Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
5 Kegiatan Di Rumah, Agar si Kecil Tetap Bersemangat!

5 Kegiatan Di Rumah, Agar si Kecil Tetap Bersemangat!

Himbauan untuk selalu berkegiatan di rumah dan meminimalisir kegiatan di luar rumah sedikit banyak akan berpengaruh pada kesehatan mental si Kecil. Kegiatan yang biasanya bisa dilakukan bersama teman-teman atau bahkan kegiatan belajar di sekolah, kini harus digantikan dengan kegiatan di rumah, setiap hari. Tentu, sebagai orang tua, Mums kemudian harus memutar otak, bagaimana caranya agar si Kecil tetap tumbuh optimal tanpa harus meninggalkan rumah, serta bagaimana agar ia tidak cepat merasa jenuh.

Sebenarnya cukup banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi waktu dan memberikan rangsangan pada tumbuh kembang si Kecil. Meski demikian, ini tidak berarti Mums bisa menyepelekan hal tersebut. Mums tetap perlu memutar otak agar kegiatan di rumah yang dilakukan bisa tetap menarik dan seru, jadi si Kecil senantiasa memiliki mood yang baik pula.

Nah, untuk memberikan referensi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di rumah selama new normal ini, Mums bisa melihat beberapa poin di bawah ini.

Membaca Buku Apa Saja

Membaca Buku Apa Saja

Tidak hanya si Kecil, bahkan Mums juga bisa menjadikan kegiatan membaca buku sebagai pengisi waktu selama berada di rumah. Untuk si Kecil, Mums mungkin bisa menyiapkan beberapa buku cerita yang menarik, atau buku edukasi yang memiliki banyak gambar serta warna yang cerah agar si Kecil tertarik membacanya.

Dengan membaca, Mums juga sekaligus bisa mengajarkan si Kecil untuk menjadi mahir dalam membaca, serta menulis. Tidak ada salahnya di sela sesi membaca yang dilakukan Mums menanyakan apa isi dari bacaan yang sudah dibacanya, untuk melatih daya ingat jangka pendek dan kemampuan pemahaman si Kecil.

Ajak si Kecil Bereksperimen

Pada usia 3 sampai 6 tahun, si Kecil sudah dapat diajak berinteraksi secara aktif dan memiliki kemampuan pemahaman yang cukup baik. Jika mulai bosan di rumah, Mums bisa mengajak si Kecil melakukan eksperimen ilmiah sederhana dengan apa yang ada di rumah. Misalnya seperti membuat larutan oralit, melihat bagaimana air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, dan lain sebagainya.

Eksperimen dan percobaan sederhana seperti ini bisa membantu si Kecil memiliki pemahaman yang lebih baik dan logika yang semakin berkembang. Memang alat dan bahan yang diperlukan terbilang sederhana, namun nilai dari eksperimen yang dilakukan yang jadi poin utamanya. Pastikan si Kecil turut serta dalam menyusun dan melakukan percobaan tersebut alih-alih hanya menjadi penonton ya!

Bermain Peran Bersama Mums

Bermain Peran Bersama Mums

Satu kegiatan di rumah yang mungkin tak akan pernah menjadi hal yang membosankan adalah bermain peran. Ya, permainan ini merupakan permainan seru di mana Mums bisa turut serta, dan membantu memberikan stimulus untuk perkembangan mental dan psikologis si Kecil.

Bermain peran dapat membantu si Kecil memahami tugas orang lain, menumbuhkan rasa empati, serta membuat si Kecil memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini dalam jangka panjang bisa membuatnya mudah bergaul dan lebih percaya diri. Tentu, permainan peran yang dilakukan bisa divariasikan dan diganti-ganti seiring berjalannya waktu.

Menemukan Harta Karun Tersembunyi

Sesekali Mums juga bisa mengajak si Kecil bermain permainan ini. Menemukan harta karun tersembunyi bisa jadi kegiatan di rumah yang seru sekaligus menjadi media stimulasi kemampuan koordinasi anggota tubuhnya. Pada waktu yang sama, si Kecil juga akan melatih kekuatan otot ketika ia bergerak dan berusaha mengikuti petunjuk untuk menuju harta karun tersebut.

Ketika mengikuti petunjuk si Kecil juga akan dilatih berpikir logis dan runtut, sehingga ia dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Tidak hanya itu, petunjuk yang Mums berikan bisa diletakkan di tempat-tempat yang memerlukan usaha dari si Kecil untuk mencapainya. Tetap utamakan keselamatan ya Mums, agar manfaat baik bisa didapatkan semaksimal mungkin.

Kegiatan Di Rumah : Menonton Film

Kegiatan Di Rumah : Menonton Film

Well, di era modern sekarang ini, akses pada film dan tontonan berkualitas bisa dengan mudah didapatkan dengan berlangganan layanan TV berbayar. Dengan memiliki akses ke banyak konten berkualitas, Mums bisa menghabiskan waktu bersama si Kecil dengan menikmati film bersama-sama.

Selalu pilih film yang bersifat edukatif, menghibur, dan sesuai dengan usia si Kecil. Film yang sudah diberikan rating oleh distributor dan produsennya benar-benar memiliki konten yang sesuai dengan anak-anak, sehingga akan jadi tontonan yang tepat untuk menghabiskan waktu dan mengembalikan mood selama berkegiatan di rumah.

Baca Juga : 4 Kegiatan Bersama Keluarga untuk Memberi Stimulus pada si Kecil

Pada akhirnya, kegiatan di rumah yang bisa dilakukan cukup banyak dan beragam. Tinggal Mums saja bisa pandai-pandai mengajak si Kecil melakukan kegiatan bersama, agar ia tetap bersemangat setiap hari dan tumbuh kembangnya optimal. Untuk mengoptimalkan stimulus dari kegiatan yang dilakukan, Mums juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Dengan makanan bernutrisi dan tambahan dari Friso Gold 4, kebutuhan nutrisi bisa selalu tercukupi, sehingga tubuhnya akan memiliki bahan bakar untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal. Dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Berikan yang terbaik untuknya selama berada di rumah, dan semoga artikel ini berguna untuk Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang