Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Jenis Permainan dalam Ruangan untuk Bermain Bersama si Kecil

5 Jenis Permainan dalam Ruangan untuk Bermain Bersama si Kecil

Memberikan rangsangan pada kemampuan dan daya imajinasi si Kecil tidak selalu harus dilakukan di luar rumah. Memang bermain di luar ruangan dapat memberikan berbagai manfaat, namun jika kondisi sedang hujan tidak mungkin juga bukan? Beberapa permainan dalam ruangan yang akan dijelaskan nanti dapat menjadi pilihan Mums dan si Kecil menghabiskan waktu untuk bermain sekaligus bersenang-senang. Penasaran apa saja permainannya?

Permainan berikut ini mungkin saja terkesan sangat sederhana, namun nilai yang ada di baliknya dapat dikatakan cukup signifikan untuk merangsang tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil. Koordinasi gerak anggota tubuh, kemampuan berbicara, kemampuan fokus serta mengikuti urutan petunjuk, bisa jadi latihan yang baik untuk kedua hal tersebut.

Lalu apa saja permainan yang bisa dimainkan di dalam rumah dengan si Kecil? Berikut beberapa pilihan serta penjelasannya. Simak dan cermati agar si Kecil mendapat manfaat maksimal ya Mums!

Dress Up Game

Meniru kebiasaan orang di sekitarnya, menjadi salah satu hal yang sering dilakukan anak-anak ketika memasuki usia 3 hingga 6 tahun. Menirukan gerakan Mums menyapu misalnya, atau gerakan ayah ketika akan berangkat kerja dan berpakaian, bisa jadi merupakan upaya si Kecil untuk belajar mengenai peran masing-masing anggota keluarga.

Permainan dress up game dapat menjadi salah satu permainan yang merangsang kemampuan si Kecil menggerakkan tangan dan tubuh saat memakai pakaian. Agar semakin seru, siapkan juga beberapa pakaian yang lucu seperti karakter kartun yang disukainya. Game ini dimainkan dengan si Kecil berganti pakaian menurut deskripsi yang Mums sebutkan.

Percakapan Simple

Permainan ini bisa dilakukan dengan menggunakan media boneka atau robot-robotan yang dimiliki si Kecil. Ketika memainkan boneka atau robot mainan miliknya, tak jarang si Kecil berbicara dengan mainannya tersebut. Agar si Kecil dapat berlatih berbicara dan memperkaya kosa kata, Mums bisa menjadi ‘pengisi suara’ untuk mainan si Kecil dan memancing percakapan sederhana.

Misalnya dengan menanyakan, ‘Apakah kamu sudah makan?’, lalu tunggu respon si Kecil untuk menjawab. Lanjutkan dengan pertanyaan ringan lainnya (makan dengan lauk apa, minum apa, disuapi siapa dan sebagainya). Kegiatan ini sebenarnya tidak memerlukan waktu khusus, sehingga dapat dilakukan kapan saja ketika ada waktu luang bersama si Kecil.

Mencari Harta Tersembunyi

Nah permainan ini bisa menjadi sarana tepat untuk melatih kemampuannya bergerak. Sembunyikan beberapa barang di tempat yang dapat dijangkau oleh si Kecil, namun upayakan jangan terlalu mudah. Letakkan di tempat yang cukup tinggi, misalnya di atas meja atau sejenisnya. Permainan ini bertujuan agar si Kecil mau berusaha bergerak mengambil barang yang disembunyikan.

Pergerakan yang dilakukan si Kecil dalam meraih barang tersembunyi inilah yang menjadi latihan untuknya. Agar semakin seru, Mums bisa menyetelkan lagi kesukaannya sebagai pengiring pencarian yang dilakukannya. Lagu tersebut selain bisa mengiringi pencarian si Kecil juga bisa menjadi timer untuknya, agar permainan menjadi semakin seru dan menantang.

Susun Gambar

Permainan yang satu ini dapat memanfaatkan majalah bekas yang Mums miliki. Temukan beberapa gambar wajah yang ada di majalah tersebut dan potong menjadi beberapa bagian. Permainan ini dimainkan dengan menyusun gambar pada wajah yang sama, kembali ke posisinya semula. Jadi pada intinya, misi si Kecil adalah menyatukan potongan gambar tersebut ke dalam satu bentuk wajah yang benar.

Kemampuan logika si Kecil akan terasah di sini dengan berpikir apa saja bagian dari wajah. Untuk tahap awal, tidak perlu ditentukan harus menggunakan satu wajah yang sama dan harus disusun dengan komponen wajah tersebut. Nah jika si Kecil sudah dapat menyelesaikan tahap awal, berikan tantangan harus menggunakan komponen wajah yang tepat untuk satu wajah yang dimaksud.

Lagu dan Gambar

Menyanyi dan menari bersama dengan iringan lagi tentu menyenangkan bukan? Permainan dalam ruangan ini selalu seru untuk dilakukan bersama si Kecil atau anggota keluarga lain. Agar semakin seru, Mums bisa menambahkan tugas menggambar objek sesuai dengan lagu yang menjadi pengiring kegiatan si Kecil.

Katakanlah lagu yang diputar adalah Naik-Naik Ke Puncak Gunung. Terdapat beberapa objek bukan dalam lagu tersebut? Berikan tugas pada si Kecil menggambar satu atau dua objek, misalnya gunung atau pohon cemara. Setelah lagu selesai, Mums bisa memberikan apresiasi pada gambarnya. Permainan ini dapat melatih imajinasi serta konsentrasi si Kecil.

Dalam melakukan permainan dalam ruangan, rangsangan yang diberikan adalah bersifat aktif karena berupa kegiatan. Untuk melengkapi rangsangan aktif tersebut, Mums juga dapat memberikannya Friso Gold 4 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan menyerap rangsangan yang diberikan dengan optimal, sehingga ia menjadi anak yang sehat dan cerdas.