Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

18206-5-makanan-transisi-untuk-anak-1-tahunjpg

5 Makanan Transisi untuk Anak 1 Tahun

Seiring dengan pertumbuhannya, kini si Kecil tidak hanya bisa mendapatkan asupan nutrisi dari susu anak 1 tahun saja lho, Mum. Sekarang, ia juga sudah bisa menerima beragam jenis makanan yang biasa dimakan oleh orang dewasa. Ya, di usianya yang memasuki tahun pertama, si Kecil memang sudah bisa menerima makanan padat. Namun, mengingat di masa transisi ini ia belum mampu mengunyah dengan sempurna, Mum harus menyajikan makanan dengan tekstur yang lembut agar lebih mudah ditelan. Lalu, apa saja jenis makanan transisi yang bisa diberikan pada si Kecil? Berikut informasinya!

  1. Tofu

    Terbuat dari kacang kedelai, tofu sangat baik untuk diberikan pada si Kecil karena kaya akan kandungan Kalsium, Protein, Zat Besi, serta rendah Kalori. Baiknya lagi, teksturnya yang lembut membuat tofu bisa dijadikan pilihan untuk mengenalkan makanan padat pada si Kecil. Tofu bisa dimasak dan disajikan langsung sebagai finger food dengan memotongnya menjadiukuran kecil. Namun, Mum juga bisa membuat rasa dan tampilannya lebih menarik dengan mencampurkan tofu bersama aneka buah.

  2. Scramble Egg

    Telur merupakan jenis makanan yang mudah diolah menjadi berbagai jenis sajian, salah satunya adalah scrambled egg atau telur orak-arik. Ketika membuat scrambled egg, Mum bisa sekaligus mengenalkan si Kecil pada sayuran dengan mencampurkan potongan brokoli atau bayam ke dalamnya. Tambahkan juga keju parut untuk memperkaya cita rasa scrambled egg kreasi Mum. Tidak hanya lezat, asupan anak 1 tahunini juga kaya akan nutrisi seperti Omega 3, Selenium, Protein, Vitamin, dan Mineral yang baik untuk mendukung tumbuh kembangnya.

  3. Oatmeal

    Selain mudah untuk disajikan, oatmeal juga kaya akan nutrisi lho, Mum, yaitu Vitamin dan Kalsium yang baik untuk sistem imun tubuh si Kecil,serta Serat yang dapat melancarkan pencernaannya . Untuk membuatnya, masukkan air hangat, oatmeal, dan susu balita ke dalam mangkuk, kemudian aduk-aduk hingga bercampur dengan rata. Supaya lebih menggugah selera, tambahkan topping berupa potongan buah pisang yang diiris tipis.

  4. Ikan

    Ikan merupakan sumber DHA dan Omega 3 yang baik untuk perkembangan otak, mata, saraf, hingga kesehatan jantung si Kecil. Namun sebelum memberikan ikan pada si Kecil, sebaiknya Mum menkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter anak, mengingat jenis makanan ini termasuk salah satu yang paling sering menyebabkan alergi . Bagi Mum yang baru pertama kali mengenalkan ikan pada si Kecil, disarankan untuk memberikan ikan air tawar berdaging putih seperti bawal dan lele, karena jenis ikan tersebut lebih jarang menimbulkan alergi pada anak . Masak ikan hingga matang, lalu buang kulit dan tulangnya. Kemudian, cincang dan haluskan ikan agar lebih mudah dimakan oleh si Kecil.

  5. Selai Kacang

    Selain ikan,kacang-kacangan juga termasuk makanan yang bisa menyebabkan alergi pada anak,sehingga Mum harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikannya pada si Kecil. Seperti susu anak 1 tahun, jenis makanan ini penting untuk pertumbuhan si Kecil karena kaya akan kandungan Omega 3,Protein, Vitamin, dan Mineral . Namun, hindari menyajikan selai kacang secara langsung dengan sendok ya, Mum, karena hal tersebut bisa membuat ia tersedak. Cara penyajian yang aman adalah dengan mengoleskannya pada potongan buah dan finger food, atau jadikan sebagai campuran dari bubur kreasi Mum.

Itulah lima makanan transisi yang bisa Mum berikan sebagai asupan tambahan untuk si Kecil. Selain itu, penuhi juga kebutuhan nutrisinya sehari-hari dengan rutin memberikan Friso Gold 3 yang diperkaya dengan ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, serta Zinc, Zat Besi, dan Selenium. Susu Friso diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami dari susu anak 1 tahun ini tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh.