Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Macam Permainan untuk Anak 2 Tahun, Mudah dan Edukatif

5 Macam Permainan untuk Anak 2 Tahun, Mudah dan Edukatif

Waktu terbesar anak-anak akan digunakan untuk bermain. Demikian memang hakikat masa anak-anak yang pasti terjadi dan selalu dilakukan. Alih-alih Mums menghalangi keinginannya untuk bermain, Mums bisa mendampingi dan memberikan fasilitas untuk bermain. Jika si Kecil kebetulan berusia 1 hingga 3 tahun, mungkin permainan dalam artikel ini bisa Mums coba.
Permainan yang akan disampaikan tidak hanya bertujuan untuk bersenang-senang. Meski memang itu tujuan utama yang ingin diraih si Kecil, Mums bisa memberikan permainan berikut ini sembari memberikan latihan untuknya. Permainan yang akan disampaikan melibatkan latihan fisik dan mental si Kecil, sehingga ia akan mendapatkan manfaat yang tidak sedikit.
Disadari atau tidak, banyak nilai yang bisa dipelajari si Kecil ketika bermain. Mulai dari belajar mendengarkan, belajar mengikuti instruksi, belajar berbicara, belajar kesabaran, belajar berbagi dan lainnya. Tidak hanya itu, permainan berikut ini juga mampu melatih kemampuan motorik kasar si Kecil dan melatih koordinasi geraknya.
Penasaran dengan permainan yang sedari tadi dibahas? Simak beberapa permainan berikut ya Mums, siapa tahu ada yang disukai si Kecil dan bisa digunakan untuk bermain bersama.

Simon Says

Permainan yang satu ini akan melatih kemampuan si Kecil mendengarkan dan mengikut instruksi. Di sisi lain, permainan Simon Says juga akan melatih koordinasi gerak tubuh serta pengenalannya pada bagian-bagian tubuh.
Cara bermainnya mudah, Mums hanya perlu mengatakan ‘Simon Says’ diikuti dengan instruksi tertentu. Misalnya ‘Simon Says pegang hidung!’ maka si Kecil kemudian harus memegang hidungnya. Begitu seterusnya. Mums bisa mengembangkan permainan ini dengan instruksi lain seperti berdiri, atau sentuh mainan, atau yang lain, sesuai kebutuhan.

Dekat – Jauh

Untuk permainan ini sendiri, pada dasarnya akan melatih kesabaran si Kecil dan kemampuan pemecahan masalah. Dengan memainkan permainan ini, si Kecil akan dilatih untuk tidak lekas marah dan menganalisa keadaan yang dihadapinya.
Cara bermainnya juga mudah, Mums hanya perlu menyembunyikan satu barang yang disukai si Kecil. Selanjutnya si Kecil akan bertugas mencari barang tersebut. Mums akan memberikan petunjuk hanya dengan kata Dekat –Jauh. Katakan Dekat ketika si Kecil berada di dekat objek yang disembunyikan, dan sebaliknya. Dengan begini si Kecil akan berlatih untuk sabar dan terus mencoba, serta menganalisa keberadaan benda yang Mums sembunyikan. Mudah bukan?

Satu Untukku dan Satu Untukmu

Pada dasarnya, permainan yang satu ini ingin mengajarkan si Kecil bagaimana cara dan rasanya berbagi dengan orang lain. Tentu, pada akhirnya akan melatih empati si Kecil sehingga ia tak ragu untuk berbagi dengan orang yang memerlukan. Selain itu, permainan ini juga mengajarkan konsep adil pada si Kecil.
Cara bermainnya adalah siapkan beberapa pensil warna, atau kancing baju, atau benda apapun yang berjumlah banyak serta memiliki bentuk serupa. Ajarkan pada si Kecil untuk menaruh satu barang di depan Mums sambil berkata ‘Satu untuk Mums’, dan menaruh barang di depannya sambil berkata ‘Satu untukku’. Pada akhir permainan, si Kecil dan Mums akan mendapatkan jumlah barang yang sama.

Puzzle

Puzzle telah lama dikenal sebagai permainan yang memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari latihan fisik seperti meletakkan bentuk yang tepat pada tempat yang tepat, kognitif seperti penyelesaian puzzle itu sendiri, serta emosional seperti kesabaran dalam menyelesaikan puzzle.
Cara bermainnya tentu Mums sudah sangat memahami, hanya diperlukan satu perangkat puzzle kemudian acak puzzle tersebut. Biarkan si Kecil mencoba menyusunnya kembali dengan benar. Sedikit tips yang bisa dicoba, pastikan puzzle yang dimainkan adalah tokoh atau benda kesukaan si Kecil agar ia semakin antusias.

Mana yang Berbeda

Permainan akan mengasah kemampuan si Kecil untuk melihat pola dan kesamaan yang ada pada objek yang disediakan. Selain itu, permainan ini juga dapat digunakan untuk melatih kecermatan si Kecil dalam melihat detail pada suatu hal.
Caranya mudah, Mums tinggal memberikan beberapa barang dengan wujud dan warna yang serupa, misalnya kartu remi. Berikan satu kartu yang berbeda, bisa berbeda warna atau bentuknya, untuk diidentifikasi oleh si Kecil. Kemudian minta si Kecil untuk menunjukkan mana kartu yang berbeda tersebut.

Memang jika dilihat, permainan yang disampaikan pada poin-poin di atas sangat sederhana dan mudah. Namun demikian permainan tersebut cocok untuk si Kecil yang masih berusia sekitar 2 tahun untuk memberikan stimulus pada tumbuh kembang fisik dan mentalnya.
Permainan untuk anak 2 tahun tersebut akan semakin optimal jika disertai dengan asupan nutrisi yang tepat. Friso Gold 3, akan menjadi pilihan yang sangat tepat karena mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Dengan teknologi Locknutri yang mampu menjaga kualitas alami nutrisi, tidak berubah saat proses pemanasan sehingga mudah dicerna oleh tubuh si Kecil. Untuk berkonsultasi secara langsung mengenai nutrisi anak, Mums dapat melakukan live chat dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso yang berada di pojok kanan bawah.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang