Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5-asupan-ibu-menyusui-untuk-perkuat-kekebalan-tubuh-bayi_g40OX2wAet

5 Asupan Ibu Menyusui untuk Perkuat Kekebalan Tubuh Bayi

5 makanan ini sering direkomendasikan untuk ibu menyusui karena dapat meningkatkan kualitas ASI lho, Mum. Simak selengkapnya, yuk!

Tak hanya bisa membantu Mum agar lebih cepat pulih dan selalu sehat pasca melahirkan, beberapa jenis asupan ternyata juga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui karena mampu meningkatkan kualitas ASI. Dengan ASI yang berkualitas, tubuh si Kecil tentu bisa lebih kuat dari dalam sehingga bisa tumbuh dan berkembang lebih optimal. Lalu, apa saja jenis asupan yang bagus untuk ASI si Kecil? Simak selengkapnya yuk, Mum!

1. Sayuran Hijau

Selain kaya serat dan baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh Mum, sayur-sayuran hijau juga mengandung nutrisi penting lain yang dibutuhkan tubuh si Kecil untuk bisa tumbuh dengan optimal; salah satunya adalah Vitamin A. Nutrisi yang satu ini berperan penting untuk kesehatan mata dan pertumbuhan tulang si Kecil, serta melindungi tubuhnya dari infeksi.

2. Ikan Salmon dan Sarden

Asupan berikutnya yang juga disarankan untuk banyak dikonsumsi selama masa menyusui yaitu ikan salmon dan sarden. Dua jenis ikan ini kaya akan Omega-3 yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil di tahap-tahap awal pertumbuhannya. Di samping itu, salmon dan sarden juga lebih aman dikonsumsi karena mengandung lebih sedikit Merkuri yang bisa mengganggu perkembangan otak si Kecil ketimbang ikan lainnya.

3. Kacang-kacangan

Sejak lama, kacang-kacangan diketahui sebagai asupan yang kaya akan Zat Besi. Artinya, rutin mengonsumsi kacang-kacangan di masa menyusui, dapat membantu memenuhi kebutuhan Zat Besi yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak si Kecil.

Tak hanya itu, kacang-kacangan juga termasuk asupan sumber bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, Mum. Bila Mum rutin mengonsumsi asupan sehat ini di masa menyusui, tentu ASI untuk si Kecil juga mengandung bakteri baik sehingga kesehatan sistem pencernaannya senantiasa terjaga.

4. Buah Jeruk

Seperti halnya orang dewasa, si Kecil juga membutuhkan asupan Vitamin C yang cukup. Kenapa demikian? Sebab nutrisi ini memiliki peran penting dalam pembentukan sel-sel darah merah, tulang, serta jaringan tubuh. Selain itu, Vitamin C juga bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu, asupan kaya Vitamin C disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama menyusui, salah satunya bisa didapat dari buah jeruk. Per 100 gramnya, jeruk mengandung 53 mg Vitamin C. Jumlah ini setara dengan 58 persen total kebutuhan Vitamin C harian pada orang dewasa. Dengan terpenuhinya kebutuhan Vitamin C Mum, si Kecil pun bisa merasakan manfaatnya melalui ASI yang ia dapatkan.

5. Susu Ibu Hamil dan Menyusui

Menyusui merupakan aktivitas yang membutuhkan banyak energi. Jadi selain empat jenis asupan di atas, lengkapi juga kebutuhan nutrisi harian Mum dengan mengonsumsi susu ibu hamil dan menyusui. Tapi, jangan sembarangan mengonsumsi susu ya, Mum. Sebaiknya, pilih susu yang diperkaya dengan berbagai jenis nutrisi sehingga bisa mendukung Mum dalam menghasilkan ASI berkualitas untuk si Kecil.

Selain diperkaya dengan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi, Frisomum Gold juga diproduksi menggunakan Single Process tanpa pemanasan berlebih. Dengan begitu, kualitas nutrisi di dalamnya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh untuk memperkuat tubuh Mum dan si Kecil dari dalam.

Nah, itulah lima jenis asupan di masa menyusui yang baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Mulai sekarang, ayo rutin konsumsi kelimanya supaya ASI Mum makin berkualitas untuk dukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal.