Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Cara Sederhana Mengajari si Kecil Sikap Sopan Santun kepada Orang Tua

5 Cara Sederhana Mengajari si Kecil Sikap Sopan Santun kepada Orang Tua

Kesadaran pada sopan santun tentu menjadi hal penting untuk diajarkan pada anak-anak sejak dini. Bukan karena kita hidup di Indonesia yang memiliki budaya ketimuran, namun lebih kepada menjadi manusia yang sepantasnya. Budaya sopan santun kepada orang tua merupakan salah satu hal paling dasar dalam mengajari nilai baik kepada si Kecil di lingkungan keluarga.

Si Kecil yang diajarkan sikap sopan sedari kecil akan memiliki pembawaan yang lembut dan menghargai orang lain dengan baik. Selain itu, secara sosial juga watak ini menunjukkan bahwa si Kecil berasal dari keluarga yang bermartabat serta bisa menghargai orang lain. Memang tidak mudah untuk menanamkan sopan santun pada anak-anak, namun orang tua tentu memiliki trik jitu untuk melakukannya.

Pengalaman menjadi guru paling berguna, terlebih untuk mengajari si Kecil sopan santun. Setiap orang tua bisa berkaca pada apa yang dahulu pernah dialami dan diajarkan oleh kakek dan nenek, untuk diturunkan kepada anaknya. Pengulangan ini terus terjadi dan merupakan cara yang cukup efektif mengajari si Kecil sopan santun pada orang lain.

Untuk memudahkan orang tua dalam mengajarkan sopan santun, berikut kami rangkum beberapa tips dan trik jitu. Beberapa mungkin berhasil, dan beberapa mungkin gagal. Namun berikut tips yang bisa orang tua coba untuk mengajari si Kecil mengenai sopan santun.

Pengenalan ‘Sopan Santun’

Poin pertama adalah pengenalan kata ‘sopan santun’ kepada si Kecil sejak dini. Penanaman kata ini harus dilakukan sedini mungkin agar si Kecil memiliki ingatan laten yang tidak bisa dilupakannya. Seiring bertambahnya usia, si Kecil akan belajar sedikit demi sedikit arti dan makna dari frasa tersebut, sehingga nilai yang diserapnya akan lebih mudah dipahami dan diaplikasikan.

Kemampuan Menghormati

Perilaku yang baik didasari oleh kemampuan si Kecil untuk menghormati orang lain, baik teman sebaya, atau orang yang lebih tua. Hal ini muncul akibat dari sensitivitas yang dimiliki si Kecil. Artinya, ketika si Kecil memiliki sensitivitas akan perasaan orang lain, maka secara otomatis akan timbul kemampuan menghormati dan menghargai orang lain di sekitarnya.

Kemampuan ini bisa diajarkan melalui berbagai cara. Paling mudah dan praktis adalah melalui permainan menirukan emosi dan ekspresi. Meski terlihat sederhana, permainan ini memberikan dasar sensitivitas dan kemampuan identifikasi pada diri si Kecil terhadap emosi yang dirasakan orang disekitarnya.

Lima Frasa Penting

Dalam konteks bahasa Inggris, dikenal lima frasa penting untuk menanamkan kesopanan pada anak-anak. Di antaranya adalah ‘please’, ‘thank you’, ‘excuse me’, ‘may i’ dan ‘no, thank you’. Kelima frasa ini memiliki nilai kesopanan tersirat yang nampak dengan mudah ketika diucapkan oleh setiap orang.

Kewajiban orang tualah kemudian untuk ‘mencerna’ konsep ini dan mengajarkannya pada anak-anak. Konsep lima frasa ini sebenarnya sederhana namun bisa menunjukkan betapa si Kecil menghargai hak orang lain. Kemampuan meminta dengan sopan dan menolak dengan sopan perlu dimiliki ketika si Kecil berinteraksi dengan banyak orang di kemudian hari.

Memberikan Contoh Nyata

Memberikan contoh nyata bisa dilakukan ketika orang tua mengajak si Kecil berkunjung ke rumah kakek dan neneknya. Ketika bertemu, pastikan orang tua mengucapkan salam dengan hangat dan menghampiri kakek dan nenek terlebih dahulu. Gestur tubuh mencium tangan juga bisa jadi gimik yang baik untuk menunjukkan betapa orang tua menghormati kakek dan nenek si Kecil.

Si Kecil yang melihat gestur ini secara langsung akan merekamnya dalam ingatan dan mencoba menirukan hal tersebut. Ingat, si Kecil merupakan makhluk peniru paling hebat yang ada. Ketika orang tua dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik, maka itu yang akan diingat oleh si Kecil dan dilakukannya.

Koreksi Langsung

Proses belajar tidak akan terasa lengkap tanpa adanya kesalahan. Begitu pula dengan proses pembelajaran sopan santun kepada orang tua. Ketika si Kecil sudah mulai bisa menirukan dan melakukan apa yang dicontohkan orang tua, orang tua tidak bisa selalu mengharap si Kecil melakukan hal tersebut dengan benar.

Ketika terjadi kesalahan, sebaiknya orang tua memberikan koreksi secara langsung secara halus dan sopan pula. Si Kecil yang ditegur secara langsung lebih mudah memahami kesalahan yang dibuatnya, sehingga ia akan lebih mudah untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut. Pastikan menegur si Kecil dengan cara yang sopan, agar si Kecil merasa dihargai dan lebih memahami arti kesopanan tersebut.

Mengajarkan nilai baik pada si Kecil memerlukan proses panjang yang mungkin melelahkan pada beberapa titik. Namun demikian, demi pribadi si Kecil yang terbentuk dengan baik, orang tua harus melakukan hal ini dengan kompak dan telaten.

Untuk menunjang proses pembelajaran yang optimal, si Kecil memerlukan asupan nutrisi yang baik pula. Susu Friso Gold 4 bisa menjadi pilihan tepat untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan si Kecil. Dengan kandungan nutrisi lengkap dan teknologi Locknutri yang dimiliki, Friso Gold 4 menjaga kualitas dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mum juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resmi Friso pada bagian bawah laman situs tersebut secara langsung.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang