Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
5 Fase Tumbuh Kembang Bayi, Ini Poin Pentingnya!

5 Fase Tumbuh Kembang Bayi, Ini Poin Pentingnya!

Setiap fase tumbuh kembang si Kecil merupakan keajaiban yang selalu mengesankan. Hal-hal baru yang bisa dilakukan, kemampuan yang perlahan muncul dan mengejutkan, serta setiap detail kecil yang terasa seperti anugerah terindah, perlu selalu Mums cermati. Tumbuh kembang bayi sendiri selain mengesankan, juga perlu mendapat perhatian yang benar-benar cermat.

Mengapa demikian? Bukankah tumbuh kembang bayi akan terjadi secara alami seiring pertambahan usia? Ya, hal ini memang benar. Namun demikian si Kecil juga memerlukan asupan nutrisi serta rangsangan yang baik. Selain itu, mengetahui bagaimana si Kecil tumbuh secara ideal juga dapat membantu Mums meminimalisir resiko kesehatan yang bisa berdampak pada tumbuh kembang si Kecil jangka panjang.

Lalu adakah tahapan ideal tumbuh kembang bayi yang bisa dijadikan acuan?

Usia Baru Lahir Hingga 1 Bulan

5 Fase Tumbuh Kembang Bayi, Ini Poin Pentingnya!

Si Kecil akan lahir dengan panjang dan berat tertentu. Pada hari kedua kehidupannya, ia akan kehilangan 10% berat tubuhnya. Namun demikian Mums tak perlu cemas, karena ini adalah hal yang alami. Nanti setelah bertambah usia, si Kecil akan mendapatkan kembali berat badan yang hilang tersebut.

Secara fisik, si Kecil akan mengalami pertambahan berat sekitar 30 gram setiap hari. Untuk panjang tubuh, ia akan mendapatkan sekitar 3 sampai dengan 4 cm setiap bulan. Pertumbuhan lain yang nampak signifikan adalah lingkar kepala, yang akan bertambah sekitar 2 sampai 3 cm. Untuk organ vital lain seperti mata, belum dapat berfungsi sempurna karena tubuhnya masih belum sampai pada tahap tersebut.

Usia 1 Sampai 3 Bulan

Penambahan berat badan si Kecil cenderung akan cukup pesat. Pada setiap bulan, ia akan bertambah sekitar 700 hingga 900 gram. Panjang tubuh akan bertambah 2 sampai 3 cm setiap bulan, dan lingkar kepala di angka 1 sampai 1,5 cm setiap bulannya. Asupan ASI yang berkualitas perlu dipastikan agar tumbuh kembang bayi benar-benar optimal pada usia ini.

Lalu apa saja ‘kemampuan’ yang dimilikinya? Si Kecil sudah mampu mengangkat kepala dan dada ketika pada posisi tengkurap. Kemudian mata si Kecil juga mulai tanggap dan memberikan respon pada benda bergerak atau cahaya. Motorik halus seperti gerakan jari sudah mulai muncul, meski belum mahir. Ia juga dapat mengenali suara yang sering didengar dan yang asing, serta sudah mampu menggerakkan tangan untuk menggapai benda yang ada di sekitarnya (meski belum bisa sepenuhnya).

Tumbuh Kembang Bayi Usia 4 Sampai 6 Bulan

5 Fase Tumbuh Kembang Bayi, Ini Poin Pentingnya!

Jika dibandingkan dengan berat lahir, si Kecil kini sudah memiliki berat 2 kali lipat. Dengan catatan, si Kecil tumbuh dengan asupan ASI dan tingkat kesehatan yang baik, sehingga tumbuh kembang bayi berjalan optimal. Untuk pertambahan panjang badan adalah sekitar 1,5 sampai 2,5 cm setiap bulan, dan lingkar kepala akan bertambah antara 1 sampai 1,5 cm setiap bulan.

Tumbuh kembang si Kecil, secara ideal pada usia ini, sudah dapat melakukan beberapa hal. Seperti misalnya, tersenyum pada orang yang berinteraksi dengannya, sudah bisa melakukan kontak mata, sudah mampu berguling, mengucapkan beberapa kata secara tidak jelas, hingga gerakan kaki menjejak ketika diberdirikan. Tentu hal ini perlu mendapat rangsangan yang tepat dan intens.

Bayi Di Usia 7 Sampai 9 Bulan

Penambahan berat badan si Kecil pada fase ini adalah sekitar 450 gram setiap bulannya. Dengan disertai pertambahan panjang sekitar 1,5 cm, dan pertambahan lingkar kepala 0,5 sampai 1 cm. Tentu angka ini bukan merupakan angka yang pasti, karena akan banyak dipengaruhi oleh beberapa variabel. Namun demikian, angka ini adalah angka ideal dan sebagai acuan saja.

Beberapa kemampuan yang sudah dimilikinya antara lain mampu merangkak dengan tangan dan lutut, kemudian mampu duduk secara mandiri tanpa harus disangga, mampu mencoba berdiri dengan cara berpegangan, serta mampu mengatakan mama dengan cukup jelas. Rangsangan gerakan dan pendampingan Mum sangat diperlukan, agar fase ini benar-benar optimal.

Usia 10 Sampai 12 Bulan

5 Fase Tumbuh Kembang Bayi, Ini Poin Pentingnya!

Pada usia 10 sampai dengan 12 bulan berat tumbuh kembang bayi sudah memiliki berat sebanyak 3 kali lipat dari berat lahirnya. Untuk penambahan lingkar kepala dan panjang badan, sekitar 0,6 cm setiap bulannya. Angka ini akan sedikit berbeda pada bayi laki-laki dan perempuan.

Tumbuh kembang bayi juga mulai memperlihatkan kemampuan yang lebih baik pada penggunaan organ tubuh dan koordinasi gerak. Misalnya seperti mampu memegang benda kecil (makanan atau mainan kecil), berdiri dan berjalan tanpa bantuan orang lain, mencari perhatian dan menunjuk benda, serta memberi respon pada pertanyaan yang diberikan.

Baca Juga : Menyikapi si Kecil yang Terkena Cacar Air [4 Cara Ampuh]

Uraian singkat diatas mengenai tumbuh kembang bayi merupakan acuan dasar saja. Banyak faktor yang akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya, namun Mums dapat mengupayakan yang terbaik untuk si Kecil. Berikan rangsangan yang intens serta asupan ASI berkualitas. Untuk membantu menjaga kualitas ASI, Mums wajib mengkonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan menerapkan pola hidup sehat. Dukung pemenuhan nutrisi harian dengan Frisomum Gold Dualcare+, sehingga kebutuhan nutrisi harian Mums selama masa menyusui dapat terpenuhi dengan baik.