Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Penyebab Anak Tidak Percaya Diri, Simak dan Hindari Kebiasaan Ini Ya Mums

5 Penyebab Anak Tidak Percaya Diri, Simak dan Hindari Kebiasaan Ini Ya Mums

Melihat si Kecil menjadi pribadi yang periang, mudah bergaul dan percaya diri tentu menyenangkan, bukankah begitu Mums? Si Kecil yang mampu menunjukkan sikap ini, dapat dikatakan memiliki karakter yang sangat baik. Namun demikian hal ini harus diajarkan secara perlahan. Bisa jadi, penyebab anak tidak percaya diri justru dimulai dari lingkungan terdekatnya, yakni keluarga.
Tanpa bermaksud mendiskreditkan lingkungan keluarga, Mums perlu juga mewaspadai hal-hal yang bisa jadi penyebab kurang percaya dirinya si Kecil. Biasanya hal ini terjadi tanpa disadari, dan berkelanjutan. Namun demikian tentu hal ini bukan hal yang disengaja, mengingat setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya.
Untuk menjelaskan beberapa penyebab anak tidak percaya diri, beberapa poin di bawah ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Mums. Untuk menyempurnakan pembelajaran karakter di rumah, simak penjelasan berikut ini ya Mums!

Kurang Apresiasi dan Dukungan

Terkadang mungkin Mums juga memiliki aktivitas yang harus dilakukan untuk si Kecil sehingga apresiasi atas setiap tindakannya tidak dapat dilakukan. Hal ini tentu tidak akan berdampak besar jika hanya sesekali terjadi. Toh Mums juga pasti akan memberikan perhatian dan mengapresiasi apapun yang dilakukan si Kecil sebagai bentuk dukungan.
Kurangnya apresiasi serta dukungan dalam masa belajar si Kecil, menjadikannya kurang percaya diri. Hal ini karena si Kecil akan cenderung merasa kekurangan perhatian, sehingga ia bisa menjadi pribadi yang tertutup dan kurang dapat menunjukkan rasa percaya diri ketika bergaul di lingkungan baru.

Kritik dengan Diksi yang Tepat

Ketika si Kecil melakukan kesalahan, sudah sewajarnya Mums menegurnya. Atau misalkan ketika si Kecil tengah belajar untuk makan sendiri, namun malah berakhir berantakan, tentu secara alami Mums akan memberikan kritik atau masukan agar si Kecil bisa lebih baik kedepannya.
Namun demikian, kritik yang disampaikan pada si Kecil harus dilakukan dengan diksi yang tepat. Selain agar si Kecil tidak tersinggung dan sakit hati, pemilihan diksi yang tepat benar-benar dapat memberikan efek konstruktif bagi apapun yang dilakukan si Kecil. Tidak sedikit kejadian dimana si Kecil menjadi pribadi yang kurang percaya diri karena kritik yang disampaikan bernada negatif.

Terlalu Protektif

Naluri seorang ibu untuk senantiasa melindungi anaknya merupakan naluri terkuat yang dimiliki manusia. Tentu ini pula yang Mums rasakan. Tapi keinginan untuk selalu memastikan si Kecil aman dan terlindung, jika terlalu intens, justru akan berdampak kurang baik untuk mental si Kecil.
Si Kecil yang terlalu dilindungi akan sulit mengembangkan keterampilan dan mencoba hal baru. Akhirnya ia akan kesulitan pula untuk mengembangkan rasa percaya diri, kemandirian, serta perkembangan fisik maupun mental. Untuk itu, proteksi yang diberikan pada si Kecil juga hendaknya diberikan pada porsi wajar, tanpa memberikan batasan terlalu banyak yang dapat menghambat tumbuh kembangnya.

Dibandingkan dengan Anak Lain

Setiap anak memiliki tempo dan garis waktunya masing-masing untuk tumbuh dan berkembang. Sama halnya dengan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki si Kecil. Terkadang tanpa sadar mungkin Mums membandingkan si Kecil dengan temannya untuk satu hal, dimana temannya mampu melakukan sesuatu dan si Kecil belum mampu.
Ketika dibandingkan secara langsung, ada dua kemungkinan. Pertama si Kecil akan termotivasi, yang mana hal ini baik. Kedua si Kecil akan minder, ini yang harus dihindari. Alih-alih membandingkan, Mums bisa memberinya motivasi dan dukungan positif agar si Kecil memiliki semangat belajar yang lebih tinggi.

Harapan Berlebih

Menjadi harapan hampir semua orang tua, agar si Kecil memiliki prestasi yang tinggi serta mampu menjadi pribadi dengan karakter baik. Didikan dan dukungan yang diberikan oleh Mums dan keluarga kecil akan jadi motivasi terbaik untuk si Kecil dalam meraih prestasi.
Berikan target yang masuk akal untuk si Kecil dan tidak terlalu tinggi. Target yang terlalu tinggi cenderung akan memberikan tekanan pada si Kecil. Beban yang diberikan pada si Kecil hanya akan memberikan prestasi yang diinginkan, namun yang menjadi korban adalah kesehatan mental si Kecil.

Mendidik si Kecil untuk tumbuh menjadi pribadi dengan karakter baik serta kecerdasan yang juga menonjol memang bukan hal yang mudah. Disinilah keajaiban yang Mums miliki, yakni secara naluri akan bisa membimbing si Kecil ke titik dimana tumbuh kembangnya bisa terjadi maksimal, baik dari segi kesehatan mental dan kepribadian atau pertumbuhan fisik.
Untuk mencegah penyebab anak tidak percaya diri dan membantu optimalnya tumbuh kembang si Kecil, Mums perlu memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. Mums bisa memberikan Friso Gold 4 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Friso memiliki teknologi Locknutri sehingga kualitas alami nutrisi terjaga dan mudah diserap, tubuh si Kecil akan menjadi kuat dari dalam. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs Friso dengan fitur live chat yang tersedia di pojok kanan bawah ya Mums.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang