Lompat ke isi utama
5 Cara Kreatif Mengenalkan Warna pada si Kecil, Sudah Coba?

5 Cara Kreatif Mengenalkan Warna pada Anak, Sudah Coba?

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengenalkan warna pada Anak. Untuk membantu Mums, berikut 5 cara kreatif dan menyenangkan!

Apa ekspresi yang Mums dapatkan ketika anak melihat berbagai macam warna untuk pertama kalinya? Tentu ekspresi senang dan bahagia sekaligus excited bukan? Hal ini disebabkan karena rasa ingin tahu anak dan kekagumannya pada hal baru. Belajar mengenal warna bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, sekaligus bisa mengajarkan banyak hal di waktu yang bersamaan.

Pengenalan anak pada berbagai macam warna bisa memberikan stimulus pada kreativitas serta imajinasinya. Pada saat yang bersamaan, Mums juga akan turut memberikan stimulasi pada kemampuan anak mengenali dan mengidentifikasi warna. Tentu cara yang dilakukan sebaiknya adalah cara yang menyenangkan, karena semakin baik mood anak ketika diberikan rangsangan maka semakin baik pula daya serapnya.

Nah, untuk membantu Mums mengajarkan anak mengenal warna, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Apa saja cara tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kenalkan Makanan Beraneka Warna

5 Cara Kreatif Mengenalkan Warna pada anak, Sudah Coba?

Salah satu objek paling dekat dan mudah ditemui oleh anak adalah makanan. Terlebih ketika ia sudah mulai lepas dari ASI atau sudah mengkonsumsi makanan padat, belajar mengenal warna bisa dilakukan dengan media makanan. Berbagai macam jenis makanan memiliki warna dan corak yang unik, sehingga bisa jadi media belajar yang cukup efektif.

Selain ditemui secara rutin oleh anak, makanan dengan ragam warna yang berbeda juga akan memberikan nutrisi yang berbeda pula. Dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi harian, hal ini tentu sangat baik karena varian nutrisi yang masuk juga akan beragam. Jadi sembari belajar mengenal warna, anak juga akan mendapat asupan nutrisi lengkap setiap hari.

Berganti Warna Pakaian? Kenapa Tidak?

Pakaian juga menjadi salah satu item yang ditemui dan digunakan oleh anak setiap hari. Maka dari itu, pakaian juga bisa jadi media belajar mengenal warna yang baik. Mulai dari baju, celana, hingga sepatu atau kaus kaki, semua bisa dikombinasikan dengan seru. Sembari mix and match, Mums juga bisa mengajarkan warna apa saja yang ada di pakaian anak.

Belajar mengenal berbagai jenis warna dengan pakaian dinilai cukup efektif, karena bisa dilakukan setiap saat. Misalnya ketika Mums dan anak tengah menonton televisi atau bermain di kamar, Mums bisa dengan spontan menanyakan warna apa yang ada di pakaian anak saat itu.

Buku Cerita Bergambar

5 Cara Kreatif Mengenalkan Warna pada anak, Sudah Coba?

Membacakan dongeng sebelum tidur adalah salah satu rangsangan untuk melatih daya imajinasi dan kreativitasnya. Akan lebih baik, jika dongeng yang Mums bacakan juga memiliki banyak gambar berwarna, sehingga anak akan melihat berbagai warna tersebut sebelum ia tertidur.

Mendengarkan dongeng yang dibacakan sekaligus melihat gambar yang ada akan membantu anak mengasosiasikan benda, tokoh, dan hal di dalam dongeng dengan warna yang ia lihat. Memang hal ini tidak bisa dilakukan sekali kemudian memberikan hasil. Membacakan dongeng bergambar pada anak sebaiknya dilakukan secara rutin agar stimulus yang diberikan bisa diterima dengan optimal.

Bermain Pewarna Cair, Jangan Takut Kotor!

Salah satu cara yang cukup efektif dan menyenangkan untuk mengajarkan anak mengenal warna adalah dengan bermain menggunakan pewarna cair atau cat, yang tentu saja aman bagi anak-anak. Kuncinya hanya satu, baik Mums atau anak jangan takut untuk berkotor-kotoran!

Selain dapat mengenalkan anak pada warna yang digunakan, bermain dengan cat warna seperti ini juga akan merangsang perkembangan kemampuan motorik halus yang dimiliki anak. Ketika ia mencelupkan tangan ke cat, ia akan merasakan tekstur dan melihat secara langsung cat yang digunakan. Secara berkesinambungan, banyak sekali kemampuan yang akan terangsang.

Manfaatkan Media Interaktif untuk Mengenal Warna

5 Cara Kreatif Mengenalkan Warna pada anak, Sudah Coba?

Berbagai media kini sangat mudah diakses oleh setiap orang, termasuk juga Mums. Ini dapat dimaksimalkan sebagai alat bantu untuk anak belajar banyak hal dan memberikan stimulus pada tumbuh kembangnya. Tentu, pemilihan konten yang tepat harus dilakukan agar anak benar-benar mendapatkan manfaat sepenuhnya.

Media seperti YouTube misalnya, ada situs-situs yang mengkhususkan diri memberikan layanan permainan interaktif, bisa digunakan. Dengan interaksi yang intens antara Mums dan anak ketika bermain bersama, stimulus yang diterima anak akan dapat diserap dengan lebih baik karena ia merasa nyaman.

Baca Juga : Merangsang Perkembangan Motorik Halus, Ini 5 Stimulusnya!

Mengenal warna merupakan tahap rangsangan yang akan diperlukan anak sejak usia dini. Dengan demikian, kemampuan berpikir, imajinasi, serta kreativitasnya akan terus terasah dan benar-benar optimal di usia idealnya. Untuk mendukung rangsangan yang Mums berikan dengan permainan di atas, Mums juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Makan makanan bergizi serta berikan Friso Gold 4 sebagai pelengkap nutrisi harian. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh anak dan membantunya kuat dari dalam.