Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4-Tips-Puasa-Bagi-Ibu-Hamil-Mums-Sudah-Tahu.jpg

4 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil, Mums Sudah Tahu?

Menjalankan ibadah puasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang yang mampu berpuasa. Dalam beberapa momen ketika Mums harus menjalankan ibadah puasa ketika masa kehamilan, beberapa hal perlu diperhatikan dengan cermat. Mengapa? Karena puasa bagi ibu hamil sebenarnya tidak diwajibkan, namun bisa dijalankan selama Mums benar-benar memiliki bekal informasi yang dipahami dengan baik.

Jika ketika tidak dalam masa kehamilan Mums hanya berpuasa untuk tubuh Mums sendiri, berbeda ketika harus berpuasa ketika masa kehamilan. Si Kecil yang masih berada di perut Mums menggantungkan sepenuhnya kebutuhan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang dari apa yang Mums konsumsi. Sehingga, sebagian besar yang harus diperhatikan adalah asupan makanan dan nutrisi yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka.

Jangan lupa, untuk benar-benar meyakinkan puasa yang akan dijalankan, lakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan Mums. Tujuannya sederhana, agar Mums memahami benar apakah kondisi Mums memungkinkan untuk menjalani puasa atau tidak. Jika bisa, mintalah rekomendasi menu sebagai makanan sahur dan berbuka.

Untuk memberikan gambaran dan sedikit tips untuk puasa bagi ibu hamil, beberapa poin berikut dapat menjadi tambahan referensi. Simak selengkapnya ya Mums!

Makanan dan Minuman Manis Ketika Sahur

Meski dipercaya dapat memberikan tenaga untuk berpuasa sehari penuh, namun sebenarnya konsumsi makanan dan minuman manis ketika sahur tidak disarankan untuk Mums yang tengah hamil. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang ada dalam makanan dan minuman tersebut dapat mempercepat produksi hormon Insulin.

Hormon ini berfungsi untuk membakar gula darah, yang mana sumber energi yang diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh Mums selama seharian penuh. Jika hormon ini meningkat, maka pembakaran gula darah akan terjadi lebih cepat dan akibatnya Mums bisa saja mendadak lemas ketika baru setengah hari menjalani ibadah puasa bersama si Kecil yang ada di perut Mums.

Puasa Bagi Ibu Hamil, Wajib Buah dan Sayur

Puasa bagi ibu hamil harus dilakukan dengan disiplin pada faktor nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi buah dan sayuran dapat memberikan Mums asupan Vitamin C yang dapat membantu menjaga kondisi kesegaran tubuh. Selain itu, Mums juga perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Zinc seperti ikan dan susu. Bila diperlukan, Mums dapat mengkonsumsi suplemen.

Namun demikian, sebenarnya lebih disarankan untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C dan Zinc dari makanan dan bukan dari suplemen. Hal ini karena nutrisi yang berasal dari makanan alami akan lebih mudah diserap tubuh dan risiko kesehatannya lebih kecil. Jangan lupa, minum susu kehamilan yang dapat membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama berpuasa.

Konsumsi Karbohidrat Kompleks untuk Tenaga

Energi yang cukup besar diperlukan ketika puasa bagi ibu hamil dijalankan. Tubuh Mums tak hanya harus beraktivitas seorang diri namun juga harus menyuplai kebutuhan energi dari janin yang ada di dalam kandungan. Oleh karenanya, konsumsi makanan dengan Karbohidrat kompleks sangat disarankan karena bisa membuat Mums merasa kenyang lebih lama.

Karbohidrat kompleks dicerna secara perlahan oleh tubuh, sehingga dapat memberikan asupan tenaga yang lebih lama. Puasa dilakukan lebih dari 12 jam, dan selama itu pula tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi atau tenaga. Jadi penting untuk memastikan agar Mums mengkonsumsi cukup makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks agar tetap dapat kuat menjalani ibadah puasa dengan baik.

Jangan Lupakan Asupan Lemak dan Protein

Konsumsi makanan dengan kandungan Lemak dan Protein juga jangan sampai dilupakan. Pasalnya kedua nutrisi ini dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga dapat membantu Mums menahan rasa lapar ketika siang hari yang terik tiba. Tentu, varian makannya bisa sangat beragam tergantung apa yang Mums inginkan.

Contoh makanan yang paling mudah ditemukan dan mengandung kedua nutrisi ini adalah daging dan telur. Kandungan Protein dan Lemak yang ada pada kedua makanan ini dapat membantu menyediakan energi dan mencukupi kebutuhan nutrisi ketika berpuasa. Selain itu, makanan tersebut juga mudah diolah dan bisa dikonsumsi juga oleh anggota keluarga yang lain. Win-win solution bukan?

Satu hal yang perlu ditekankan setelah Mums membaca setiap poin di atas adalah Mums wajib tetap mencukupi kebutuhan nutrisi harian setiap hari selama puasa. Dengan asupan nutrisi yang cukup, maka puasa bagi ibu hamil bukanlah masalah. Tumbuh kembang janin dapat berjalan maksimal, serta Mums tetap dapat menjalankan ibadah dengan baik.

Puasa bagi ibu hamil memang bukan hal yang diwajibkan. Namun jika memungkinkan dan Mums dapat bertanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan nutrisi harian, hal tersebut bisa dilakukan. Untuk membantu mengetahui kebutuhan nutrisi dan pola konsumsi makanan, lakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan Mums. Selain itu, untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mums juga dapat mengkonsumsi Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan. Berikan yang terbaik untuk si Kecil yang ada dalam kandungan, dan pastikan Mums selalu sehat selama menjalankan ibadah puasa!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang