Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Manfaat Game Menghias Kue untuk Si Kecil

5 Manfaat Game Menghias Kue untuk Si Kecil

Pernahkah Mums memikirkan bahwa game menghias kue bisa menjadi permainan yang menyenangkan dan sangat bermanfaat untuk si Kecil? Ya, permainan sederhana ini nyatanya dapat memberikan berbagai manfaat berupa stimulus untuk tumbuh kembang si Kecil, sehingga jadi salah satu permainan yang sangat direkomendasikan untuk si Kecil.

Tentu saja selain stimulasi untuk tumbuh kembangnya, Mums juga akan mendapatkan quality time bersama si Kecil atau anggota keluarga lain. Ketika bermain bersama, waktu yang dilewatkan akan meningkatkan kualitas hubungan karena interaksi yang berjalan secara intim pada setiap anggota keluarga yang turut bermain dalam game ini.

Secara runtut, berikut manfaat mengajak si Kecil bermain game menghias kue bersama Mums dan anggota keluarga lainnya.

Mengasah Mental Si Kecil

Ketika bermain game ini, maka secara langsung Mums akan melihat bagaimana proses si Kecil dalam menghias kue dan bagaimana hasilnya. Agar si Kecil semakin terasah mentalnya, Mums dapat memberikan pujian dan masukan sehingga ia dapat lebih memahami apa kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya dari karya yang dibuat.

Kepercayaan dirinya akan tumbuh secara perlahan ketika mengetahui ia mendapatkan perhatian dari Mums dan anggota keluarga lain. Kebiasaan mengapresiasi dapat menjadi kebiasaan sehat untuk mental setiap anggota keluarga, sekaligus berlatih mengutarakan pendapat dengan sopan serta dapat diterima dengan baik oleh orang lain.

Fokus pada Detail

Dalam melakukan permainan ini tugas utama si Kecil adalah menghias kue yang ada di depannya dengan menggunakan berbagai konsep. Salah satu ciri anak yang tumbuh kembangnya optimal adalah perhatian pada detail, baik dalam pembuatan maupun pengamatan. Setelah selesai Mums dapat melihat seberapa jauh si Kecil memperhatikan detail pada karyanya.

Jika sudah cukup baik, Mums dapat memberikan pujian dan menunjukkan pada anggota keluarga yang lain agar mendapat apresiasi. Jika mungkin masih dirasa kurang, Mums dapat memberikan contoh dan masukan agar pada permainan selanjutnya si Kecil dapat membuat hiasan lebih baik dengan detail yang lebih baik pula.

Melatih Kesabaran

Tidak diragukan lagi menghias kue memerlukan kesabaran yang ekstra tinggi serta konsistensi. Ketika dua hal ini diasah terus menerus, maka idealnya si Kecil akan tumbuh jadi anak yang memiliki kemampuan berkarya sangat baik. Latihan ini juga didapatkan ketika game ini dilakukan bersama, dengan panduan Mums tentunya.

Ajarkan pada si Kecil untuk tidak terburu-buru dan menghias kue dengan perlahan-lahan. Tujuannya sederhana, agar hiasan yang dibuatnya konsisten dan dapat terlihat rapi dan sempurna. Semakin Mums memberikan contoh si Kecil juga akan lebih cepat belajar apa itu arti kata sabar. Setelah melihat hasilnya, maka si Kecil akan semakin memahami apa arti dan manfaat kesabaran.

Koordinasi Mata dan Tangan

Game menghias kue juga akan melatih koordinasi tangan dan mata dengan optimal. Pasalnya, apa yang si Kecil inginkan untuk ditunjukkan akan ditentukan dari seberapa baik gerakan tangan dan pengamatan yang sudah dilakukannya. Ketika permainan ini dilakukan terus menerus, maka latihan koordinasi akan semakin baik.

Manfaat dari koordinasi mata dan tangan yang baik tidak hanya akan nampak pada hasil karya hiasan yang makin indah, namun pada kemampuan di bidang lainnya. Menggambar misalnya, atau menulis, atau menggunakan alat makan. Poin ini sendiri dapat bermanfaat pada banyak bidang dan dapat dilatih dengan game seru seperti menghias kue.

Kontrol Kekuatan Tangan

Ketika mendorong krim agar keluar dari corong cetakannya, diperlukan porsi tenaga yang sesuai dan tidak berlebihan. Di sini si Kecil akan berlatih bagaimana mengontrol kekuatan tangan yang dikeluarkan sehingga krim dapat keluar dengan porsi yang sesuai pula. Dapat dibayangkan bukan jika tekanan yang diberikan terlalu kuat maka krim keluar dengan berantakan?

Kontrol kekuatan tangan juga perlu dilatih agar dapat menggunakan kedua tangan dengan optimal pada berbagai kegiatan lain. Misalnya ketika bermain bersama teman, tentu saat menggenggam tangan temannya tidak boleh terlalu kuat agar tidak menyakiti orang lain. Begitu pula pada kegiatan lain seperti memegang makanan, memegang pensil dan sebagainya.

Melakukan permainan bersama si Kecil memang selalu jadi momen bahagia yang tidak terlupakan. Saat intim bersama, stimulus yang diberikan serta manfaat yang didapatkan si Kecil akan dapat berjalan maksimal jika Mums juga melakukannya dengan mood yang baik. Percaya atau tidak, ini akan sangat berpengaruh pada keadaan emosional si Kecil lho Mums.

Game menghias kue merupakan salah satu game yang dapat memberikan banyak manfaat. Stimulus yang diterima si Kecil akan jauh lebih optimal jika didukung dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Nah untuk membantu Mums memenuhi nutrisi harian si Kecil, berikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan menyerap stimulus yang diberikan lebih optimal.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang