Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4-Tips-Mengajarkan-Puasa-Ramadhan-untuk-si-Kecil.jpg

4 Tips Mengajarkan Puasa Ramadhan untuk si Kecil

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan menjadi sebuah kewajiban bagi mereka yang sudah mampu. Untuk si Kecil, belajar berpuasa juga bisa dimulai sejak dini. Tidak perlu langsung puasa satu hari penuh, cukup dengan melatihnya dengan puasa setengah hari. Secara perlahan seiring bertambahnya usia, ia akan semakin kuat dan bisa menjalankan puasa satu hari penuh.

Tentu, dalam mengajarkan si Kecil untuk berpuasa, Mums juga harus telaten dan memiliki kesabaran ekstra. Puasa tidak sekedar menahan haus dan lapar saja, namun juga menahan nafsu dan amarah. Konsep ini dapat ditanamkan secara perlahan dengan berbagai cara pendukung. Memberikan contoh menjadi cara utama, namun Mums juga perlu hal pendukung lain agar si Kecil segera dapat memahami dan menjalankan puasa Ramadhan.

Untuk membantu Mums dalam mengajarkan si Kecil ibadah berpuasa, tidak ada salahnya Mums mencoba beberapa cara berikut ini.

Mums Bisa Memanfaatkan Berbagai Media

Mulai dari tontonan kartun dengan tema Ramadhan hingga berbagai permainan smartphone dengan tema serupa, semua bisa menjadi faktor pendukung si Kecil belajar puasa Ramadhan. Ketika momen seperti sekarang ini, banyak sekali tayangan,kartun anak, dan cerita anak yang mengambil tema Ramadhan, jadi Mums tidak perlu merasa kesulitan memilihnya.

Mums juga dapat mengunduh berbagai game bertema serupa untuk mengisi waktu luang antara sahur hingga berbuka. Biasanya game anak dengan tema Ramadhan juga memiliki nilai edukasi yang cukup tinggi, jadi Mums dapat memberikan rangsangan untuk pertumbuhan sekaligus mengajarkannya berbagai nilai ibadah puasa. Jangan lupa juga memanfaatkan berbagai mainan yang sudah dimiliki si Kecil ya!

Nuansa Rumah Mendukung Puasa Ramadhan

Cara kedua yang dapat Mums coba untuk mengajarkannya puasa Ramadhan adalah dengan membuat nuansa rumah menjadi lebih berkesan ‘Lebaran’. Bagaimana caranya? Mums bisa melakukan penataan ulang, menambahkan dekorasi khas Ramadhan seperti ketupat dan mainan bedug, dan lain sebagainya.

Ketika si Kecil sudah memasuki usia sekolah, Mums juga dapat mengadakan acara buka bersama untuk si Kecil dan teman-temannya. Libatkan si Kecil dalam proses pelaksanaan acara buka bersama ini, agar ia merasa memiliki andil. Semakin ia merasa memiliki andil dalam kegiatan yang dilaksanakan, maka ia akan semakin bersemangat untuk terus belajar berpuasa.

Menu Sahur dan Berbuka yang Menggugah Selera

Salah satu hal yang cukup sulit dilaksanakan biasanya adalah membangunkan si Kecil ketika akan sahur. Rasa kantuk dan hawa dingin yang masih terasa tentu membuat anak manapun merasa malas beranjak. Namun tenang, hal ini bisa disiasati dengan membuat sajian menu sahur yang menggoda. Setidaknya ketika ia sudah bersemangat ketika memakan makanan untuk sahur, ia dapat bersiap untuk percobaan puasa yang akan dilakukan.

Untuk mempersiapkan makanan ‘darurat’ bilamana si Kecil tidak kuat, Mums dapat mempersiapkan makanan-makanan yang cepat dimasak atau siap saji. Bukan kemudian untuk menggoda si Kecil agar tidak melaksanakan puasa, namun lebih kepada hal preventif agar ketika ia tak lagi kuat ia bisa langsung mengisi perutnya. Setelah makan, ia bisa melanjutkan puasa hingga waktu berbuka tiba.

Nah, untuk waktu berbuka, janjikan pada si Kecil makanan kesukaannya. Jadikan menu berbuka sebagai ‘hadiah’ atas prestasinya belajar puasa hari tersebut. Sajikan makanan yang disukai, didampingi dengan berbagai buah agar ia dapat kembali segar. Tak hanya itu, komposisi menu berbuka yang ideal dapat menjadi pilar pendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi hariannya.

Kegiatan Sosial selama Ramadhan

Pilihan cara yang juga bisa Mums lakukan adalah dengan mengajak si Kecil turut dalam kegiatan sosial selama bulan Ramadhan. Misalnya, mengadakan buka bersama untuk anak yatim, atau bisa juga dengan membagikan makanan berbuka puasa untuk orang-orang yang kurang beruntung dan hidup di jalan, bisa juga dengan membagikan makanan untuk menu sahur.

Selain bisa berlatih untuk turut berpuasa, si Kecil juga akan banyak belajar untuk menghargai makanan, memiliki sifat empati yang tinggi, serta terbiasa membantu orang. Sifat ini wajib ditanamkan sejak kecil agar kelak ia menjadi pribadi dengan karakter kuat dan tidak segan membantu selama ia mampu.

Belajar puasa Ramadhan harus dilakukan perlahan-lahan dan repetitif. Diharapkan dengan cara tersirat seperti ini, si Kecil bisa memiliki kebiasaan untuk berpuasa tanpa ia sadari. Kuncinya terletak pada aktivitas bersama si Kecil, agar perlahan ia memahami dan ingin mencoba ikut berpuasa.

Proses mengajari puasa Ramadhan untuk si Kecil memang tidak mudah. Berbagai cara bisa Mums lakukan untuk menanamkan kebiasaan dan kewajiban yang satu ini. Ingat, meski dalam proses belajar berpuasa, Mums juga tetap harus memperhatikan kebutuhan nutrisi hariannya. Jangan sampai si Kecil kekurangan nutrisi harian dan mengganggu proses tumbuh kembangnya. Berikan makanan yang kaya nutrisi untuk sahur dan berbuka, serta tambahkan Friso Gold 4 sebagai pelengkap asupan nutrisinya. Friso dengan nutrisi lengkap dan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi senantiasa terjaga dan mudah diserap oleh tubuh si Kecil sehingga tumbuh kembangnya optimal.