Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Pekerjaan Membantu Orang Tua sekaligus Melatih Tanggung Jawab Si Kecil

5 Pekerjaan Membantu Orang Tua sekaligus Melatih Tanggung Jawab Si Kecil

Membiasakan si Kecil untuk membantu orang tua mungkin bisa jadi hal sangat baik untuk diterapkan sejak dini. Pasalnya, kebiasaan baik ini dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri si Kecil, sekaligus melatih kemampuan motoriknya. Mungkin untuk Mums pekerjaan sehari-hari yang biasa dilakukan tidak seberapa. Namun untuk si Kecil, hal ini bisa jadi latihan yang sangat baik untuk merangsang tumbuh kembang fisik serta koordinasi anggota tubuhnya.

Tentu untuk mendidik si Kecil agar rajin membantu pekerjaan Mums harus dilakukan secara bertahap dan terus menerus. Tujuannya jelas, agar pekerjaan rumah yang dilakukan Mums juga dapat dikenali oleh si Kecil, dipahami, serta dipraktekkan sebagai bentuk tanggung jawab si Kecil. Jika Mums mungkin bingung kegiatan apa saja yang dapat menjadi pilihan, artikel ini sangat cocok untuk Mums baca.

Melipat Pakaian

Melipat pakaian? Bagaimana bisa? Ya, ternyata kegiatan sederhana ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk si Kecil. Selain sederhana, melipat pakaian juga dapat mengajarkan tanggung jawab pada si Kecil sejak dini. Kegiatan mencuci yang biasanya dilakukan satu kali dalam satu minggu bisa jadi pengulangan yang sesuai untuk latihannya.

Mulai dengan lipatan sederhana seperti celana yang hanya memerlukan dua kali lipatan. Jika mungkin si Kecil belum mampu, Mums bisa menugaskannya untuk mengelompokkan pakaian berdasarkan warna atau kepemilikan (baju si Kecil atau baju kakaknya). Dengan begini si Kecil bisa berlatih untuk membereskan pakaian miliknya.

Mencuci Piring

Mencuci piring, mungkin untuk si Kecil ini hanya cara lain untuk bermain air dan busa. Namun demikian, ternyata kegiatan mencuci piring merupakan salah satu kegiatan membantu orang tua yang juga menjadi sarana baik mendekatkan diri dengan si Kecil. Terdengar aneh memang, namun dengan mencuci piring bersama Mums dan si Kecil dapat memiliki quality time yang baik.

Tentu untuk tahap awal, tidak dianjurkan memberikan cucian piring yang berbahan kaca atau keramik. Berikan perabotan yang berbahan melamin, atau plastik dan sejenisnya agar si Kecil dapat mencuci dengan aman dan terhindar dari resiko memecahkan atau melukai dirinya. Sesekali tidak masalah bukan basah-basahan dengan si Kecil sembari menjalin kedekatan emosional?

Menyiram Tanaman

Salah satu kegiatan yang dapat melatih tanggung jawab si Kecil sekaligus membantu Mums adalah menyiram tanaman. Dengan menyiram tanaman, si Kecil akan belajar untuk melakukan bagiannya sebagai partisipasi dalam melakukan pekerjaan rumah. Dan tentu saja, si Kecil akan banyak berurusan dengan air, yang notabene menjadi hal yang disukai banyak anak-anak.

Kegiatan ini juga termasuk kegiatan yang menyehatkan karena akan membuat si Kecil secara langsung bersinggungan dengan alam yang ada di sekitarnya. Tanaman, tanah, air, akan menjadi elemen alam yang sangat baik untuk dikenali oleh si Kecil. Melatih tanggung jawab, membiasakan diri dengan alam serta latihan fisik dalam mengangkat ember penyiram tanaman, banyak manfaat dalam satu kegiatan simple.

Tisu Toilet

Mengganti tisu toilet bisa juga jadi salah satu kegiatan untuk melatih tanggung jawab si Kecil. Tisu toilet jadi salah satu barang yang akan selalu ditemui dan digunakannya ketika berada di kamar mandi. Setelah menggunakan dan habis, tentu harus diganti dengan yang baru. Ada baiknya, Mums menyerahkan tugas ini pada si Kecil sehingga ia dapat mengetahui lebih banyak tanggung jawab sederhana.

Penanaman kebiasaan seperti ini memang hal yang simple. Namun jika dilihat dari sisi psikologis, tugas rutin yang diberikan pada si Kecil seperti ini akan menumbuhkan tanggung jawabnya secara perlahan. Pemahaman pada tugas yang harus dilakukan dapat jadi latihan yang baik untuk merangsang pembentukan karakter si Kecil sebagai pribadi yang baik pula.

Membereskan Mainan

Ini merupakan hal sangat penting dan mendasar yang bisa Mums jadikan jalan untuk melatih tanggung jawabnya. Mainan yang selesai dimainkan biasanya akan berserakan dan tidak berada pada tempatnya. Si Kecil tentu terlibat dalam pemakaian mainan ini, dan sudah menjadi tanggung jawabnya untuk mengembalikan mainan ke tempatnya masing-masing.

Hal yang sama juga berlaku ketika si Kecil bermain dengan mainannya di tempat terbuka dan cukup kotor. Biasakan untuk mengajak si Kecil terlebih dahulu membersihkan mainannya sebelum disimpan. Dengan pembiasaan seperti ini ia akan memiliki pola yang baik setelah menggunakan berbagai barang, untuk membereskan, membersihkan atau meletakkan kembali ke tempatnya.

Melatih tanggung jawab dengan beberapa pekerjaan orang dewasa seperti yang disebutkan di atas adalah cara sederhana untuk membantu karakter si Kecil. Tentu saja, dalam prosesnya Mums perlu terus memberikan contoh dan dorongan agar ia termotivasi dan dapat melakukan tanggung jawabnya dengan baik. Membantu orang tua selain akan membentuk karakter si Kecil juga dapat menjadi sarana rangsangan yang tepat untuk tumbuh kembangya. Agar lebih optimal, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tumbuh dengan optimal.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang