Ekonomis

Terdengar aneh? Namun nyatanya makanan ini memiliki rasa yang nikmat dan nutrisi yang cukup banyak. Tentu saja, biaya yang harus Mums keluarkan tidak akan terlalu besar sehingga bisa jadi opsi bekal anak sekolah di masa new normal. Masakan ini memerlukan nugget, bayam hijau, bawang putih, garam, lada, dan minyak goreng.

Pertama tumis bawang putih yang sudah disediakan dengan minyak. Selanjutnya, masukkan bayam, garam secukupnya, dan lada secukupnya, biarkan hingga matang. Setelah itu Mums bisa menggoreng nugget, untuk kemudian dibelah bagian tengahnya dan diberikan isian bayam tadi. Selain rasanya enak, si Kecil juga akan mendapat nutrisi dari daging (bahan nugget) dan bayam yang tadi di masak. Simple bukan?

Telur Gulung Nasi Isi Sosis

4 Rekomendasi Bekal Anak Sekolah Ekonomis

Bukan, konsepnya tidak sama dengan jajanan telur gulung yang dijajakan di pinggir jalan. Di sini Mums akan membuat gulungan nasi dengan telur dadar sebagai kulitnya, dan nasi + sosis sebagai isiannya. Bahannya tentu adala sosis, telur, garam, dan nasi. Cara membuatnya cukup sederhana dan bisa segera Mums coba.

Pertama dadar telur dan lebarkan hingga menutupi permukaan wajan, biarkan hingga matang. Selanjutnya letakkan nasi di atas telur dadar dan ratakan hingga menutupi permukaan telur dadar. Tambahkan sosis yang sudah dimasak sebelumnya, lalu gulung telur dan nasi mengelilingi sosis. Tampilannya akan seperti sushi roll, karena gulungan ini akan dipotong sesuai ketebalan yang Mums inginkan untuk si Kecil.

Waffle Topping Favorit

4 Rekomendasi Bekal Anak Sekolah Ekonomis

Menu keempat sebagai ide bekal makan anak adalah waffle. Makanan ini dinilai cukup mudah dibuat dan tidak akan memakan banyak pengeluaran. Mums hanya perlu tepung, telur, baking powder, garam, gula pasir, margarin, dan susu full cream. Menu ini bahkan bisa dibuat dengan alokasi budget kurang dari Rp.30.000 saja.

Pertama Mums harus mengocok telur, gula, garam, dan baking powder hingga merata. Dalam prosesnya, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga habis serta margarin. Aduk perlahan hingga adonan rata. Selanjutnya, siapkan cetakan waffle yang Mums miliki. Setelah cukup panas, masukkan adonan tadi dan panggang hingga matang. Sebenarnya waffle disarankan sebagai bekal anak sekolah karena bisa ditambahkan topping sesuai selera. Tentu dalam hal ini topping yang diberikan lebih baik berupa buah, karena selain akan menjadi sumber energi yang baik waffle buatan Mums juga akan memberikan asupan nutrisi dari buah yang dijadikan topping.

Baca Juga : Makanan Berserat Tinggi untuk si Kecil, Ini 6 Rekomendasinya

Nah itu tadi 4 menu rekomendasi bekal anak sekolah yang bisa Mums buat. Cukup sederhana dan terjangkau bukan Mums? Tentu menu di atas sifatnya hanya menu dasar saja, Mums dapat mengembangkan menu tersebut dengan menyesuaikannya dengan selera si Kecil. Semakin si Kecil menyukai masakan Mums, maka semakin mudah mengkreasikan makanan yang dibuat.

Rekomendasi bekal anak sekolah di atas harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil di era new normal ini. Selain agar dapat tumbuh dengan optimal, juga agar si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tak mudah terserang virus. Untuk melengkapi nutrisi harian yang diberikan, Mums dapat memberikan Friso Gold 4. Susu yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga baik diberikan untuk si Kecil untuk menunjang pemenuhan nutrisi harian. Friso dengan teknologi Locknutri, mampu menjaga kualitas alami nutrisi sehingga akan lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.