Lompat ke isi utama
4 Tips Meningkatkan Imun Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit

4 Tips Meningkatkan Imun Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Sistem imun tubuh anak-anak belum sekuat orang dewasa untuk melawan bakteri, virus, atau kuman penyebab penyakit, sehingga anak-anak rentan sakit jika imun tubuhnya tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk meningkatkan imun tubuh si Kecil agar tidak mudah sakit. Ada beberapa cara yang bisa Mums lakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh si Kecil, antara lain:

  1. Perbanyak konsumsi makanan bergizi

    Kebutuhan gizi harian si Kecil bisa optimal jika Mums memberikannya asupan nutrisi berkualitas secara seimbang. Pastikan untuk memenuhi asupan nutrisi si Kecil sesuai dengan panduan gizi seimbang dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI). Panduan gizi seimbang ini mencakup porsi makanan anak-anak dalam satu piring yang mencakup porsi makanan pokok (sumber karbohidrat), porsi lauk pauk (sumber protein dan lemak sehat), porsi sayuran dan buah-buahan (sumber vitamin dan mineral). Dengan memenuhi kebutuhan gizi secara tepat, maka imun tubuh si Kecil pun akan tetap terjaga. 

  2. Istirahat dan tidur yang cukup

    Untuk meningkatkan imun tubuh si Kecil, ia harus mendapatkan waktu tidur dan istirahat yang cukup. Waktu tidur yang cukup juga berkaitan dengan hormon pertumbuhan yang mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Jika waktu tidur si Kecil kurang, maka proses metabolisme dalam tubuhnya akan terganggu dan berpengaruh terhadap sistem imun tubuh yang menurun. Pastikan Mums memenuhi waktu tidur si Kecil sesuai usianya, para ahli menyarankan agar anak berusia 1-3 tahun mendapatkan waktu tidur sebanyak 11-14 jam per hari.

  3. Olahraga secara rutin

    Seperti yang Mums ketahui, olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat meningkatkan imun tubuh dengan baik. Saatnya Mums ajak si Kecil untuk berolahraga secara rutin agar tubuh kuat secara jasmani dan rohani. Pastikan memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan usia si Kecil ya, Mums. Jadikanlah olahraga sebagai aktivitas yang menyenangkan agar si Kecil tertarik untuk melakukannya lagi. Mums bisa juga mengajak anggota keluarga lain untuk meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak. 

  4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

    Sistem imun tubuh si Kecil pun dipengaruhi oleh kebersihan diri dan lingkungan lho, Mums. Sebaiknya Mums sudah membiasakan si Kecil untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri dan lingkungan sekitar. Sebab, banyak bakteri dan kuman penyebab penyakit yang bersarang di sekitar si Kecil dan menyerang sistem imun. Jika imun tubuhnya lemah, kemungkinan si Kecil rentan terkena penyakit. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan bisa dimulai dengan rutin mencuci tangan, mandi, buang sampah pada tempatnya, segera mencuci barang kotor, mengganti baju kotor setelah keluar dari rumah, menyimpan sepatu di tempat khusus atau di luar rumah, dan lain sebagainya. Kebiasaan menjaga kebersihan akan terbawa hingga si Kecil tumbuh dewasa dan jauh dari orang tua. 

Nutrisi yang Penting untuk Sistem Imun Tubuh Anak

Berikut ini beberapa nutrisi penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, di antaranya:

  1. Vitamin A

    Vitamin A memang dikenal sebagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu lho, Mums, nutrisi ini pun dapat meningkatkan imun tubuh si Kecil dengan baik. Vitamin A berperan dalam pembentukan sel darah putih yang mampu melawan virus, bakteri, dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika tubuh si Kecil memproduksi sel darah putih dengan baik, maka kemampuannya sebagai antibodi pun akan lebih optimal. Sumber vitamin A bisa Mums dapatkan dari hati sapi, ubi jalar, wortel, brokoli, labu, tomat, dan semangka. 

  2. Vitamin B9 (asam folat)

    Tubuh memerlukan vitamin B9 (asam folat) untuk memproduksi dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Vitamin B9 (asam folat) juga berperan penting dalam proses produksi sel darah merah dan sel darah putih. Oleh karena itu, si Kecil membutuhkan asupan vitamin B9 (asam folat) yang cukup agar daya tahan tubuhnya kuat. Selain untuk meningkatkan imun tubuh, vitamin B9 juga bermanfaat untuk mendukung saraf otak si Kecil. Mums bisa mendapatkan manfaat vitamin B9 dari hati sapi, bayam, brokoli, tomat, atau sawi. Mums juga dapat memberikan susu pertumbuhan yang mengandung vitamin B9 untuk memperkuat daya tahan tubuh dan memaksimalkan perkembangan saraf si Kecil. 

  3. Vitamin C

    Vitamin C termasuk nutrisi penting yang dapat meningkatkan imun tubuh si Kecil. Selain membentuk antibodi dalam tubuh untuk melawan serangan virus penyebab penyakit, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari infeksi, membantu produksi kolagen untuk kesehatan kulit, mencegah kerusakan sel, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Mums bisa mendapatkan manfaat vitamin C dari jeruk, lemon, stroberi, mangga, kiwi, jambu biji, pepaya, bayam, dan brokoli. 

  4. Vitamin D

    Selain berperan untuk meningkatkan kesehatan tulang dan otot, vitamin D juga berperan sebagai nutrisi yang dapat meningkatkan imun tubuh si Kecil. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D lebih rentan terkena influenza dan gangguan pernapasan lainnya. Mums bisa mendapatkan manfaat vitamin D dari ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, udang, jamur, dan kuning telur yang diiringi dengan berjemur pada pagi hari. 

  5. Vitamin E

    Vitamin E berperan sebagai antioksidan untuk membantu memperkuat tubuh melawan infeksi bakteri dan virus. Selain itu, vitamin E juga dapat meningkatkan produksi antibodi untuk menangkal radikal bebas yang dapat melemahkan sistem imun si Kecil. Dengan mengonsumsi vitamin E dan nutrisi penting lainnya, maka imun tubuh si Kecil pun akan meningkat. Manfaat vitamin E bisa Mums dapatkan dari kacang almond, kacang tanah, biji bunga matahari, alpukat, bayam, dan brokoli.

  6. Zinc

    Zinc sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuat sel darah putih berfungsi dengan baik. Sel darah putih merupakan komponen utama dalam sistem imun tubuh yang berperan untuk melawan serangan kuman penyebab penyakit. Beberapa makanan yang mengandung zinc, di antaranya daging, kerang, kentang, kacang-kacangan, telur, dan susu. 

  7. Selenium

    Supaya sistem imun tubuh si Kecil semakin meningkat, Mums juga perlu memenuhi asupan selenium secara tepat. Mineral ini berperan besar dalam proses pertumbuhan jaringan tubuh yang sehat, sistem imun yang kuat, serta fungsi kelenjar tiroid yang baik. Mums bisa mendapatkan selenium dari ikan tuna, ikan kakap merah, daging sapi, daging ayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

  8. Asam lemak omega 3

    Mums pasti sudah tahu bahwa asam lemak omega 3 sangat dibutuhkan oleh si Kecil dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga membutuhkan asupannya dari makanan yang kaya akan omega 3. Nutrisi ini bermanfaat untuk memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan jantung dan mata, meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf, serta menguatkan tulang dan sendi. Melansir laman resmi healthline.com, ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa asupan omega 3 yang cukup dapat menurunkan risiko anak terkena penyakit autoimun. Untuk mencukupi asupan omega 3 bagi si Kecil, Mums bisa memberikan si Kecil ikan, daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, serta susu pertumbuhan yang telah diperkaya oleh omega 3. 

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil agar tidak mudah sakit. Mums juga bisa mengoptimalkan sistem imun tubuh si Kecil dengan memenuhi asupan susu pertumbuhan, seperti Susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu FRISO Gold 3 tetap bernutrisi tinggi, diperkaya pula dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. 

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang