Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Penyebab Bayi Sering Kentut, Pernahkah Mums Mengalaminya?

5 Penyebab Bayi Sering Kentut, Pernahkah Mums Mengalaminya?

Seiring proses tumbuh kembangnya, si Kecil akan mengalami banyak perubahan pada bagian tubuh, baik tubuh luar maupun organ dalam seperti organ pencernaan. Nah, untuk organ pencernaan ini, perubahan akan terus terjadi sebagai bentuk adaptasi dan semakin menguatnya organ yang ada. Efek samping yang sering ditimbulkan adalah bayi sering kentut, mungkin Mums pernah mengalaminya.

Bayi sering kentut sebenarnya adalah reaksi alami dari organ pencernaan ketika mencerna makanan. Makanan yang masuk, dalam hal ini ASI atau susu formula, akan dicerna sedemikian rupa. Namun demikian tidak semua bagian makanan akan terserap, akan muncul gas sebagai dampak dari proses ini. Salah satu jalan keluar gas yang terbentuk adalah lewat kentut si Kecil.

Apakah ini perlu dikhawatirkan? Sebenarnya jika intensitas kentut si Kecil masih wajar dan tidak disertai rewel, hal ini tidak perlu terlalu pusingkan. Namun demikian ada beberapa penyebab lain yang juga menuntut Mums memberikan perhatian lebih. Lalu apa saja penyebab yang wajar dan penyebab yang perlu perhatian khusus? Simak penjelasannya di sini ya Mums!

Masuknya Udara Ketika Menyusu

Salah satu kebutuhan si Kecil pada saat bayi adalah ASI. Baik melalui proses menyusu atau melalui dot, keduanya sama-sama bisa dilakukan asalkan dengan cermat. Mengapa demikian? Karena proses ini memiliki potensi membuat si Kecil menghisap udara sehingga membuat organ pencernaannya dipenuhi gas.

Masuknya udara ini disebabkan karena posisi si Kecil yang kurang tepat, sehingga apa yang dihisapnya tak hanya ASI namun juga udara. Hal tersebut juga awam terjadi ketika si Kecil menghisap dot dengan botol yang sudah kosong. Untuk mengatasinya, sesederhana memposisikan si Kecil pada posisi yang tepat serta segera mengambil botol dot ketika sudah kosong.

Jumlah Bakteri Baik dan Bakteri Jahat

Pada proses pencernaan, si Kecil akan ‘melibatkan’ banyak bakteri yang ada pada bagian organ pencernaannya. Bakteri ini, ada yang bersifat baik dan jahat. Namun demikian keduanya diperlukan demi menjaga keseimbangan jumlah bakteri dan fungsinya di bagian organ pencernaan tersebut. Ketika jumlahnya tidak seimbang, maka produksi gas yang berasal dari pencernaan akan lebih besar.

Akibatnya tentu Mums dapat menebak, bayi sering kentut sehingga juga menimbulkan kondisi perut yang sedikit membesar. Hal ini sebenarnya proses yang wajar karena organ pencernaan si Kecil akan terus beradaptasi dan berkembang menjadi lebih kuat seiring berjalannya waktu.

Tubuh si Kecil Mengalami Intoleransi Laktosa

Terdengar sedikit menyeramkan ya Mums? Kondisi ini terjadi ketika tubuh si Kecil mengalami kelainan dimana tidak dapat memproduksi Enzim Laktase yang berguna untuk memecah gula yang masuk dalam organ pencernaannya. Akibatnya, gula yang tidak dapat dicerna ini mengendap dan menimbulkan gas sehingga si Kecil kentut terus menerus.

Untuk penyebab yang ketiga ini, ada baiknya Mums mulai waspada lho. Hal ini dikarenakan intoleransi laktosa harus disikapi dengan bijak, paling mendasar adalah dengan memilih jenis makanan yang kadar gulanya tidak terlalu banyak sehingga masih dapat dicerna oleh tubuh si Kecil. Perhatian ekstra pada jenis makanan ini akan lebih baik jika dibarengi dengan konsultasi ke dokter kepercayaan Mums untuk menemukan secara pasti sebab dan solusi yang tepat.

GERD

Pernahkah Mums mendengar tentang GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease? GERD merupakan kondisi di mana si Kecil memuntahkan kembali makanan yang baru saja dikonsumsinya. GERD sering terjadi pada si Kecil sebelum menginjak usia 6 bulan, yang notabene belum memiliki kondisi organ pencernaan yang sempurna.

Ketika si Kecil memuntahkan makanannya, ada sejumlah gas yang tersisa di dalam organ pencernaan yang akan membuatnya merasa tak nyaman. Hal ini biasanya akan membuat si Kecil rewel. Solusinya cukup sederhana, yakni dengan mengusap perut si Kecil secara perlahan agar dapat menenangkan si Kecil sekaligus mendorong gas yang terjebak ini keluar.

Ketika si Kecil Harus Meminum Antibiotik

Konsumsi antibiotik berguna untuk membasmi bakteri yang menyebabkan gangguan kesehatan pada si Kecil sialnya, antibiotik tidak hanya mengurangi jumlah bakteri jahat namun juga bakteri baik. Akibatnya jumlah bakteri akan menurun drastis dan tidak dapat menjalankan perannya dalam mencerna makanan yang masuk ke organ pencernaan,

Proses pencernaan yang tidak sempurna ini Mums, menyebabkan adanya gas di dalam organ tersebut. Ini juga menjadi salah satu penyebab yang harus mendapat perhatian khusus, dan segera disikapi dengan memberikan asupan makanan yang mengandung banyak Prebiotik dan Probiotik. ASI mengandung kedua hal tersebut, dan sangat direkomendasikan untuk menjadi solusinya.

Bayi yang sering kentut bukanlah masalah besar selama intensitasnya masih wajar. Selalu perhatikan apa saja yang terjadi pada bayi sebelum kentut mulai muncul terus menerus, dan segera pastikan penyebabnya dengan mengunjungi dokter kepercayaan Mums. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil agar ia tumbuh sehat dan kuat serta pintar ya Mums!

Selamat! Mums berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang