Lompat ke isi utama
Sariawan

5 Cara Mengatasi Sariawan Secara Alami yang Aman untuk Anak

Cara mengatasi sariawan pada anak harus dilakukan dengan tepat dan aman agar tidak berbahaya terhadap kesehatannya. Simak tipsnya di sini

Kita saja yang sudah dewasa pasti sangat terganggu saat sariawan tiba-tiba muncul, apalagi jika dialami oleh anak-anak ya, Mums? Anak yang mengalami sariawan biasanya akan sulit makan dan rewel karena rasa nyeri yang muncul. Jika kondisi ini dibiarkan, maka tidak hanya mengganggu kenyamanan anak, tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatannya. Oleh karena itu, sebaiknya Mums mengetahui cara mengatasi sariawan pada anak yang aman. 

Cara mengatasi sariawan perlu diketahui sejak awal sebagai langkah antisipasi bila suatu saat anak mengalami kondisi ini. Bila Mums mengetahui cara mengatasi sariawan jauh sebelumnya, maka Mums tidak akan khawatir dan bingung saat anak rewel, susah makan, bahkan tantrum karena sariawan.

Apalagi cara mengatasi sariawan pada anak cukup berbeda dengan orang dewasa. Ini karena anak-anak sebaiknya tidak diberikan obat-obatan yang sembarangan untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul. Jika Mums memberikan obat yang tidak tepat, dikhawatirkan bisa memicu masalah lain, terutama bila anak memiliki riwayat alergi tertentu. Itulah sebabnya, akan lebih baik jika cara mengatasi sariawan pada anak dilakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang aman.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi sariawan pada anak yang bisa Mums lakukan di rumah, antara lain:

  1. Berkumur menggunakan air garam

    Cara mengatasi sariawan yang pertama yaitu berkumur dengan berkumur menggunakan air garam. Luka sariawan yang dialami anak dapat meradang bahkan membengkak. Namun, Mums tidak perlu khawatir karena bisa melakukan cara mengatasi sariawan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur, salah satunya garam. 

    Melansir laman resmi hellosehat.com, penelitian menunjukkan bahwa garam dapat membantu meredakan peradangan, mengurangi rasa sakit, dan menghilangkan bakteri di dalam mulut. Maka dari itu, sejak zaman dahulu, garam sudah menjadi obat alami sebagai salah satu cara mengatasi sariawan dan peradangan lainnya. 

    Untuk membuat larutan garam sebagai cara mengatasi sariawan, Mums cukup mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat, lalu aduk sampai rata. Minta anak untuk berkumur menggunakan larutan ini selama beberapa detik, kemudian buang bekas airnya. Mums bisa meminta anak berkumur sebanyak 2-3 kali dalam sehari. 

  2. Kompres dingin

    Selain menggunakan air garam, cara mengatasi sariawan juga bisa dilakukan dengan cara mengompres mulut anak menggunakan kompres dingin. Tahukah Mums bahwa kompres dingin juga termasuk obat alami yang digunakan secara turun temurun dan masih dipilih oleh banyak orang tua untuk mengatasi sariawan karena mudah, cepat, dan terjangkau. 

    Mengapa kompres dingin bisa jadi cara mengatasi sariawan? Karena suhu dingin dapat memberikan efek baal untuk sementara waktu pada saraf di sekitar area yang bermasalah sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. 

    Di samping itu, suhu dingin juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di bagian mulut yang terluka. Dengan begitu, rasa perih, nyeri, dan sensasi ‘nyut-nyutan’ yang anak keluhkan dapat mereda secara perlahan. 

    Cara mengatasi sariawan yang satu ini sebenarnya cukup mudah, Mums bisa membungkus beberapa bongkah es batu menggunakan kain atau handuk kecil yang bersih. Setelah itu, tempelkan bungkusan es batu tersebut di bagian mulut yang terasa nyeri. 

    Mums dapat mengulangi kompres dingin tersebut sampai beberapa kali dalam sehari guna memberikan kenyamanan pada anak. Jika di rumah tidak ada es batu, berkumur dengan segelas air dingin juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi sariawan pada anak. 

  3. Mengoleskan madu pada luka sariawan

    Penelitian dalam jurnal Quintessence International menunjukkan bahwa madu merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Selain itu, penelitian lain yang dipublikasi dalam Iranian Red Crescent Medical Journal juga menyebut madu sebagai salah satu cara mengatasi sariawan yang cukup efektif jika dibandingkan terhadap air dingin. 

    Manfaat tersebut bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi di dalam madu yang bersifat antibakteri dan antiradang. Itulah sebabnya, tak heran jika madu turut masuk ke dalam daftar obat sariawan alami yang aman untuk anak-anak. 

    Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak semua jenis madu bisa jadikan obat alami sariawan pada anak ya, Mums. Sebaiknya Mums memilih madu manuka karena jenis madu ini tidak dipasteurisasi sehingga masih banyak kandungan nutrisi alami di dalamnya yang lebih berkhasiat. 

    Cara mengatasi sariawan ini bisa Mums lakukan dengan mengoleskan madu manuka ke bagian yang terluka akibat sariawan sebanyak 4 kali sehari. Selain itu, anak juga dapat mengonsumsi madu tersebut untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

    Cara mengatasi sariawan yang satu ini memang aman bagi anak-anak, tetapi tidak untuk bayi. Pasalnya, madu tidak boleh dikonsumsi oleh bayi baru lahir sampai usia 1 tahun karena madu dapat mengandung bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan botulisme, yaitu salah satu penyakit keracunan pada bayi. 

  4. Menggunakan kantong teh hitam celup

    Cara mengatasi sariawan secara alami lainnya yaitu menggunakan kantong teh hitam celup yang telah digunakan untuk menyeduh teh. Mums cukup menempelkan kantong teh celup tersebut di bagian mulut anak yang terluka akibat sariawan, lalu diamkan selama beberapa menit.

    Cara mengatasi sariawan ini bisa menjadi salah satu pertolongan pertama karena kandungan tanin dalam teh hitam dapat membantu mengurangi rasa sakit yang timbul akibat luka sariawan. Menariknya, senyawa tanin juga ditemukan di dalam beberapa jenis obat pereda nyeri yang umum dikonsumsi. 

  5. Memberikan makanan bergizi seimbang

    Cara mengatasi sariawan yang tak kalah penting yaitu memberikan anak makanan bergizi seimbang secara rutin. Saat sariawan, anak pasti akan sulit untuk makan dan minum. Jika Mums tidak memberikan makanan yang bergizi, maka kondisinya pun akan semakin parah. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak meski ia sulit makan. 

    Mums dianjurkan untuk memberikan makanan kaya nutrisi, terutama yang mengandung protein, asam lemak, vitamin C, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), vitamin B12, zinc, dan zat besi. Beberapa contoh makanannya antara lain jeruk, kiwi, tomat, stroberi, brokoli, bayam, kale, susu, yoghurt, telur, ikan, daging sapi, daging ayam, kentang, labu kuning, dan air kelapa. 

    Pastikan makanan tersebut diolah secara tepat dengan tekstur yang lunak dan lembut. Selain itu, hindari memasak dan memanaskan makanan lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak sehingga lebih mudah dicerna oleh anak.

Mums bisa menambahkan susu FRISO Gold 4 karena mengandung protein, prebiotik, probiotik, nukleotida, serta beragam vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan anak. FRISO Gold 4 merupakan susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu agar membantu anak kuat dari dalam.

Selama masa pemulihan, anak juga harus menghindari jenis makanan yang bisa membuat luka sariawan semakin parah, seperti makanan terlalu asam, pedas, dan panas. Kurangi makanan yang bertekstur keras, seperti snack. Sariawan pada anak umumnya akan sembuh sendiri dalam rentang waktu 1-2 minggu. Namun, jika gejala sariawan makin mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. 

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang