Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
5 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Anak, Mums Sudah Tahu?

5 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Anak, Mums Sudah Tahu?

Apakah Mums termasuk orang tua yang memperdengarkan musik pada si Kecil sejak usia dini? Atau bahkan, sejak dalam kandungan? Musik memiliki manfaat dan pengaruh positif yang sangat besar untuk tumbuh kembang si Kecil, baik ketika di dalam kandungan maupun ketika ia sudah lahir. Mendengarkan musik bagi anak-anak tak hanya berefek baik pada psikisnya, namun ternyata juga fisik. Tapi bagaimana bisa?

Sejak lama, musik telah menjadi bagian dari rangsangan tumbuh kembang si Kecil di seluruh dunia. Merangsang perkembangan otak ketika di dalam kandungan dengan memperdengarkan musik klasik misalnya, atau sekedar menyanyikan lagu Nina Bobo ketika si Kecil akan beristirahat, faktanya, pengaruh tersebut benar-benar bisa dirasakan secara langsung.

Nah, untuk sedikit memahami lebih jauh manfaat mendengarkan musik untuk tumbuh kembang si Kecil, yuk Mums simak poin-poin berikut ini!

Membantu Istirahat si Kecil

5 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Anak, Mums Sudah Tahu?

Tumbuh kembang tak melulu mengenai rangsangan aktif yang berupa gerakan atau perlakuan, namun juga menyoal waktu istirahat yang berkualitas. Setelah menerima rangsangan dan asupan nutrisi yang cukup, tubuh si Kecil perlu istirahat yang berkualitas sehingga setiap rangsangan yang diterima bisa diproses dengan baik.

Mendengarkan musik sebelum tidur dapat membantu si Kecil merasa lebih tenang dan nyaman. Kedua hal ini akan memicu istirahat yang optimal, sehingga tubuh dan otak si Kecil dapat berkembang dengan baik pula. Hal ini khususnya terjadi pada saat si Kecil masih bayi, fase ketika waktu istirahat yang berkualitas benar-benar dibutuhkan.

Perbendaharaan Kata dan Kemampuan Baca Tulis

Ketika ia sudah memasuki fase anak-anak, si Kecil akan mulai aktif menanyakan berbagai hal untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Kemampuan berkomunikasi jadi krusial, agar ia selalu dapat mengartikulasikan apa yang dirasakannya saat itu. Nah, musik dan lagu juga mengambil peranan penting pada fase ini, yakni membantu si Kecil menambah perbendaharaan kata dan kemampuannya membaca dan menulis.

Ketika ia mendengarkan lagu, secara langsung ia akan mengetahui berbagai jenis kata baru, dan akan menanyakannya pada Mums. Semakin banyak kata yang didengar, maka semakin luas pula pengetahuan si Kecil akan arti dari kata tersebut. Memang harus secara bertahap diajarkan kata yang sederhana, baru ke yang lebih kompleks. Tapi belajar dengan musik dan lagu adalah waktu yang menyenangkan, jadi tidak masalah bukan?

Kinerja Otak secara Umum

5 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Anak, Mums Sudah Tahu?

Memperdengarkan musik klasik ketika si Kecil masih berada di dalam kandungan bertujuan untuk merangsang perkembangan otaknya. Ketika sudah lahir pun ternyata musik memiliki efek yang sama. Semakin sering ia mendengarkan musik maka semakin banyak jumlah hubungan sel otak yang terbentuk.

Hal ini berpengaruh langsung pada kecerdasan yang dimiliki si Kecil. Selain mendengarkan musik, Mums juga disarankan untuk mengajarkan si Kecil bermain berbagai alat musik. Kemampuan bermain alat musik bisa membantunya meningkatkan kemampuan otak dan logika, sehingga ia akan tumbuh jadi anak yang cerdas.

Mendengarkan Musik Membantu si Kecil Fokus

Pernahkah Mums mendengarkan musik ketika tengah bekerja? Musik yang didengarkan ketika tengah melakukan kegiatan akan membantu otak lebih fokus dan berkonsentrasi. Hal ini pula yang terjadi pada anak-anak ketika ia mendengarkan musik sembari melakukan aktivitas lain. Sederhana saja, misalnya ketika ia bermain.

Musik yang didengarkan si Kecil bisa membantu otak menjadi lebih rileks, sehingga lebih mudah untuk menjadi fokus. Dengan begini apapun yang dilakukan si Kecil lebih mungkin menghasilkan sesuatu yang maksimal. Jadi tidak ada salahnya Mums memperdengarkan musik dan lagu ketika ia beraktivitas, agar si Kecil tetap bisa menjaga mood-nya setiap saat.

Rangsangan Fisik dengan Gerakan Mengikuti Irama

5 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Anak, Mums Sudah Tahu?

Rasanya tak lengkap jika mendengarkan musik atau lagi tanpa menggerakkan badan bukan Mums? Bernyanyi dan menari jadi aktivitas yang sangat menyenangkan sekaligus bermanfaat. Banyak sekali rangsangan yang diterima tubuh dan otak si Kecil, sehingga aktivitas menyenangkan ini sangat direkomendasikan untuk kegiatan bersama.

Bergerak mengikuti irama bisa membantu si Kecil memahami tentang tempo dan ketukan, ini akan membantu ia mengembangkan kemampuan mengingatnya. Ketika ia menari, gerakan tubuhnya akan terbentuk sedemikian rupa sehingga bisa membantu melatih koordinasi. Ketika dilakukan dengan senang, maka rangsangan ini akan sangat optimal diserap si Kecil dan sangat baik efeknya di pertumbuhan dan perkembangannya.

Baca Juga : Rangsangan Permainan Imajinasi untuk si Kecil, Ini Tipsnya!

Mendengarkan musik memang jadi hal paling universal yang bisa Mums ajarkan pada si Kecil. Irama, kata-kata, suara alat musik, hingga tempo dan nuansa yang disajikan dalam setiap jenis musik, bisa jadi rangsangan yang baik untuk si Kecil. Tapi sebisa mungkin pilih musik yang cocok dengan usianya ya Mums!

Nah manfaat mendengarkan musik untuk anak-anak di atas semoga bisa menjadi hal yang berguna setelah Mums baca ya. Tentu saja, untuk mengoptimalkan tumbuh kembang, tak hanya dengan mendengarkan musik tapi juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Berikan makanan bernutrisi sesuai dengan usia si Kecil, dan tambahkan Friso Gold 3 untuknya ketika berusia 1 sampai 3 tahun. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuknya dan lihat ia tumbuh dengan optimal!