Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Manfaat Santan untuk si Kecil, Mulai dari Pencernaan Hingga Tumbuh Kembangnya

5 Manfaat Santan untuk si Kecil, Mulai dari Pencernaan Hingga Tumbuh Kembangnya

Tumbuh kembang si Kecil memerlukan asupan nutrisi yang dapat diserap optimal oleh organ pencernaannya. Berbagai makanan tentu mengandung banyak nutrisi yang diperlukan, namun ada beberapa yang dapat membantu mengoptimalkan kerja saluran cerna, salah satunya adalah santan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat santan untuk si Kecil dalam masa tumbuh kembangnya.

Santan sendiri merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk pencernaan si Kecil. Kandungan yang ada di dalam santan dapat memberikan stimulus pada kinerja organ pencernaan sekaligus memberikan banyak nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil. Namun demikian Mums harus cermat ketika memberikan santan pada si Kecil.

Pada pakar merekomendasikan santan diberikan setelah si Kecil berusia lebih dari 9 bulan. Mengapa? Karena pada usia tersebut sistem dan organ pencernaannya sudah dapat dikatakan sempurna dan siap mencerna berbagai makanan ‘baru’ yang belum pernah dikonsumsinya. Organ cerna juga sudah cukup kuat untuk mencerna makanan dengan tekstur dan sifat lebih ‘keras’ dari makanan yang selama ini diberikan pada si Kecil.

Santan sendiri memiliki banyak manfaat untuk si Kecil, mulai dari manfaat pada pencernaan serta pada tumbuh kembangnya. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

Lemak Nabati

Lemak diperlukan oleh tubuh si Kecil sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas serta tumbuh dan berkembang. Santan memiliki kandungan lemak nabati yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh si Kecil. Berbeda dengan lemak hewani yang mungkin dapat dikatakan tidak terlalu baik untuk tubuh si Kecil, lemak nabati lebih mudah dicerna.

Asam lemak dan trigliserida lebih mudah dibakar oleh tubuh sehingga tidak banyak memerlukan usaha dari organ pencernaannya. Selain itu, santan juga mengandung fruktosa atau pemanis alami yang jumlahnya sedikit sehingga menjadi sumber tenaga yang aman dan baik untuk tubuh si Kecil.

Perkembangan Otak

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada santan dapat membantu perkembangan otak dan kecerdasan si Kecil. Konsumsi secara teratur pada santan dapat memberikan asupan yang cukup untuk memberikan ‘bahan bakar’ pertumbuhan otak sehingga si Kecil lebih mudah menyerap rangsangan yang diterimanya dalam bentuk apapun.

Penyerapan Vitamin

Vitamin dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si Kecil tidak dapat serta merta diserap ke dalam tubuh dan menjadi zat yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. Nutrisi tersebut terlebih dahulu akan diproses dan dilarutkan, baru kemudian dapat diserap oleh tubuh. Nah, santan dalam hal ini menjadi agen untuk melarutkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Vitamin seperti A, D, E dan K merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Ketika vitamin ini masuk ke dalam tubuh dan dilengkapi dengan konsumsi santan yang mengandung lemak baik, vitamin tersebut akan lebih cepat dicerna dan diserap oleh tubuh si Kecil. Hasilnya jelas, tubuhnya mendapat asupan nutrisi dengan optimal dan bisa tumbuh berkembang dengan maksimal.

Kerja Organ Dalam

Manfaat santan yang lain adalah untuk membantu mengoptimalkan perkembangan dan kinerja organ dalam tubuh si Kecil. Organ seperti hati, empedu, kelenjar adrenalin, plasma darah serta ginjal, dapat sangat terbantu kinerja dan perkembangannya dengan asupan santan. Optimalnya kinerja organ dalam akan mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil secara keseluruhan.

Optimalnya kinerja organ dalam juga turut akan berpengaruh pada kecepatan penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si Kecil. Semakin cepat makanan dicerna dan diserap nutrisinya, maka tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil juga akan semakin optimal.

Nafsu Makan

Terakhir dari manfaat santan yang bisa disebutkan adalah memberikan rangsangan pada nafsu makan si Kecil. Rangsangan yang diberikan berupa cita rasa gurih pada masakan atau makanan yang Mums berikan. Rasa ini cenderung menjadi salah satu rasa favorit dari anak-anak, dan akan berefek pada meningkatnya nafsu makan si Kecil.

Manfaat santan memang ternyata tidak sedikit untuk anak-anak. Namun yang perlu menjadi catatan adalah, bahwa santan yang Mums berikan atau tambahkan dalam masakan sangat direkomendasikan santan alami yang berasa dari kelapa, bukan dari santan kemasan. Jelas, santan kemasan memiliki beberapa tambahan bahan kimia (paling jelas adalah pengawet) yang mungkin tidak baik untuk organ dalam si Kecil.

Mengetahui manfaat santan dalam mengoptimalkan pencernaan dan tumbuh kembang si Kecil di atas, mungkin Mums bisa mulai memberikan variasi menu makanan dengan tambahan santan. Selain itu untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Mums juga dapat berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resminya dengan menggunakan fitur live chat.