Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Kegiatan untuk Memupuk Kekompakan Orang Tua dan Anak

5 Kegiatan untuk Memupuk Kekompakan Orang Tua dan Anak

Memahami jalan pikiran dan apa yang si Kecil mau merupakan keistimewaan Mums sebagai seorang ibu. Tak jarang, hubungan antara Mums dan si Kecil terjalin demikian dekatnya hingga Mums benar-benar mengerti apa yang dipikirkan si Kecil. Hubungan orang tua dan anak yang kompak bisa terjalin melalui beberapa hal. Salah satu yang paling menyenangkan adalah membangun hubungan dan kekompakan lewat permainan.
Permainan disini tidak selalu berarti secara harafiah, namun bisa juga diartikan sebagai aktivitas sehari-hari yang dikemas dan dibawakan dalam suasana yang ceria. Contohnya memasak bersama. Mungkin bagi Mums memasak merupakan satu rutinitas. Namun jika dilakukan bersama si Kecil, maka kegiatan memasak bisa dibawa menjadi satu permainan yang seru dan dapat menumbuhkan kekompakan antara Mums dan si Kecil.
Beberapa kegiatan bisa dilakukan bersama si Kecil. Masa anak-anak adalah masa bermain, jadi apapun yang dilakukannya adalah perihal bermain. Bermain untuk anak-anak sendiri tidak hanya berarti bersenang-senang, namun dalam rangka melatih motorik dan belajar tentang berbagai hal. Aktivitas di bawah ini bisa Mums jadikan pilihan untuk membangun kekompakan antara orang tua dan anak.

Membaca Buku Cerita Anak-Anak

Membaca buku cerita tidak semata hanya duduk dan mendengarkan. Mums bisa mengajak si Kecil sekaligus mempraktekkan apa yang ada dalam cerita dengan berpura-pura menjadi salah satu tokoh di dalam cerita tersebut. Tunjukkan pada si Kecil berbagai ekspresi yang ada dalam cerita tersebut, dan minta si Kecil menirukannya.
Di sini Mums bisa melihat bagaimana cara si Kecil menirukan ekspresi yang Mums tunjukkan. Dengan demikian, Mums akan semakin memahami apa yang si Kecil lihat dan apa output yang muncul dari proses belajar si Kecil. Jika dilakukan secara rutin, maka Mums dan si Kecil akan semakin kompak. Bahkan Mums bisa lebih mudah mendeteksi emosi yang dirasakan si Kecil hanya dengan melihat raut wajahnya.

Menggambar

Mungkin pada usia 1 hingga 3 tahun si Kecil belum dapat menggambar dengan baik. Namun demikian aktivitas ini sangat berguna untuk melatih motorik si Kecil dan melatih kekuatan tangannya. Dengan mengajak si Kecil menggambar bersama, Mums bisa memahami lebih jauh bagaimana si Kecil mencerna informasi yang dilihatnya dan mentransformasikan dalam bentuk karya di kertas gambar.
Permainan yang bisa Mums coba adalah dengan menggambar wajah satu sama lain. Mums menggambar wajah si Kecil dan begitu pula sebaliknya. Setelah selesai lalu bandingkan dan nikmati karya si Kecil yang indah dan unik.

Merapikan Mainan

Selain bisa mengasah kekompakan, merapikan mainan bersama si Kecil juga akan membantu pekerjaan Mums dalam membereskan rumah. Prinsipnya sederhana, Mums hanya perlu menyebutkan warna mainan, jenis mainan atau letak mainan yang harus ditemukan si Kecil dan membawanya ke kotak mainan untuk dimasukkan.
Mums bisa mengkombinasikan kategori mainan yang dimiliki si Kecil sekaligus menjadi waktu belajar si Kecil untuk mengenali warna, bentuk dan jenis mainan yang dimiliki. Dengan kegiatan ini, Mums akan mendapatkan beberapa keuntungan dalam satu kali kegiatan sekaligus.

Mencuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan merupakan kebiasaan baik yang bisa diajarkan sejak dini. Mencuci tangan dapat menekan resiko terjangkitnya virus dan bakteri yang bersarang pada bagian kuku tangan si Kecil. Mums bisa mengajarkannya dan melakukan hal ini secara bersamaan dengan si Kecil. Ajarkan gerakan yang perlu dilakukan dan penggunaan sabun agar tangan senantiasa bersih.
Setelah beberapa kali diajarkan, ajak si Kecil untuk mencuci tangan bersama berdampingan. Lakukan gerakan mencuci tangan bersama-sama dengan si Kecil, sehingga tercipta gerakan yang sinkron. Mums bisa menambahkan nyanyian ceria untuk mengiringi kegiatan cuci tangan ini agar si Kecil merasa nyaman dan senang ketika mencuci tangan.

Piknik

Piknik adalah kegiatan keluarga yang sangat baik untuk mempererat ikatan emosional. Mulai dari persiapan bekal dan perlengkapan hingga kegiatan makan bersama, akan menjadi momen yang tepat untuk membangun kekompakan pada keluarga kecil Mums. Biarkan si Kecil mencoba melakukan apa yang dirasa perlu, misalnya seperti memasukkan makanan ke dalam keranjang ketika persiapan dan membagikannya ketika sudah sampai di tempat piknik.
Bawa juga bekal makanan yang bernutrisi sehingga kebutuhan nutrisi harian si Kecil dapat terpenuhi. Mood yang baik serta keadaan hangat di dalam keluarga akan menjadi booster yang sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil, baik fisik maupun emosional.

Untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian si Kecil, Mums bisa memberikan Friso Gold 3 untuk usia 1 hingga 3 tahun. Momen ini juga dapat digunakan untuk membangun kekompakan antara orang tua dan anak, caranya adalah dengan membuat susu bersama-sama. Friso Gold 3 dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas nutrisi dalam keadaan alami sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Selain itu, Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resminya melalui fitur live chat yang tersedia.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang