Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
5 Buah untuk Diare, Solusi Alami Masalah Pencernaan Anak!

5 Buah untuk Diare, Solusi Alami Masalah Pencernaan Anak!

Menghadapi rewelnya si Kecil akibat diare tak selalu harus merujuk pada obat-obatan. Tanpa mendiskreditkan khasiat obat yang tepat, Mums bisa menggunakan alternatif lain seperti misalnya buah-buahan. Buah untuk diare sendiri sebenarnya cukup banyak, sehingga Mums tidak akan kehabisan pilihan. Khasiat yang ada pada buah-buahan ini terbilang sangat baik karena berasal dari bahan alami, sehingga tentu lebih mudah diserap tubuh si Kecil.

Ketika diare terjadi, bakteri atau virus masuk ke bagian pencernaan dan mengacaukan sistem yang ada di sana. Feses yang keluar menjadi encer, perut menjadi sakit, bahkan tak jarang si Kecil mengalami demam. Tentu saja ini akan membuat si Kecil rewel dan menangis. Pemilihan buah untuk diare kemudian harus memperhatikan tekstur, sehingga tidak menambah berat kerja organ pencernaan yang tidak bisa bekerja optimal.

Lalu apa saja pilihan buah yang bisa digunakan membantu mengatasi dan mencegah diare semakin parah?

Buah untuk Diare yang Pertama, Pisang

5 Buah untuk Diare, Solusi Alami Masalah Pencernaan Anak!

Teksturnya yang lembut, rasanya yang manis, serta kandungan nutrisinya yang padat membuat buah pisang jadi salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk meringankan masalah diare pada anak. Pisang mengandung Pektin, yang bisa membantu mengeraskan feses yang dikeluarkan.

Selain kandungan Pektin yang bisa membantu menjaga soliditas feses, pisang juga mengandung elektrolit yang bisa menjaga kandungan cairan tubuh si Kecil. Seperti Mums pahami ketika diare terjadi, akan banyak cairan tubuh yang keluar, dan meningkatkan resiko terjadinya dehidrasi. Dengan konsumsi pisang maka si Kecil bisa tetap memiliki cairan tubuh yang ideal, bersamaan dengan asupan tenaga yang cukup banyak agar tubuh lekas dapat memulihkan kondisi.

Memberikan si Kecil Tenaga dengan Wortel

Diare dan buang air besar yang terus menerus akan membuat si Kecil menghabiskan banyak tenaga. Tentu ketika ia mengalami penyakit ini, Mums wajib memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi si Kecil agar ia tetap memiliki tenaga, baik untuk memulihkan diri atau untuk beraktivitas. Salah satu buah untuk diare selanjutnya adalah wortel, yang jadi sumber energi bagi si Kecil.

Tapi bukankah wortel memiliki tekstur yang keras? Nah, untuk menyiasati hal ini, Mums bisa mengolahnya terlebih dahulu. Misalnya dengan menjadikan wortel sebagai pure, atau sup hangat yang nikmat. Intinya, wortel yang diberikan harus sudah bertekstur lunak dan lembut sehingga tidak memberatkan kerja organ pencernaan.

Cegah Peradangan dengan Air Lemon

5 Buah untuk Diare, Solusi Alami Masalah Pencernaan Anak!

Lemon telah dikenal sejak lama menjadi salah satu buah yang mengandung zat anti-inflamasi. Hal ini diperlukan untuk membantu si Kecil agar lekas pulih dari diare yang dideritanya. Tak perlu terlalu banyak, cukup berikan air lemon sekitar 4 sampai 5 sendok setiap harinya.

Air lemon yang diberikan pada si Kecil juga dapat meringankan keluhan perut yang sakit, kembung, hingga kram perut. Tidak hanya untuk anak-anak lho Mums, air lemon juga baik dikonsumsi oleh orang dewasa secara teratur setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan organ pencernaan.

Selain mengandung zat anti-inflamasi, ternyata air lemon juga mengandung zat anti-bakteri. Tentu saja hal ini baik untuk diare, untuk membantu proses penyembuhan dan menjaga keseimbangan jumlah bakteri pada organ pencernaan si Kecil.

Kandungan Vitamin C dalam Jambu Biji

Diare disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri ke dalam tubuh si Kecil, dan mengganggu kerja sistem pencernaan si Kecil. Jika daya tahan tubuh si Kecil cukup kuat, maka sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi. Salah satu buah untuk diare yang cukup efektif adalah jambu biji, yang kaya akan Vitamin C.

Untuk penyajiannya Mums bisa menghaluskan jambu biji dengan di blender dan mengambil sarinya dengan juicer yang Mums miliki. Pisahkan bijinya, dan tambahkan sejumput garam serta satu sendok teh madu, aduk hingga rata. Berikan pada si Kecil sebanyak tiga kali sehari masing-masing dua sendok makan.

Hindari Resiko Dehidrasi dengan Air Kelapa

5 Buah untuk Diare, Solusi Alami Masalah Pencernaan Anak!

Well, tidak sepenuhnya berbentuk buah, tapi air kelapa bisa menjadi pengganti cairan tubuh yang hilang akibat buang air besar yang terlalu sering ketika diare. Sebenarnya tak hanya untuk diare secara spesifik, tapi air kelapa murni direkomendasikan untuk menjaga kuantitas cairan yang ada di dalam tubuh secara umum untuk membantu menghindari dehidrasi.

Resiko terbesar dari diare yang dialami si Kecil justru terletak pada dehidrasi, karena dapat mengakibatkan berbagai resiko fatal lainnya. Selain memberikan pisang dan wortel untuk menjaga kadar cairan di dalam tubuh dan menyuplai energi, air kelapa juga menjadi salah satu cairan alami paling baik untuk membantu hal ini.

Baca Juga : Makanan Berserat Tinggi untuk si Kecil, Ini 6 Rekomendasinya

Daftar buah untuk diare di atas semoga bisa jadi tambahan pengetahuan untuk Mums yang berguna. Meski demikian, langkah pencegahan lebih direkomendasikan, yakni dengan menjaga pola hidup sehat, kebersihan, serta asupan nutrisi harian. Konsumsi makanan bernutrisi menjadi satu kewajiban, dan jika diperlukan Mums bisa menambahkan Friso Gold 4 untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami tetap terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil, dan membantunya kuat dari dalam!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang