Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Cara agar Anak Dekat dengan Ibunya, Perhatikan dan Praktekkan Ya Mums!

5 Cara agar Anak Dekat dengan Ibunya, Perhatikan dan Praktekkan Ya Mums!

Setiap orang tua, dimanapun mereka berada, tentu sangat ingin memiliki ikatan emosional yang erat dengan buah hatinya. Begitu pula dengan Mums bukan? Kedekatan emosional seperti ini secara alami terbentuk antara Mums dan si Kecil. Namun demikian ada cara agar anak dekat dengan ibunya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan tersebut.
Ikatan emosional antara Mums dan si Kecil mulai terjalin sejak si Kecil masih dalam kandungan. Ikatan ini semakin kuat ketika masa menyusui. Seiring berjalannya waktu, si Kecil akan mulai memiliki berbagai kegiatan yang mungkin memberikan jarak dengan Mums. Namun demikian, Mums bisa melakukan beberapa hal untuk tetap menjaga ikatan emosional ini tetap dalam kondisi baik.
Ikatan emosional yang baik tidak hanya bermanfaat untuk keadaan mental atau psikis si Kecil, namun juga berpengaruh langsung pada tumbuh kembangnya. Ketika si Kecil merasa nyaman dan selalu mendapat dukungan, si Kecil mampu belajar lebih efektif serta tumbuh semakin optimal.
Dari sekian upaya yang bisa Mums lakukan, terdapat beberapa cara ampuh yang bisa meningkatkan kualitas hubungan Mums dan si kecil. Cara agar anak dekat dengan ibunya ini bisa Mums praktekkan dengan si Kecil, sehingga selain kedekatan fisik terjalin pula kedekatan emosional.

Beraktivitas Bersama

Secara umum hal yang bisa mendekatkan si Kecil dengan Mums adalah aktivitas bersama. Aktivitas yang dilakukan bersama membuat Mums dan si Kecil berinteraksi secara positif dan memiliki tujuan jelas. Misalnya untuk berkebun, atau membereskan mainan yang berserakan di kamar si Kecil.
Aktivitas ini mendorong interaksi serta komunikasi terjalin dengan hangat. Ketika dilakukan secara rutin, hal ini benar-benar dapat memberikan efek positif pada hubungan emosional Mums dan si Kecil. Selain Mums lebih memahami karakter si Kecil, Mums juga secara langsung dapat membantu membentuk karakter yang ideal.

Sentuhan pada si Kecil

Sentuhan yang Mums berikan ketika berinteraksi dapat pula meningkatkan kualitas hubungan emosional dan kedekatan Mums dengan si Kecil. Sentuhan kecil seperti tos misalnya, atau colekan ketika memanggil, atau permainan adu panco, atau mungkin kecupan kecil menjelang si Kecil terlelap di malam hari.
Namun demikian, Mums perlu mengingat satu hal, bahwa tidak semua anak-anak menyukai sentuhan yang Mums lakukan ketika berada pada kondisi tertentu. Misalnya ketika mengantarnya sekolah, ada saja anak yang merasa malu ketika dipeluk oleh ibunya di depan teman-temannya. Karakter si Kecil seperti ini yang mungkin perlu mendapat perhatian khusus oleh Mums.

Menghadapi Emosi Negatif

Kegiatan ini, menghadapi emosi negatif, jika dilakukan bersama-sama dengan si Kecil akan memberikan dampak yang luar biasa. Tidak jarang ketika Mums melihat si Kecil mengalami kesedihan, mungkin secara tidak sengaja Mums meminta si Kecil melupakannya saja dan menganggapnya tak terjadi.
Sebaliknya, yang lebih baik Mums lakukan adalah mencari tahu mengapa si Kecil mengalami kesedihan tersebut. Alih-alih melupakannya, Mums dapat mendorong si Kecil untuk menghadapi emosi negatif ini secara langsung, sehingga ia mampu melakukan manage pada emosinya dengan lebih baik lagi.

Saat Berkualitas Berdua

Luangkan waktu yang cukup untuk mendampingi si Kecil dalam setiap proses tumbuh kembangnya. Setiap saat yang Mums lewatkan bersama dengan si Kecil, merupakan investasi yang sangat berharga demi tumbuh kembangnya. Lakukan hal yang sama-sama disukai, misalnya seperti menggambar atau bernyanyi bersama.
Ketika Mums dan si Kecil memiliki waktu berkualitas yang bersifat intim, si Kecil akan tumbuh jadi pribadi yang jujur dan lebih terbuka pada Mums. Dengan demikian, Mums akan mendapatkan kepercayaannya, dan tentu akan lebih mudah membantu si Kecil dalam menghadapi tantangan yang akan dihadapinya kelak.

Memberi Contoh

Hal klasik yang masih bisa dijadikan acuan sebagai cara agar anak dekat dengan ibunya adalah dengan memberikan contoh yang ideal. Contoh ini bisa diberikan sehari-hari dalam kehidupan. Misalnya saja ketika berbelanja, Mums bisa mengajak si Kecil. Perlihatkan interaksi yang baik ketika Mums berbelanja dengan pedagang, dan jangan lupa ucapkan terimakasih.
Ketika si Kecil melihat interaksi yang Mums lakukan dan etika yang Mums tunjukkan, ia akan memiliki memori kuat tentang hal ini. Kejadian tersebut akan terekam dan tertanam, serta menjadi standar untuk perilakunya kelak. Pengajaran etika secara langsung seperti ini sangat efektif untuk menanamkan karakter yang baik pada si Kecil.

Kelima hal di atas merupakan cara agar anak dekat dengan ibunya, yang bisa Mums lakukan secara langsung. Tentu hasilnya tidak akan dapat dirasakan secara instan, mengingat hubungan emosional merupakan hal laten yang akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Mums juga harus senantiasa memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi, agar si Kecil dapat menyerap informasi baru serta belajar dengan baik. Berikan Friso Gold 4, dengan Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Nutrisi yang ada pada susu Friso Gold 4 membantu si Kecil kuat dari dalam. Mums juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui live chat di situs resminya.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang