Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Manfaat ikan untuk si kecil

5 Manfaat Ikan dan Nutrisinya yang Penting untuk Si Kecil

Mums pasti sudah tahu bahwa manfaat ikan sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Selain rasanya yang lezat, ikan digemari karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalamnya terkandung protein, asam lemak omega 3, dan berbagai vitamin serta mineral yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk memasukkan makanan ini ke dalam menu harian si Kecil agar ia mendapat manfaat ikan di masa pertumbuhannya. 

Sebelum mengetahui kandungan gizi dan manfaat ikan, perlu Mums ketahui perbedaan jenis ikan. Sesuai dengan namanya, ikan laut hidup di lautan yang penuh dengan gelombang dan arus deras. Itu sebabnya, struktur duri yang dimiliki ikan laut lebih keras dan kuat. Sedangkan, ikan air tawar hidup di habitat dengan arus lambat dan tenang, sehingga struktur durinya lebih kecil dibandingkan ikan laut. Sementara, perbedaan dari segi rasa memang tergantung selera, namun banyak yang menganggap ikan laut lebih memiliki cita rasa alami yang lebih gurih. 

Kandungan Nutrisi Ikan

Di balik banyaknya kandungan nutrisi, tak heran jika manfaat ikan cukup beragam untuk kesehatan si Kecil. Berikut ini beberapa nutrisi yang paling banyak ditemukan pada ikan, di antaranya:

  • Protein

    Ikan termasuk sumber protein hewani yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Protein merupakan zat gizi makro yang dibutuhkan tubuh dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Sebab, protein memiliki fungsi khas, yaitu dapat membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Oleh karenanya, manfaat ikan dapat menjaga fungsi dan kesehatan organ tubuh si Kecil. Selain itu, protein juga berperan sebagai sumber energi, membentuk antibodi dalam tubuh, serta dapat mengangkut zat gizi lainnya. 

  • Asam lemak omega 3

    Makanan laut seperti ikan memang terkenal akan kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Kehadiran asam lemak omega 3 ini membuat manfaat ikan tak perlu diragukan lagi untuk membantu melawan peradangan, mendukung perkembangan fungsi otak dan fungsi penglihatan, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. 

  • Vitamin A

    Selain asam lemak omega 3, vitamin A yang terkandung dalam ikan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata si Kecil. Tak hanya itu, Vitamin A berperan sebagai antioksidan alami sehingga manfaat ikan dapat membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. 

  • Vitamin D

    Nutrisi selanjutnya yang tak kalah penting dalam manfaat ikan yaitu vitamin D. Vitamin ini berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain dari ikan, sebenarnya vitamin D juga bisa Mums dapatkan dari paparan sinar matahari pagi dan sore. Sebab, vitamin D terbentuk secara alami ketika kulit terkena sinar matahari secara langsung.

  • Vitamin B12

    Vitamin B12 atau kobalamin termasuk nutrisi yang membuat manfaat ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Sebab, tubuh tidak bisa memproduksi vitamin B12 sendiri, sehingga membutuhkan asupan makanan yang kaya akan nutrisi ini, salah satunya adalah ikan. Kehadiran vitamin B12 dapat mendukung fungsi normal sel saraf, produksi sel darah merah, hingga pembentukan DNA.

  • Zat besi

    Zat besi merupakan salah satu mineral yang memiliki peran penting dalam tubuh. Zat besi menjadi komponen utama dari pembentukan hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah. Zat besi juga memiliki peran dalam proses metabolisme tubuh, pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal sel-sel tubuh, serta pembentukan hormon. 

  • Yodium

    Yodium yang terkandung pada ikan termasuk jenis mineral yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh lho, Mums. Yodium dibutuhkan untuk memproduksi hormon tiroid, namun tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan yodium dari makanan, salah satunya adalah ikan. Selain mengendalikan metabolisme tubuh, hormon tiroid juga berperan untuk menstabilkan detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh.

Manfaat Ikan untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang membuat manfaat ikan cukup penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Baik ikan air tawar dan ikan laut, keduanya memiliki manfaat yang tak jauh berbeda lho, Mums. Untuk itu, berikut ini beberapa manfaat ikan yang bisa si Kecil dapatkan, antara lain:

  1. Menjaga fungsi dan kesehatan otak

    Seperti yang Mums ketahui, asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan berperan untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak. Tak heran jika manfaat ikan dapat meningkatkan kecerdasaan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Tahukah Mums bahwa dua tahun pertama kehidupan si Kecil akan terjadi pembentukan otak yang cukup signifikan, sehingga Mums perlu memberikan olahan ikan di menu harian si Kecil agar manfaat ikannya dapat dirasakan hingga jangka panjang. 

    Baca juga: Cara Penuhi Gizi Seimbang Anak Sesuai Panduan Kemenkes RI

  2. Menjaga kesehatan tulang

    Manfaat ikan yang tak kalah penting yaitu dapat menjaga kesehatan tulang si Kecil. Ini karena adanya kandungan vitamin D dan kalsium di dalam ikan. Salah satu contohnya yaitu dengan mengonsumsi ikan salmon sekitar 8 gram sehari dapat memenuhi 75 persen kebutuhan vitamin D harian si Kecil. Namun, pastikan Mums memberikan olahan ikan sesuai batas normal, tidak kurang dan tidak berlebihan agar manfaat ikan akan terasa lebih optimal. 

  3. Menjaga kesehatan mata

    Selain penting untuk kesehatan otak dan tulang, manfaat ikan juga dapat menjaga kesehatan mata berkat adanya kandungan vitamin A dan asam lemak omega 3. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi ikan laut dengan porsi normal secara rutin kemungkinan akan berisiko lebih rendah terkena gangguan penglihatan. 

  4. Membantu meningkatkan sistem imun

    Melansir laman resmi kkp.go.id, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menganjurkan setiap anak untuk terbiasa mengonsumsi ikan sejak dini. Sebab, manfaat ikan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Manfaat ikan ini bisa si Kecil dapatkan berkat kandungan protein yang tinggi di dalamnya. 

  5. Mencegah penyakit jantung

    Ikan mengandung protein yang tinggi dan kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging merah. Hal inilah yang membuat manfaat ikan sangat baik untuk kesehatan jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar lemak darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. 

Nah, itulah beberapa kandungan nutrisi dan manfaat ikan yang perlu Mums ketahui agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Meskipun manfaat ikan cukup penting, namun Mums tetap harus membatasi asupannya sesuai dengan batas normal, tidak kurang dan tidak berlebihan. Agar manfaat ikan tetap optimal, Mums perlu mengolah dengan cara yang tepat dan sehat. Hindari memanaskan ikan lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak.

Pastikan untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi harian si Kecil dengan makanan jenis lain, termasuk susu pertumbuhan. Sebab, susu pertumbuhan sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil dari dalam. Salah satu pilihannya adalah Susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu FRISO Gold 3 tetap bernutrisi tinggi, diperkaya pula dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang