Lompat ke isi utama
Senam anak

5 Manfaat Senam Anak untuk Kesehatan dan Pertumbuhannya

Senam anak ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik si Kecil, tetapi juga penting untuk kesehatan mentalnya

Menjalankan pola hidup sehat dan aktif merupakan hal yang perlu Mums biasakan kepada buah hati, termasuk melakukan senam anak secara rutin. Apalagi di masa pandemi covid-19 yang belum berakhir ini diharapkan setiap orang tua dapat menjaga daya tahan tubuh anak-anaknya agar tidak mudah sakit. 

Sistem imun yang kuat tak hanya dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi, tetapi juga dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari. Itulah sebabnya, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktivitas fisik seperti senam anak, mencukupi kebutuhan cairan, serta menjaga kebersihan merupakan poin penting dalam pola hidup sehat dan aktif. 

Mungkin sebagian Mums menghadapi tantangan tersendiri saat ingin membiasakan pola hidup tersebut, salah satunya bila anak-anak tidak mau menjalankan rutinitas yang menyehatkan, seperti senam anak. Oleh karena itu, Mums perlu melakukan beberapa trik agar anak semangat dan antusias untuk melakukan aktivitas fisik seperti senam anak. 

Setidaknya, Mums bisa membiasakan aktivitas fisik tersebut sebanyak 3 kali dalam seminggu atau bisa juga dilakukan di akhir pekan untuk menambah kebugaran tubuh anak dengan baik. Nah, Mums pasti penasaran kan bagaimana mengajak anak agar semangat dan rajin melakukan aktivitas fisik seperti senam anak? Jawabannya akan kita bahas dalam artikel ini. Namun sebelum itu, kita bahas dulu manfaat senam anak untuk tumbuh kembangnya, yuk! 

Apa Saja Manfaat Senam Anak untuk Tumbuh Kembangnya? 

Berikut ini beberapa manfaat senam anak yang penting bagi tumbuh kembangnya: 

  • Meningkatkan kemampuan motorik anak

    Salah satu manfaat senam anak yaitu dapat meningkatkan kemampuan motoriknya lho, terutama motorik kasar. Kemampuan motorik kasar merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan yang membutuhkan kemampuan otot besar pada sebagian maupun seluruh anggota tubuh. 

  • Meningkatkan kecerdasan kinestetik anak

    Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan untuk menggabungkan antara fisik dan pikiran sehingga menghasilkan kecerdasan yang sempurna. Kecerdasan kinestetik mencakup koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, kecepatan, dan keakuratan dalam menerima rangsangan. 

    Melansir laman resmi parents.com, penelitian pada anak usia 5 tahun menunjukkan bahwa gerakan senam anak yang dilakukan secara rutin dengan berbagai gerakan dan irama musik membuat kecerdasan kinestetik anak semakin meningkat. Itulah sebabnya, senam anak biasanya menjadi salah satu pelajaran yang diajarkan oleh para guru di taman kanak-kanak maupun sekolah dasar. 

  • Meningkatkan kepadatan dan pertumbuhan tulang

    Manfaat senam anak juga dapat meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan tulang. Ini karena beberapa gerakan senam anak akan mendayagunakan lebih banyak kalsium sehingga tulang menjadi lebih padat. Sebaliknya, jika si Kecil jarang melakukan aktivitas fisik, kemungkinan kepadatan tulangnya tidak akan optimal. Dengan rutin melakukan senam anak, maka kepadatan atau massa tulang akan tetap terjaga dan mengoptimalkan pertumbuhannya.

  • Mengontrol berat badan

    Seperti yang Mums ketahui, senam anak merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Jika dilakukan secara rutin, maka senam bisa menjadi solusi untuk mengontrol berat badan, tentunya dengan pola hidup sehat dan aktif. 

  • Memperbaiki postur tubuh

    Postur tubuh yang benar berperan penting terhadap kesehatan dan penampilan seseorang. Itulah sebabnya, Mums perlu lebih peduli terhadap postur tubuh anak agar tidak menghambat pertumbuhannya. Nah, salah satu cara untuk memperbaiki postur tubuh yaitu dengan melakukan senam. Ini karena gerakan senam mendorong sebagian besar anggota tubuh untuk bergerak dengan cara yang tepat. Selain membuat lentur, gerakan tersebut bisa memperbaiki postur tubuh jadi lebih baik dan sehat. 

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat senam anak, sekarang saatnya Mums ketahui beberapa gerakan senam anak yang bisa dilakukan bersama.

Gerakan Senam Anak yang Mudah dan Menyehatkan

Berikut ini beberapa rekomendasi gerakan senam anak yang sehat dan gembira, antara lain:

  • Jalan di tempat sambil mengangkat kedua tangan
  • Jalan di tempat sambil menghadap ke kiri dan kanan
  • Melangkah ke depan satu langkah sambil meletakkan tangan di pinggang, dilanjutkan dengan meletakkan tangan di kepala
  • Menggerakkan bahu ke atas dan ke bawah sambil bergerak ke kiri dan kanan
  • Mengangkat tangan ke kiri dan ke kanan, kemudian menggerakannya ke bawah
  • Jalan di tempat sambil menghadap kiri dan kanan sambil mengangkat tangan
  • Melangkah ke depan satu langkah dan mengangkat tangan ke kepala
  • Memutar tangan ke arah kiri dan kanan
  • Mendorong tangan ke arah kiri dan kanan
  • Mengulangi gerakan-gerakan di atas sesuai irama musik

Bagaimana, Mums? Mudah bukan untuk melakukan gerakan senam tersebut? Melihat gerakan-gerakan senam anak tersebut memang cukup mudah, tetapi tak sedikit Mums yang mengalami kesulitan saat membiasakan si Kecil melakukan aktivitas fisik. Nah, sekarang Mums tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Simak, yuk!

  1. Jadikan sebagai rutinitas mingguan

    Jika Mums menjadikan senam sebagai aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin, mungkin anak juga akan terbiasa melakukannya. Untuk itu, buatlah jadwal khusus aktivitas fisik di akhir pekan selama kurang lebih 1 jam untuk berolahraga bersama anak. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka anak pun akan terbiasa untuk berolahraga pada kemudian hari. 

  2. Beri contoh yang baik

    Jika Mums meminta anak untuk melakukan senam, tetapi Mums sendiri tidak melakukannya, bisa jadi anak pun malas atau menolak. Untuk itu, berikanlah contoh yang baik dengan melakukan aktivitas fisik secara bersama-sama. 

  3. Batasi waktu di depan layar gadget 

    Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini penggunaan gadget menjadi hal yang lumrah bagi anak-anak di era digital. Kendati demikian, bukan berarti Mums harus menjauhkan anak dari penggunaan gadget, sebaiknya Mums cukup membatasi penggunaannya agar anak tidak kecanduan. 

    Saat membatasi waktu bermain gadget, Mums bisa mengajaknya untuk bergerak lebih aktif melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Selain itu, Mums juga perlu memberikan contoh yang baik dengan membatasi sendiri penggunaan gadget di depan anak. 

  4. Ciptakan suasana senam yang menyenangkan

    Supaya anak semakin semangat dan antusias, maka penting untuk menciptakan suasana senam yang menyenangkan. Hindari memaksanya untuk melakukan aktivitas fisik karena bisa jadi membuat ia semakin malas dan menolak untuk melakukannya di kemudian hari. 

    Solusinya, Mums bisa menjelaskan pentingnya senam sebagai salah satu aktivitas fisik yang menyehatkan. Selain itu, Mums juga bisa menunjukkan berbagai macam video senam anak yang menyenangkan agar ia semakin terdorong untuk menjadikan aktivitas ini sebagai rutinitas mingguan. 

  5. Ajak teman sebayanya untuk melakukan senam bersama

    Supaya kegiatan senam semakin seru, Mums bisa juga lho mengajak teman sebaya anak untuk melakukannya secara bersama-sama. Dengan begitu, anak tidak akan bosan dan merasa kesepian saat melakukan rutinitas ini. Tak hanya itu, Mums juga sebenarnya bisa mendaftarkan anak ke klub olahraga untuk menambah teman saat melakukan aktivitas yang ia gemari. 

Itulah beberapa hal yang perlu Mums perhatikan sebelum melakukan aktivitas fisik seperti senam bersama anak. Seperti yang telah disebutkan, senam memang dapat meningkatkan tumbuh kembang anak, tetapi ada hal lain yang tak kalah penting, yaitu pemberian nutrisi berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya secara tepat.

Ini karena nutrisi berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Nah, FRISO Gold 4 bisa menjadi pilihan tepat karena mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Selain itu, susu pertumbuhan ini juga mengandung prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu agar membantu anak kuat dari dalam.

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang