Lompat ke isi utama
5 Cara Alami Memperbanyak ASI, Apa Saja ya Mums?

Cara Memperbanyak ASI yang Bisa Mums Lakukan

Tahukah Mums? Tidak semua Mums bisa memproduksi ASI secara maksimal untuk si Kecil terutama pada waktu setelah melahirkan. Padahal, ASI menjadi asupan nutrisi terbaik yang harus didapatkan si Kecil sejak awal kelahirannya hingga ia berusia 6 bulan. Pada usia tersebut, si Kecil hanya boleh diberi nutrisi melalui ASI tanpa makanan tambahan lainnya. Kebutuhan ASI yang tercukupi dengan baik akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk mengetahui cara memperbanyak ASI agar produksi ASI tetap berjalan optimal dan kebutuhan ASI si Kecil dapat tercukupi dengan baik.

Ada beberapa cara memperbanyak ASI secara alami yang bisa Mums lakukan sendiri di rumah. Cara alami tersebut tentu tidak mengeluarkan tenaga banyak dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Selain itu, cara memperbanyak ASI secara alami juga terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping. Apa saja caranya? Langsung saja, simak pada rangkuman di bawah ini.

Cara Memperbanyak ASI: Segera Lakukan IMD

Menyusui bayi segera setelah melahirkan (Inisiasi Menyusui Dini/IMD) selain bisa membantu dalam cara memperbanyak ASI juga memberikan hak kepada bayi untuk bisa menikmati kolostrum dari ASI. Kolostrum adalah ASI yang keluar pertama kali dari payudara Ibu yang berwarna kekuningan. Kandungan nutrisi dalam kolostrum ini bersifat sempurna sebagai pelindung dan peningkat daya tahan tubuh atau imunitas bayi.

Cara Memperbanyak ASI: Tingkatkan Frekuensi Menyusui

5 Cara Alami Memperbanyak ASI, Apa Saja ya Mums?

Pada prinsipnya, tubuh Mums dalam menyusui mengikuti prinsip supply and demand. Artinya, tubuh Mums akan memproduksi ASI sesuai dengan frekuensi menyusui yang Mums lakukan. Untuk memperbanyak produksi ASI, maka cara yang bisa Mums lakukan adalah meningkatkan frekuensi dalam menyusui.

Si Kecil biasanya membutuhkan asupan ASI setiap 2-3 jam, tanpa peduli siang atau malam hari. Jadi, pastikan frekuensi menyusui Mums sesuai dengan jadwal tersebut. Jadi, apabila Mums rutin menyusui setia 2-3 jam, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut. Perlu Mums ketahui, produksi ASI juga akan bertambah dalam waktu 3-7 hari sesuai instruksi tersebut.

Cara Memperbanyak ASI: Rutin Memompa ASI

5 Cara Alami Memperbanyak ASI, Apa Saja ya Mums?

Memompa ASI menjadi cara alami yang terbukti efektif untuk memperbanyak produksi ASI. Cara ini dilakukan agar payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI. Mums bisa memompa ASI secara konsisten dan berkala di antara waktu menyusui. Pompa masing-masing payudara setidaknya selama 10 menit. Perlu Mums ketahui, produksi ASI akan meningkat ketika pukul 2-5 pagi. Apabila memungkinkan, Mums bisa memompa ASI pada waktu-waktu tersebut.

Cara Memperbanyak ASI: Istirahat yang cukup

Selain asupan nutrisi yang cukup, istirahat yang cukup juga dapat menghindarkan Ibu dari kemungkinan stres yang bisa membuat produksi ASI berkurang. Bahkan, tindakan ini merupakan langkah ampuh dalam cara memperbanyak ASI lho, Bu. Jika sulit beristirahat karena sibuk mengurus bayi, mintalah bantuan suami, anggota keluarga, atau pengasuh untuk menggantikan tugas pengasuhan sementara Ibu beristirahat sebagai cara memperbanyak ASI.

Baca Juga: Cara Tepat Menyimpan ASI agar Tetap Steril [5 Poin Penting]

Cara Memperbanyak ASI: Lakukan Terapi Skin to Skin Contact

Dalam beberapa situasi, buatlah si Kecil dalam keadaan telanjang atau minimal memakai popok saat menyusui. Hal ini bertujuan agar si Kecil melakukan kontak langsung dengan kulit dada Mums. Kontak langsung selama menyusui atau yang lebih dikenal dengan istilah skin to skin contact tersebut dipercaya bisa memperbanyak produksi ASI.

Kedekatan emosi antara Mums dan si Kecil saat melakukan skin to skin contact, secara tidak langsung akan memberi rangsangan ke otak dan payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak. Selain memperbanyak ASI, terapi skin to skin contact juga bisa meningkatkan bonding antara Mums dan si Kecil. Dalam program ASI eksklusif, terapi ini menjadi salah satu cara menyusui yang baik untuk si Kecil.

Cara Memperbanyak ASI: Rutin Memijat Payudara

Memijat payudara secara rutin bisa menjadi salah satu cara alami memperbanyak produksi ASI. Mums bisa melakukan pijatan sambil menyusui si Kecil. Lakukan pijatan dengan benar agar cara ini berjalan optimal. Mulailah pijatan dari bagian pangkal payudara, tekan dinding payudara menggunakan dua jari yakni jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian, lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama 30 detik, buat gerakan memutari payudara hingga puting. Jika diibaratkan gerakan memutar tersebut seperti bentuk obat nyamuk. Lakukan pijatan hanya dari pangkal menuju puting, bukan sebaliknya.

Untuk cara memperbanyak ASI dengan melakukan pijatan pada payudara, Mums bisa melakukannya sendiri dengan beberapa langkah ini:

  • Olesi area sekitar payudara sampai ketiak menggunakan baby oil atau minyak zaitun.
  • Mulailah pemijatan dari area bawah ketiak (kelenjar getah bening). Pijatan lembut mampu membuat aliran darah lebih lancar. Jangan menekan payudara terlalu keras, karena dapat merusak jaringan kelenjar. Bila Ibu mulai merasakan hangat pada payudara, tandanya itu adalah respon baik untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya.
  • Topanglah payudara kanan dengan tangan kanan. Lalu, pijat payudara dengan gerakan spiral menggunakan dua atau tiga jari tangan kiri. Mulailah gerakan dari pangkal payudara lalu menuju puting. Lakukan gerakan yang sama untuk payudara kiri.
  • Letakkan kelima jari kiri yang sedikit diregangkan di atas pangkal payudara kanan. Kemudian, berikan pijatan dengan gerakan memutar sambil menekan payudara mulai dari pangkal payudara ke area puting bagian bawah. Lanjutkan gerakan ini yang dimulai dari samping dada menuju ke puting. Lakukan gerakan yang sama pada payudara kiri. Gerakan ini dapat membantu relaksasi dan meningkatkan produksi ASI.
  • Lanjutkan pijatan dengan mengurut dada. Caranya adalah dengan meletakkan kedua telapak tangan di atas dada atau di antara kedua payudara. Lakukan gerakan layaknya mengurut yang dimulai dari daerah di antara payudara lalu mengarah ke atas. Payudara akan seperti diangkat kemudian dilepaskan perlahan secara bersamaan. Terus lakukan gerakan ini sebanyak 30 kali.
  • Supaya cadangan ASI di dalam payudara berkurang, jepit perlahan area puting dengan telunjuk, jari tengah, dan jempol. Berikan jarak sekitar 1-1,5 cm dari puting. Pijatlah area puting dengan perlahan. Hindari gerakan meremas kencang, karena bisa menyakiti puting Ibu.
  • Masih menggunakan tiga jari yang sama, pijat area puting dengan perlahan seperti sedang memerah lembut yang dilakukan secara berulang. Gerakan ini bisa membuat cadangan ASI pada payudara berkurang dengan tidak merusak kelenjar payudara.
  • Lakukan pemijatan menyeluruh pada kedua payudara. Caranya adalah dengan mendorong kedua telapak tangan ke arah bawah secara bersamaan dengan gerakan memutar dan mengelilingi masing-masing payudara.

Cara Memperbanyak ASI: Makan Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI

5 Cara Alami Memperbanyak ASI, Apa Saja ya Mums?

Cara alami selanjutnya adalah mengonsumsi makanan yang bisa bermanfaat untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI. Tentunya pilih makanan yang alami dan bernutrisi tinggi ya, Mums. Sebagai contoh, Mums bisa mulai mengonsumsi beberapa makanan seperti oatmeal, bawang putih, wortel, ubi, bayam, brokoli, daun katuk, dan biji wijen. Konsumsi juga kacang-kacangan dan buah-buahan yang banyak mengandung asam folat seperti kacang almond dan buah pepaya. Variasikan sumber makanan tersebut menjadi beraneka masakan agar Mums tidak bosan saat mengonsumsi jenis makanan yang sama selama menyusui.

Itulah 5 cara alami yang bisa Mums lakukan untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI. Perlu Mums ingat, cara memperbanyak ASI di atas harus dilengkapi juga dengan asupan nutrisi yang sesuai. Bagaimanapun, tubuh Mums juga memerlukan nutrisi dan kalori untuk menghasilkan ASI. Konsumsi makanan yang bersih dan bergizi selama menyusui.

Mums juga bisa mengonsumsi susu ibu hamil dan menyusui untuk melengkapi asupan nutrisi harian. Namun, jangan sembarang mengonsumsi susu ya, Mums. Pilih susu bernutrisi tinggi yang bisa mendukung Mums dalam menghasilkan ASI berkualitas untuk si Kecil. Frisomum Gold Dualcare+ diperkaya dengan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi yang dipercaya mampu memenuhi asupan nutrisi harian Mums dan si Kecil. Frisomum Gold Dualcare+ diproduksi menggunakan metode Single Process sehingga kualitas nutrisi di dalam susu akan tetap terjaga. Penuhi kebutuhan nutrisi selama menyusui agar kesehatan Mums tetap terjaga dan tumbuh kembang si Kecil semakin optimal.