Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
5-Ciri-Kecerdasan-Emosional-pada-si-Kecil-Mums-Wajib-Tahu

5 Ciri Kecerdasan Emosional pada si Kecil, Mums Wajib Tahu!

Emotional Intellectual Quotient (EQ) atau kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk memahami perasaan diri sendiri serta perasaan orang lain sehingga si Kecil dapat lebih mudah bergaul dengan orang lain. Kecerdasan emosional berperan penting bagi perkembangan si Kecil di masa depan. Kemampuan ini mampu membuat si Kecil memiliki kontrol emosi yang sehat. Bahkan, penelitian membuktikan kecerdasan emosional adalah penentu terbesar kebahagiaan dalam hidup.

Si Kecil yang cerdas secara emosi akan bisa mengelola emosinya, menerima diri sendiri dan orang lain, serta lebih bisa berempati pada orang lain dan lingkungan. Selain itu, si Kecil dengan kecerdasan emosi yang tinggi akan memiliki pribadi yang ramah, kooperatif, optimis, serta dapat memecahkan masalah. Agar Mums bisa mengetahui tentang kecerdasan emosional lebih lanjut, langsung saja, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Kecerdasan Emosional pada si Kecil

5 Ciri Kecerdasan Emosional pada si Kecil, Mums Wajib Tahu!

Jika Mums ingin mengembangkan kecerdasan emosional pada si Kecil, maka Mums perlu mengetahui ciri-ciri si Kecil yang memiliki kemampuan ini terlebih dahulu. Umumnya, si Kecil yang telah memiliki kemampuan ini akan menunjukkan perilaku seperti berikut ini.

Mampu Mengenali Emosinya

Salah satu ciri si Kecil yang cerdas secara emosi yaitu ia mampu mengenali emosi itu sendiri, terutama emosi yang dirasakannya. Saat si Kecil mampu mengungkapkan emosi dasar dalam dirinya, ia akan mengembangkan ungkapan emosi tersebut menjadi lebih kompleks seiring berjalannya waktu.Emosi dasar yang umumnya diungkapkan si Kecil adalah emosi senang, sedih, dan marah. Mums perlu melatih kemampuan emosinya agar si Kecil lebih bisa mengidentifikasi perasaan yang ia rasakan.

Mendengarkan dengan Baik

Jika si Kecil mulai bisa menceritakan cerita yang ia dapat dari teman-temannya, berbahagialah Mums. Sebab, hal tersebut menandakan si Kecil sudah memiliki potensi cerdas secara emosi. Teman-teman si Kecil yang bercerita padanya menandakan si Kecil mampu menjadi pendengar yang baik. si Kecil yang mampu mendengarkan orang lain dengan baik biasanya akan memiliki empati yang tinggi untuk orang lain.

Berperilaku Baik kepada Orang Lain

Selain mampu mengenali emosinya, si Kecil yang cerdas secara emosi akan lebih mampu responsif untuk berbuat kebaikan pada sesama. Bahkan, tanpa diminta ia akan berbuat baik karena panggilan hatinya. Itu tandanya si Kecil memiliki etika dalam bersosialisasi sehingga lingkungannya dapat merasa nyaman dan terbantu. Contoh-contoh kebaikan yang biasanya dilakukan si Kecil adalah menolong temannya saat terjatuh dan menghibur temannya yang menangis.

Memahami Dampak Perilakunya

Si Kecil yang memiliki potensi cerdas secara emosi akan memahami dampak dari perilaku yang ia perbuat. Misalnya, saat ia nakal Mums, si Kecil tahu Mums akan kecewa padanya. Saat kecerdasan emosi si Kecil semakin meningkat, ia akan memikirkan dengan baik apa yang ia perbuat akan berdampak pada perasaan orang lain. Namun, kecerdasan emosional yang tinggi tidak muncul begitu saja. Mums perlu melakukan beberapa kebiasaan atau pola asuh yang tepat untuk mengembangkan hal itu.

Baca Juga: Mainan Anak 1 Tahun untuk Merangsang Kecerdasan si Kecil [4 Macamnya]

Pola Asuh untuk Mengasah Kecerdasan Emosional

5 Ciri Kecerdasan Emosional pada si Kecil, Mums Wajib Tahu!

Mums perlu membantu si Kecil belajar mengenai emosinya dan memberikan solusi yang efektif. Salah satu caranya adalah melalui pola asuh yang tepat. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Mums lakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosional si Kecil.

Selalu Berusaha Menjadi Role Model

Pada prinsipnya, si Kecil membutuhkan contoh konkret sehingga ia bisa menirunya. Mums tentu menjadi guru pertama yang bisa si Kecil contoh. Oleh karena itu, jadilah contoh yang baik agar si Kecil bisa cerdas secara emosi. Mums bisa mengajarkan empati pada si Kecil dalam berbagai kesempatan seperti memberi makan hewan, memberi bantuan pada orang yang membutuhkan, menyiram tanaman, dan sebagainya. Si Kecil akan belajar berbagai hal melalui perilaku. Jadi, pastikan Mums bisa role model yang baik untuk si Kecil.

Aktif Mendengar si Kecil

Mums harus bisa menjadi pendengar yang aktif untuk si Kecil. Hal tersebut bisa membuat si Kecil memiliki perilaku yang sama yaitu menjadi pendengar yang baik. Cobalah untuk selalu responsif dalam mendengar ceritanya. Saat Mums mendengarkan ceritanya dengan baik, ia pasti akan senang.

Saat mendengarkan, posisikan mata sejajar dengan si Kecil sehingga ia akan merasa nyaman. Saat si Kecil bercerita, buatlah suasana menjadi sesantai mungkin agar si Kecil merasa dirinya didengar dan dihargai oleh orang di sekitarnya, terutama di mata Mums.

Apresiasi saat si Kecil Melakukan Kebaikan

5 Ciri Kecerdasan Emosional pada si Kecil, Mums Wajib Tahu!

Berilah pujian atas pencapaian kebaikan yang telah si Kecil lakukan. Mums tidak perlu mengatakan secara langsung bahwa si Kecil baik atau cerdas, hal tersebut mungkin akan membuat si Kecil mudah puas dan berhenti bereksplorasi pada kemampuannya. Mums hanya perlu memberikan pujian atas apapun yang ia kerjakan.

Ubah Mindset tentang Kecerdasan

Mulai saat ini, mulai ubah mindset kecerdasan intelektual adalah segalanya. Sebab, hal tersebut hanya akan berpengaruh buruk pada pola asuh dalam mengembangkan kecerdasan si Kecil. Tetaplah seimbang dalam memberikan stimulus pada si Kecil, mulai dari kecerdasan intelektual, emosional, hingga spiritual. Dengan cara tersebut, si Kecil dapat memiliki kecerdasan secara holistik dan memiliki kepribadian yang positif.

Itulah beberapa hal yang perlu Mums ketahui mengenai kecerdasan emosional si Kecil. Mums bisa menerapkan pola asuh yang tepat untuk mengembangkan kecerdasannya. Pola asuh yang tepat akan merangsang tumbuh kembangnya, termasuk aspek kecerdasannya. Untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal, Mums bisa melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan Friso Gold 3. Susu pertumbuhan ini mengandung ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zinc, Zat Besi, serta Selenium yang baik untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Lakukan upaya yang maksimal dalam setiap fase tumbuh kembangnya agar si Kecil sehat, cerdas, dan pintar!