Lompat ke isi utama
5 Poin dalam Cara Memandikan Bayi ketika New Normal

5 Poin dalam Cara Memandikan Bayi ketika New Normal

Jika berbicara mengenai kesehatan si Kecil, terlebih di era new normal seperti sekarang ini, mungkin Mums terkadang masih bingung di satu dan lain hal. Bukan karena Mums tidak memahami apa yang harus dilakukan, namun lebih kepada adaptasi dan penyesuaian yang sebaiknya diterapkan. Salah satunya adalah cara memandikan bayi yang benar, agar si Kecil bisa terhindar dari resiko penularan virus.

Virus yang belakangan melanda seluruh dunia dapat menular melalui droplet atau media air dan cairan. Ketika memandikan si Kecil, tentu Mums akan menggunakan air. Komunikasi dengan bayi juga sangat baik untuk mempererat ikatan emosional antara Mums dan si Kecil, sehingga tak jarang Mums mengajaknya berbincang ketika memandikannya.

Nah, agar stimulus yang diberikan bisa diterima dengan resiko minim, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam cara memandikan bayi. Apa saja hal tersebut? Mari simak penjelasan singkat di bawah ini!

Wajib Dipastikan : Kesehatan Tubuh Mums

Wajib Dipastikan : Kesehatan Tubuh Mums

Mengingat sentuhan dan kontak fisik yang terjadi ketika memandikan si Kecil, Mums pertama wajib memastikan kesehatan tubuh Mums sendiri. Bahkan sebenarnya setiap orang yang berinteraksi dengan bayi terlebih dahulu harus dipastikan kesehatannya, agar tidak membawa bakteri, virus, atau mikroorganisme jahat yang bisa masuk dan mengganggu kesehatan tubuh si Kecil.

Cek suhu tubuh, kontrol kesehatan secara rutin, dan melaksanakan prosedur kesehatan yang sudah disarankan. Saat berharga dan waktu intim bersama si Kecil ketika memandikannya akan memberikan manfaat optimal jika tubuh Mums sehat dan bebas dari penyakit menular apapun. Demi menjaga kesehatan si Kecil, jangan ragu untuk dengan rutin melakukan kontrol kesehatan ya Mums!

Higienitas ketika Memandikan si Kecil

Bukan berarti ketika memandikan si Kecil Mums boleh menyepelekan kebersihan tubuh Mums sendiri. Jika poin pertama menyoal kesehatan tubuh, maka poin kedua ini berbicara mengenai kebersihan dan higienitas tubuh Mums. Setelah banyak aktivitas yang Mums lakukan baik di dalam maupun di luar rumah, disarankan untuk mandi sebelum selanjutnya memandikan si Kecil.

Protokol kesehatan sendiri mengharuskan Mums mencuci tangansetelah berkegiatan di luar rumah. Namun demikian demi proteksi yang maksimal, salah satu cara memandikan bayi yang baik adalah diawali dengan membersihkan tubuh dengan cara mandi. Setelah bersih dan segar, Mums bisa memandikan si Kecil dengan nyaman dan menikmati waktu bersama si Kecil.

Dengan cara sederhana ini, Mums sudah bisa meminimalisir resiko penularan virus atau bakteri yang mungkin saja terbawa ketika Mums beraktivitas di luar.

Produk dan Peralatan Mandi yang Sesuai

Produk dan Peralatan Mandi yang Sesuai

Sabun, shampoo, hingga handuk dan peralatan mandi lainnya, selalu gunakan yang diformulasikan untuk bayi. Produk mandi sendiri akan jadi penting karena kulit dan kondisi tubuh si Kecil berbeda dengan kondisi tubuh Mums atau orang dewasa lain. Kulitnya masih cenderung sensitif, sehingga perlu produk khusus yang tepat agar tidak mengalami iritasi.

Untuk sabun yang digunakan, pastikan mengandung bahan yang dapat membunuh kuman dan meminimalisir penyebaran virus. Biasanya bahan yang dapat membantu kedua hal tersebut adalah lidah buaya dan alpukat. Jika memerlukan rekomendasi, Mums bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli perawatan bayi yang Mums percaya.

Ikuti Cara Memandikan Bayi yang Benar

Secara alami, biasanya Mums akan memiliki naluri yang tajam jika berhubungan dengan si Kecil. Cara memandikan bayi yang benar juga mengikuti naluri ini. Meski demikian, carilah rekomendasi cara memandikan bayi yang baik dan benar, agar meminimalisir resiko cedera mengingat tubuh si Kecil masih cukup rapuh.

Lakukan gerakan dengan perlahan, usap bayi dengan lembut, dan pastikan suhu air dan ruangan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Dengan demikian, si Kecil akan mendapatkan manfaat mandi yang optimal, mulai dari stimulus yang Mums berikan dan kebersihan tubuh yang baik.

Mandikan dengan Teratur

Mandikan dengan Teratur

Baik dalam kondisi new normal atau tidak, selalu mandikan bayi secara teratur. Meski mungkin cara memandikan bayi yang digunakan berbeda, asalkan ia dimandikan dengan teratur maka tubuhnya tetap akan terjaga tetap bersih.

Hindari memandikan si Kecil terlalu pagi atau terlalu sore agar tubuhnya bisa beradaptasi dengan suhu dan kondisi dahulu. Selain itu, Mums juga direkomendasikan agar tidak memandikan si Kecil ketika ia berada dalam kondisi lapar, rewel, tepat setelah menyusu, atau mengantuk, untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Buat Aktivitas Mandi Lebih Menyenangkan dengan Cara Ini

Sebenarnya cara memandikan bayi tidaklah sesulit yang dibayangkan. Carilah informasi dan biarkan insting alami Mums menuntun Mums dalam hal ini. Setelah mandi, keringkan dengan handuk lembut, dan biarkan si Kecil istirahat. Nah, jangan lupa juga, selain membersihkan tubuh si Kecil, ia juga perlu asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. ASI dari Mums adalah asupan terbaik, maka Mums wajib menjaga kualitas ASI yang diberikan. Pola hidup sehat, makan makanan bergizi, dan minum Frisomum Gold Dualcare+ untuk membantu menjaga kualitas ASI dan menjaga agar tubuh Mums terpenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.