Lompat ke isi utama
5 Sumber Protein Hewani dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

5 Sumber Protein Hewani ini Bawa Manfaat Baik Bagi Tumbuh Kembang

5 Sumber protein hewani ini punya manfaat yang baik bagi tumbuh kembang anak, kenali apa saja

Mums sering memberikan telur, ikan, dan daging kepada anak? Semua bahan pangan ini termasuk sumber protein hewani lho. Selain itu, sebenarnya ada lagi makanan yang mengandung sumber protein hewani lainnya yang bisa Mums olah menjadi makanan lezat dan bergizi untuk anak, yaitu susu. Di balik rasanya yang enak dan gurih, susu memiliki beragam manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Protein merupakan nutrisi makro yang sangat dibutuhkan dalam jumlah yang banyak untuk menunjang fungsi sel-sel dan jaringan dalam tubuh. 

Perlu Mums ketahui, protein hewani memiliki jumlah asam amino esensial yang lengkap dibandingkan dengan protein nabati, sehingga hal ini menjadi keunggulan sumber protein hewani untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Tak hanya itu lho, Mums, protein hewani juga diperkaya dengan beragam nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, vitamin B9 (asam folat), vitamin B12, zat besi, zinc, kalsium, kalium, asam lemak omega 3, dan masih banyak nutrisi lainnya. Masing-masing sumber protein hewani memiliki nutrisi yang berbeda, sehingga manfaatnya pun cukup beragam. 

Daftar Sumber Protein Hewani 

Berikut ini adalah beberapa daftar sumber protein hewani yang bisa Mums olah menjadi hidangan lezat dalam menu harian anak, di antaranya: 

  1. Susu 

    Susu termasuk sumber protein hewani yang penting untuk anak-anak. Selain protein, dalam segelas susu terkandung beragam nutrisi lainnya, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, kalium. Sebagian susu pertumbuhan juga telah diperkaya oleh asam lemak omega 3 yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak. Manfaat susu sering kali dikaitkan dengan kesehatan tulang dan gigi. Manfaat lain yang terkandung dalam sumber protein hewani satu ini, yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sebagai sumber energi, meningkatkan fungsi otak, dan menjaga kesehatan mata. 

  2. Telur

    Sumber protein hewani satu ini selalu menjadi makanan favorit anak-anak. Dengan harga yang relatif terjangkau, mudah didapat, dan mudah diolah, siapa sangka ternyata telur memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan anak. Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Meski termasuk sumber protein hewani, namun Mums tetap harus membatasi asupan telur yang dikonsumsi oleh anak. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi telur jenis apapun berpotensi memicu risiko penyakit berbahaya. 

  3. Ikan

    Anak menyukai olahan ikan, Mums? Jika iya, itu tandanya kebutuhan protein anak bisa tercukupi dengan mengonsumsi olahan ikan kesukaannya secara rutin. Selain sebagai sumber protein hewani, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan fungsi otak anak. Bahkan, semua jenis ikan mengandung beragam vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Tak heran jika sumber protein hewani ini selalu ada dalam setiap menu sehat anak-anak hingga orang dewasa. Pastikan anak mendapat asupan nutrisi ini sesuai batas normal, serta diimbangi oleh tambahan nutrisi dari makanan jenis lainnya ya, Mums. 

  4. Daging merah

    Daging merah, terutama daging tanpa lemak bisa menjadi pilihan Mums untuk diolah menjadi hidangan lezat sehari-hari. Sebaiknya Mums memilih daging tanpa lemak karena mengandung kalori yang relatif rendah, serta diperkaya oleh berbagai vitamin dan mineral yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Sumber protein hewani ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan massa otot, serta meningkatkan kepadatan tulang dan otot. 

  5. Daging putih

    Sepertinya sebagian besar anak-anak menyukai daging ayam ya, Mums? Rasanya yang gurih dan tekstur dagingnya yang berserat membuat sumber protein hewani ini kerap menjadi menu favorit anak. Sama seperti daging merah, daging ayam juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan anak. 

Selain sumber protein hewani di atas, ada pula makanan yang mengandung protein berkualitas, yaitu produk olahan susu seperti yogurt dan keju. Kedua makanan ini memiliki beragam nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembang anak lho, Mums. Pastikan Mums memilih yogurt tanpa rasa atau pemanis (plain yogurt) agar lebih sehat. Sebab, pemanis tambahan dalam makanan bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada anak. Oleh karena itu, perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi anak, termasuk sumber protein hewani agar tumbuh kembangnya lebih ideal. Hal lain yang perlu Mums perhatikan adalah cara memasak dan memanaskan makanan sumber protein hewani ini. Hindari memanaskan atau mengolah makanan lebih dari satu kali agar nutrisi alaminya tidak rusak. 

Baca juga: 4 Mitos dan Fakta Makanan yang Mengandung Nutrisi untuk Anak

Manfaat Sumber Protein Hewani Bagi Tubuh 

Setelah mengetahui jenis sumber protein hewani yang dapat memberikan nutrisi untuk tumbuh kembang anak. Kini saatnya Mums mengenal apa saja manfaat protein hewani bagi tubuh, di antaranya:

Sebagai Sumber Energi

Selain karbohidrat dan lemak, protein juga termasuk nutrisi makro yang berperan sebagai sumber energi dalam tubuh. Sama dengan karbohidrat, protein mengandung 4 kalori per gram-nya. Sedangkan, lemak mengandung energi lebih banyak, yakni 9 kalori per gram. Tubuh akan menggunakan karbohidrat dan lemak terlebih dahulu saat proses metabolisme dalam tubuh. Sementara, protein akan disimpan sebagai cadangan dan digunakan ketika tubuh benar-benar membutuhkannya. 

Membangun dan Memperbaiki Jaringan Tubuh

Protein memiliki fungsi khas untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Protein diperlukan untuk menyusun hampir semua bagian tubuh, seperti tulang, otot, jantung, paru-paru, kulit, rambut, dan lainnya. Selain itu, protein juga berperan untuk memelihara dan mengganti jaringan di dalam tubuh yang telah rusak. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kehadiran protein juga dapat membantu tubuh untuk membentuk antibodi. Antibodi ini berperan untuk meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari infeksi akibat penyakit. Oleh karena itu, makanan yang mengandung protein tinggi sangat penting dikonsumsi oleh anak agar daya tahan tubuhnya meningkat. 

Mengangkut dan Menyimpan Zat Gizi

Selain manfaat di atas, protein juga berfungsi untuk mengangkut dan menyimpan berbagai jenis zat gizi yang ada dalam tubuh. Zat gizi yang diangkut ini termasuk vitamin, mineral, gula darah, kolesterol, dan oksigen. 

Sumber protein hewani dan manfaatnya tersebut sangat dibutuhkan oleh anak di masa pertumbuhannya. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak, Mums bisa memberikannya susu pertumbuhan FRISO Gold 3 dengan kandungan nutrisi alami tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. FRISO Gold 3 juga diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh anak agar membantunya kuat dari dalam. 

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang