Lompat ke isi utama
5 Fungsi Musik untuk si Kecil, Simak Selengkapnya!

5 Fungsi Musik Bagi Tumbuh Kembang Anak [PENTING]

Selain membuat tubuh rileks, ternyata fungsi musik untuk anak cukup banyak lho Mums. Yuk, kenali fungsinya di sini

Memperdengarkan musik pada anak-anak merupakan salah satu kegiatan yang disarankan. Bukan hanya untuk membuat anak tenang atau senang, namun juga untuk menunjang tumbuh kembangnya. Fungsi musik untuk tumbuh kembang anak jadi alasan mengapa, terlepas dari apapun jenis yang diperdengarkan, musik menjadi stimulus yang sangat baik untuk anak, terlebih pada usia golden age.

Golden age jadi masa paling optimal untuk memberikan stimulus, karena pada usia-usia inilah anak mengalami tumbuh kembang otak dan fisik yang sangat pesat. Bukan berarti harus memberikan stimulus secara berlebihan, namun lebih kepada efektivitas stimulus yang diterima oleh anak.

Nah, untuk musik sendiri, mungkin bagi Mums yang belum mengetahui fungsi musik sehubungan dengan tumbuh kembang anak, Mums bisa lihat penjelasannya pada poin singkat berikut ini.

Stimulus pada Tumbuh Kembang Kecerdasan

Stimulus pada Tumbuh Kembang Kecerdasan

Beragam musik, khususnya musik jenis klasik, menjadi salah satu stimulus kecerdasan yang sangat direkomendasikan. Bahkan tak sedikit dokter yang menyarankan untuk memperdengarkan musik klasik sejak anak berada dalam kandungan. Tujuannya sederhana, untuk memberikan stimulus sejak dini, sehingga sel otak anak nantinya lebih mudah berkembang, terhubung, dan menjadikannya anak yang cerdas.

Kecerdasan anak ditentukan oleh banyak sekali faktor. Mulai dari faktor genetik dan keturunan, stimulus sejak ia dalam kandungan, hingga berbagai stimulus yang diterimanya ketika ia tumbuh dan berkembang. Untuk dua yang terakhir disebutkan ini, Mums dapat mengusahakannya dengan maksimal, agar anak juga mendapatkan manfaat terbaik dari stimulus yang diberikan.

Fungsi Musik untuk Mengenalkan pada Nada, Irama, Tempo, Bahasa

Fungsi musik selanjutnya adalah untuk mengenalkan anak pada nada, irama, tempo, bahasa, dan masih banyak yang lainnya. Seiring bertambahnya usia anak, maka semakin banyak pula variabel yang harus dikenali dan dipahaminya. Pemahamannya pada beberapa yang disebutkan tadi menjadi penting karena secara langsung juga berpengaruh pada kemampuan komunikasi dan pengembangan kreativitasnya.

Ketika mendengarkan musik, anak akan ‘terpapar’ oleh suara yang teratur, nada yang indah, tempo yang tetap, dan berbagai kata yang ada pada musik dan lagu tersebut. Jika secara konsisten paparan ini dilakukan, maka otaknya akan terus berkembang untuk memproses informasi yang masuk, sehingga makin banyak bagian otaknya yang terhubung.

Ketika anak-anak sering diperdengarkan musik, ia juga akan lebih mudah belajar membaca, menulis dan berhitung. Setidaknya, banyak kata atau karakter huruf yang dilihat (pada lagu anak-anak biasanya ada teks lirik yang dinyanyikan), sehingga otaknya merekam hal-hal ini. Saat ia mulai belajar secara intens, maka otaknya akan bisa mengingat kembali banyak hal tersebut.

Memicu Kerja Otak anak

Memicu Kerja Otak anak

Otak anak-anak pada periode pertumbuhan optimal perlu terus dipicu. Latihan dan kegiatan yang memicu kerja otak ini dapat membantu mengembangkan kemampuan otak hingga titik optimal, sehingga nantinya anak akan lebih cepat mempelajari berbagai hal yang ditemuinya.

Musik memiliki berbagai genre berbeda, lengkap dengan irama, nada, dan suasana unik yang menyertainya. Mums bisa mendapatkan manfaat dan fungsi musik secara maksimal ketika anak mendapatkan kesempatan untuk mengenal berbagai jenis musik. Musik klasik memang jadi rekomendasi paling populer, namun musik anak-anak juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya.

Melatih Konsentrasi anak

Mendengarkan musik juga membantunya berlatih lebih berkonsentrasi pada apa yang dilakukannya. Pada usia anak-anak, biasanya fokus yang diberikan pada satu hal tidak bisa bertahan terlalu lama. Dengan konsisten mendengarkan musik, maka fokus dan konsentrasi ini akan terjaga lebih lama.

Anak secara tak langsung akan memperhatikan tempo dan irama yang ada pada musik yang didengarkan. Memang tidak kemudian serta merta memberikan efek langsung, namun efek ini akan memerlukan waktu untuk benar-benar terasa. Konsentrasi yang diberikan pada musik ini yang akan jadi latihan baik untuk perkembangan anak.

Fungsi Musik : Menenangkan anak

Fungsi Musik : Menenangkan anak

Tanpa disadari, terkadang Mums memperdengarkan musik dan lagu ketika anak beraktivitas. Mulai dari bermain, istirahat, dan sebagainya. Ketika mendengarkan musik ini, anak cenderung akan terbawa pada suasana dan vibe musik yang didengarkan.

Ketika akan beristirahat, Mums biasa menyetel musik tenang dan lembut agar ia lebih cepat tertidur. Ketika ia bermain, lagu dan musik yang ceria lebih direkomendasikan agar ia semakin semangat. Demikian pula untuk berbagai aktivitas dan suasana yang lainnya. Musik dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada emosi anak.

Baca Juga : 4 Jenis Game Balita Cerdas untuk Mums dan Anak

Musik telah lama dikenal sebagai salah satu metode stimulasi tumbuh kembang anak, baik dari segi fisik maupun otaknya. Dengan memperdengarkan musik secara konstan, maka manfaat ini benar-benar bisa dirasakan.

Memahami fungsi musik bisa jadi satu pengetahuan baru yang bermanfaat untuk Mums, dan dapat memberikan inspirasi dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak. Tentu, hal ini juga harus dibarengi dengan mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya, dengan makanan sehat dan bergizi. Tambahkan pula susu formula Friso Gold 4 sebagai pelengkap. Dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga lebih mudah diserap tubuh anak. Berikan yang terbaik untuknya, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!