Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Kreatif, Mums Harus Mencobanya!

4 Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Kreatif, Mums Harus Mencobanya!

Fase tumbuh kembang si Kecil merupakan fase yang tidak akan terulang sepanjang hidupnya. Ini mengapa, fase ini harus dimaksimalkan dengan berbagai cara agar tumbuh kembang di awal kehidupannya bisa berlangsung optimal. Berbagai stimulasi tumbuh kembang anak bisa Mums berikan, mulai dari berupa permainan di dalam rumah atau di luar rumah.

Pertumbuhan dan perkembangan fisik dan otak anak, mengalami proses yang sangat signifikan pada masa awal hidupnya. Masa ini harus Mums manfaatkan semaksimal mungkin agar si Kecil memiliki modal yang cukup untuk menjalani kehidupannya kedepan.

Tidak sedikit yang menyarankan memberikan stimulasi kecerdasan dengan intens, kemudian baru stimulasi gerakan. Namun bagaimana jika hal ini dilakukan bersamaan? Well, tidak secara harafiah bersamaan karena si Kecil baru memiliki kemampuan gerak tubuh ketika menginjak usia tertentu. Namun setelah ia mulai dapat bergerak dengan aktif, rangsangan bisa Mums berikan secara bersamaan untuk hasil yang lebih baik.

Aktifitas Sehari-Hari

Aktivitas yang Mums lakukan bersama si Kecil setiap harinya, bisa menjadi media belajar dan memberikan stimulasi tumbuh kembang anak yang baik. Aktivitas sehari-hari melibatkan banyak hal, mulai dari koordinasi mata dan tangan, melatih pendengaran, kekuatan otot tubuh dan sebagainya. Mums juga bisa lho menyisipkan latihan pengenalan alfabet pada kegiatan ini.

Contoh sederhana ketika Mums makan bersama si Kecil dengan makanan padat. Sembari si Kecil belajar menggunakan alat makannya, Mums bisa memberikan permainan untuk membentuk huruf atau angka dengan makanan yang ada. Kekacauan pasti terjadi ketika momen ini. Namun bukankah kreatifitas selalu berkaitan erat dengan sedikit dosis kekacauan?

Membaca dan Bermain Halang Rintang

Merangsang tumbuh kembang fisik si Kecil bisa dilakukan dengan membuat halang rintang sederhana di area rumah dengan memanfaatkan berbagai barang yang ada. Mums bisa bekerja sama dengan anggota keluarga lain untuk membuat satu lintasan halang rintang kecil, dan menambahkan petunjuk sederhana untuk dibaca oleh si Kecil sebelum melaksanakan tantangan yang ada.

Pada kegiatan ini, Mums dapat merangsang dua hal sekaligus. Gerakan tubuh si Kecil yang aktif akan merangsang tumbuh kembang fisiknya, dan membaca petunjuk dapat melatih kemampuan si Kecil dalam mengenali karakter huruf dan kemampuan membaca. Lakukan dengan iringan musik sehingga suasana yang terbangun lebih ceria. Ingat Mums, si Kecil yang bahagia lebih mudah menyerap berbagai rangsangan yang diberikan dan memahaminya.

‘Sembunyikan dan Temukan’

Permainan ini juga dapat Mums gunakan untuk merangsang kemampuan kognitif dan fisik si Kecil. Cukup sederhana, Mums hanya perlu menunjukkan gambar mainan tertentu yang dimiliki si Kecil dan meminta si Kecil menemukannya. Area permainan bisa dibatasi pada satu kamar saja, dan dilanjutkan dengan meluaskan area pencarian dan barang yang dicari.

Selain membuat si Kecil bergerak aktif, permainan ini juga akan membantunya mengenali beragam hal yang ada di area rumah. Mulai dari nama, kegunaan, warna dan banyak variabel lain bisa dimasukkan untuk menjadikan permainan ini lebih menarik. Sembunyikan beberapa mainan di tempat yang membutuhkan usaha untuk mengambilnya, agar si Kecil juga dapat melatih kemampuan memecahkan masalah yang ia miliki.

Permainan Bebas

Konsentrasi dan perhatian yang tidak bisa bertahan lama pada satu hal merupakan sifat kebanyakan anak-anak. Untuk menyikapi ini, diperlukan kreativitas dari Mums untuk memanfaatkan momen dimana si Kecil tertarik pada suatu hal. Tepat ketika si Kecil mulai mengalihkan perhatiannya, Mums harus bisa menjadikan objek tersebut sebagai media belajar dan mengajarkan sesuatu pada si Kecil.

Contoh paling sederhana adalah ketika si Kecil diajak bermain, dan ia memperhatikan burung atau kupu-kupu yang kebetulan ada di jarak pandangnya. Mums bisa membawa si Kecil mendekati burung atau kupu-kupu tersebut dan memberikan pertanyaan tentang warna atau nama binatang yang dilihatnya. Selain membutuhkan kreativitas Mums, hal ini juga memerlukan momentum yang tepat.

Dalam permainan bebas, stimulasi tumbuh kembang anak harus dilakukan secara impromtu dan adaptatif. Apa yang si Kecil lakukan, selalu respon dengan memberikan rangsangan baik pada gerak atau kecerdasannya. Mungkin juga poin ini akan melatih kreativitas Mums dalam memberikan pelajaran pada si Kecil.

Pada akhirnya, stimulasi yang diberikan akan sangat berpengaruh pada optimalnya tumbuh kembang si Kecil, baik secara fisik maupun kecerdasan. Beragam stimulasi harus diberikan secara berkesinambungan sehingga si Kecil mendapatkan paparan rangsangan yang maksimal.

Untuk mendukung stimulasi tumbuh kembang anak yang Mums berikan, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Untuk anak berusia 3 hingga 6 tahun, Friso Gold 4 merupakan satu pilihan yang tepat. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Jangan ragu untuk berkonsultasi langsung melalui fitur live chat dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) situs resmi Friso mengenai nutrisi dan tumbuh kembang si Kecil ya, Mums.