Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
5 Cara Ampuh Agar si Kecil Mudah Mengenal Huruf

5 Cara Ampuh Agar si Kecil Mudah Mengenal Huruf

Mengajarkan si Kecil untuk mengenal huruf memang membutuhkan kesabaran, terutama jika si Kecil masih masuk fase toddler atau balita. Walaupun demikian, hal tersebut tetap perlu Mums lakukan untuk merangsang kecerdasan otak si Kecil. Membantu si Kecil mengenal huruf sejak usia dini dapat menjadi bekal bagi si Kecil ketika ia mulai belajar membaca dan menulis kelak.

Dalam mengajarkan si Kecil mengenal huruf, Mums tentu harus memutar otak agar si Kecil mudah mengerti dan memahami apa yang Mums sampaikan. Selain itu, Mums juga dituntut kreatif untuk membuat cara-cara seru dan menyenangkan agar si Kecil tidak cepat bosan selama belajar mengenal huruf. Metode belajar dengan cara-cara yang menyenangkan dinilai tepat untuk mengenalkan huruf pada si Kecil. Sebab, cara ini membuat si Kecil lebih bersemangat dan tentunya lebih mudah memahami apa yang diajarkan. Lantas, seperti apa metode belajar yang menyenangkan dan ampuh membuat si Kecil mudah mengenal huruf? Yuk, intip ulasannya berikut ini Mums.

Mengenal Huruf dan Angka melalui Buku Cerita

5 Cara Ampuh Agar si Kecil Mudah Mengenal Huruf

Mengenalkan huruf pada si Kecil tidak berarti Mums langsung menunjukkan huruf A,B, C, D, dan seterusnya. Mulailah dengan langkah kecil seperti membacakan buku dongeng, bercerita, dan mengajak si Kecil menyanyikan lagu-lagu anak. Tiga hal tersebut menjadi persiapan dasar sebelum Mums mengenalkan huruf alfabet secara langsung pada si Kecil.

Saat membacakan buku, gunakan intonasi suara yang berbeda-beda agar si Kecil tertarik. Selain itu, tunjukkan buku yang Anda baca pada si Kecil, biasanya ia akan penasaran dengan apa yang ada dalam buku tersebut dan bertanya pada Mums tentang gambar atau tulisan yang ada di dalamnya. Pastikan Mums menjawab pertanyaan si Kecil dengan benar dan menyenangkan, agar ia tidak bosan untuk bertanya kepada Mums. Rasa penasaran si Kecil bisa menjadi langkah awal untuk mengenalkan huruf kepadanya.

Mengajarkan si Kecil tentang Namanya

Cara ampuh agar si Kecil mudah mengenal huruf adalah dengan mengajarkan huruf yang ada pada namanya. Tulis nama si Kecil, lalu jelaskan huruf-huruf yang ada dalam nama tersebut satu persatu. Selain menuliskan namanya, Mums bisa merangkai namanya menggunakan hiasan huruf alfabet agar semakin menarik. Setelah menjelaskan huruf-huruf yang ada dalam namanya, si Kecil akan mulai mengenali bentuk dari huruf tersebut. Seiring berjalannya waktu, ia akan menggabungkan huruf tersebut menjadi kata dan mulai melafalkan kata tersebut. Cara ini tidak hanya ampuh untuk memudahkan si Kecil mengenal huruf, namun juga mengajarkan si Kecil untuk mengerti dan memahami namanya.

Bermain Puzzle Huruf

5 Cara Ampuh Agar si Kecil Mudah Mengenal Huruf

Bermain puzzle huruf menjadi cara yang cukup efektif untuk mengenalkan huruf pada si Kecil. Tak hanya itu, permainan ini juga berguna untuk merangsang perkembangan motorik halus si Kecil. Pilih puzzle kayu berbentuk huruf dengan ukuran yang cukup besar agar mudah digenggam si Kecil. Kemudian, ajak si Kecil mencocokkan kepingan puzzle sambil menyebutkan huruf yang sedang dipegangnya.

Bernyanyi

Mengajak si Kecil untuk bernyanyi lagu ABCDE bisa jadi cara ampuh agar ia mudah mengenal huruf. Apalagi, jika Mums memilihkan lagu dengan video menarik dilengkapi dengan subtitle atau atraksi anak-anak kecil memegang replika huruf berukuran besar. Tak hanya bernyanyi lagu yang sudah ada, Mums juga dapat membuat lagu tentang huruf alfabet sendiri. Misalnya lagu yang memiliki lirik A untuk apel, B untuk belimbing, C untuk ceri, dan seterusnya. Cara ini akan membuat si Kecil lebih mudah mengingat, memahami, serta melafalkan huruf-huruf yang ia pelajari.

Mengenalkan Huruf Lewat Apa yang si Kecil Temui Sehari-hari

5 Cara Ampuh Agar si Kecil Mudah Mengenal Huruf

Kenalkan huruf lewat tulisan-tulisan yang ada di sekitar si Kecil seperti huruf di kotak seral favoritnya, huruf di toko mainan, dan sebagainya. Si Kecil akan merasa bosan apabila Mums terus-menerus menempatkan waktu khusus untuk mengenalkan huruf padanya. Oleh sebab itu, Mums bisa mengakalinya dengan mengajarkan huruf lewat apa yang ia temui di kesehariannya. Misalnya, saat berkunjung ke restoran, Mums bisa menyelipkan informasi mengenai huruf lewat ice cream, yogurt, atau kentang goreng yang dipesan si Kecil.

Baca Juga: Merangsang 9 Kecerdasan Majemuk si Kecil, Ini Caranya

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa Mums terapkan agar si Kecil mudah mengenal huruf. Berkreasilah untuk menciptakan cara-cara seru agar si Kecil tetap bersemangat dan tidak mudah bosan saat belajar. Namun tetap ingat ya, Mums, jangan pernah memaksa si Kecil untuk belajar ketika ia mulai bosan atau enggan belajar. Selalu jadikan belajar sebagai aktivitas yang menyenangkan dan berkesan. Dengan begitu, si Kecil akan cepat tanggap dalam memahami makna dari setiap proses belajarnya.

Dukung setiap kegiatan si Kecil termasuk kegiatan mengenal huruf dengan asupan makanan dan minuman yang bergizi. Selalu berikan kombinasi makanan yang tepat dan memiliki nutrisi tinggi. Jangan lupa juga untuk memberikan si Kecil susu pertumbuhan yang tepat agar tumbuh kembangnya optimal. Untuk si Kecil pada usia 3-6 tahun, pilihan paling tepat adalah Friso Gold 4. Kandungan nutrisi yang lengkap dapat membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Friso Gold 4 diproduksi dengan sistem yang sangat modern dan memiliki teknologi Locknutri. Teknologi Locknutri dapat menjaga kualitas alami nutrisi yang terkandung dalam susu sehingga menjamin nutrisi dapat diserap dan dicerna dengan optimal oleh tubuh si Kecil, membuatnya kuat dari dalam. Metode belajar yang menyenangkan serta nutrisi yang tercukupi dengan baik akan memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil dalam tiap tahapannya.