Lompat ke isi utama
5 Ciri Bayi Pintar, Mana yang Ditunjukkan si Kecil?

5 Ciri-Ciri Bayi Pintar, Manakah yang Ditunjukkan?

Salah satu contoh ciri-ciri bahwa anak memiliki kepintaran sejak bayi adalah bahwa ia selalu memberikan respon pada apa yang terjadi atau padanya.

Melihat anak tumbuh menjadi seorang anak yang pintar dan cerdas tentu menjadi impian banyak orang tua. Bayi pintar sendiri sebenarnya dapat dilihat dari beberapa tanda yang ditampakkan. Tentu, setiap fase tumbuh kembang memerlukan stimulus yang tepat, namun jika anak sudah memperlihatkan beberapa tanda bayi cerdas, maka stimulus yang diberikan akan dapat diserap dengan lebih cepat.

Dengan ‘modal awal’ kecerdasan yang dimilikinya sejak bayi, Mums dapat lebih mudah mengarahkan dan mengajarkan anak berbagai hal. Salah satu contoh tanda bahwa anak memiliki kepintaran sejak bayi adalah bahwa anak selalu memberikan respon pada apa yang terjadi atau padanya.

Baca Juga : Mencukupi Kebutuhan Zat Besi anak, Apa Urgensinya?

Contoh lain dari tanda bayi pintar bisa Mums lihat pada penjelasan di bawah ini.

Melalui Milestone Tumbuh Kembang dengan Cepat

Setiap fase tumbuh kembang memiliki milestone tersendiri yang menjadi acuan bahwa anak tumbuh secara ideal. Namun demikian ketika anak memiliki kepintaran di atas rata-rata, maka milestone tumbuh kembang ini dapat dicapai lebih awal dari usia idealnya. Ini menandakan daya tangkap anak tinggi, dan ia dapat menyerap rangsangan dengan baik.

Misalnya saja, ketika usia 3 bulan anak sudah dapat duduk sendiri. Milestone yang harusnya baru dicapai beberapa waktu lagi dapat dilewati anak lebih awal. Contoh lain adalah ia dapat mengucapkan beberapa kata dengan jelas pada usia 9 atau 10 bulan. Hal ini dapat menjadi indikasi bahwa anak memiliki tingkat kepintaran di atas rata-rata/

Fokus yang Baik

Biasanya, anak-anak akan memiliki sifat dan kecenderungan cepat bosan. Bukan berarti salah, namun ini adalah sifat alami dari anak-anak. Fokus yang belum terlatih membuat mereka mudah terdistraksi oleh hal lain yang hadir ketika anak melakukan sesuatu.

Nah pada bayi cerdas, fokus yang dimiliki akan lebih tinggi. Ketika Mums memberikannya mainan, ia akan asyik bermain tanpa mudah terganggu oleh mainan atau hal lain yang ada di sekitarnya. Dengan memperlihatkan fokus yang lebih tinggi, katakanlah 15 menit dengan satu mainan saja, maka dapat menjadi tanda bahwa anak adalah anak yang cerdas?

Baca Juga : Manfaat Kartun Anak Sekolah untuk Tumbuh Kembang anak

Ingin Mencari Tahu Terus-Terusan

Anak yang cerdas dan pintar memiliki rasa penasaran yang tinggi. Anak akan cenderung terus ingin mencari tahu mengenai barang-barang dan kejadian di sekitarnya. Mainan baru, benda baru yang dilihat, warna baru pada kamar dan pakaiannya, ekspresi Mums, dan lain sebagainya.

Ketika ia mulai dapat berbicara, anak akan mengajukan banyak pertanyaan dan menggalinya. Nah, untuk yang satu ini, Mums perlu memiliki kesabaran ekstra agar dapat memberikan jawaban pada anak dengan tepat. Pastikan anak memahami jawaban yang Mums sampaikan, dan gunakan kata-kata yang tidak terlalu rumit ya.

Tidak Rewel Jika Ditinggal atau Bermain Sendiri

Mengasuh anak idealnya dilakukan sepanjang hari, mulai dari ia terbangun hingga ia tertidur di malam hari. Pada beberapa kondisi yang mengharuskan Mums mengerjakan sesuatu, ada kalanya anak akan ditinggal sendirian di kamar. Tidak sedikit anak-anak yang akan rewel dan menangis ketika ditinggal sendirian terlalu lama. 

Salah satu indikasi bayi pintar adalah ia tidak mudah rewel dan menangis ketika ditinggal sendirian. Alih-alih rewel, ia akan banyak bermain dengan mainan yang Mums berikan padanya. Anak bisa menikmati ‘me time’ dengan baik, sehingga juga akan memudahkan banyak kegiatan Mums yang mungkin harus meninggalkannya.

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak dengan Pola Hidup Sehat

Memiliki Berat Badan Di Atas Rata-Rata

Ketika anak lahir ke dunia, akan sangat menyenangkan melihatnya memiliki berat yang ideal atau di atas rata-rata bukan Mums? Anak akan terlihat sangat menggemaskan dan membuat siapa saja yang melihatnya merasa senang. Ternyata, hal ini tidak hanya membawa kebahagiaan untuk orang di sekitarnya lho.

Berat badan di atas rata-rata yang dimiliki anak ketika lahir dapat menjadi tanda awal bahwa anak memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Bayi yang lahir dalam keadaan gemuk idealnya mendapat asupan nutrisi yang sangat baik ketika ia berada dalam kandungan, sehingga akan memiliki potensi perkembangan otak dan fisik yang lebih baik pula.

Baca Juga : Milestone Perkembangan Bayi 3 Bulan, Simak Selengkapnya ya Mums!

Jika anak ketika lahir atau pada usia dini sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, maka dapat menjadi tanda bahwa ia memiliki ‘modal’ kecerdasan di atas rata-rata. Tinggal sisanya diberikan rangsangan yang tepat serta semua hal yang dapat mendukung proses tumbuh kembang, agar potensi yang dimiliki benar-benar dapat dikembangkan secara maksimal.

Ciri bayi pintar di atas adalah ciri umum yang biasanya ditunjukkan oleh kebanyakan bayi. Bukan berarti ketika anak tidak menunjukkan indikasi di atas ia tidak pintar, semua anak dilahirkan dengan kepintaran dan kecerdasan. Hal terpenting bukan pada modal kepintaran bawaan, namun pada rangsangan yang Mums berikan ketika mendampingi setiap fase tumbuh kembangnya. Jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya, sehingga ia tumbuh dengan optimal.